Comscore Tracker

PSBB Proporsional, Tak Ada Lagi Penyekatan Jalan di Kota Bandung

Masyarakat diminta tetap tidak melakukan euforia berlebihan

Bandung, IDN Times - Polrestabes Bandung akan membuka 30 ruas jalan yang sebelumnya ditutup pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jilid I dan II. Pembukaan jalan dilakukan untuk mengikuti aturan PSBB Proporsional Kota Bandung.

Adapun ruas jalan yang akan di buka diantaranya Jalan Asia Afrika, Jalan Ir H Juanda serta beberapa jalan lainnya. Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan, meski akan dibuka secara keseluruhan, prosesnya akan bertahap.

"Pembukaan dilakukan secara keseluruhan, kita berharap nanti jam 18.00 WIB akan dimulai persiapan untuk pembukaan, nanti kalau sudah siap kita buka secara keseluruhan," ujar Bayu saat dihubungi, Senin (1/6).

1. Keputusan pembukaan jalan berdasarkan PSBB Proporsional

PSBB Proporsional, Tak Ada Lagi Penyekatan Jalan di Kota BandungIDN Times/Humas Bandung

Bayu menuturkan, pembukaan beberapa titik yang sebelumnya dilakukan penyekatan sudah berdasarkan arahan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Selain itu, hal tersebut juga berdasarkan hasil evaluasi PSBB sebelumnya.

"Selain itu, keputusan juga berdasarkan Wali Kota Bandung yang sudah menganalisis dan evaluasi untuk di Kota Bandung," ungkapnya.

Ia memprediksi, perihal euforia masyarakat yang akan terjadi di lapangan setelah tidak ada penyekatan, merupakan sebuah konsekuensi dan masyarakat diharapkan tetap mematuhi aturan yang berlaku selama PSBB Proporsional dijalankan.

2. Polri dan TNI akan tetap mendisiplinkan masyarakat pelanggar PSBB Proporsional

PSBB Proporsional, Tak Ada Lagi Penyekatan Jalan di Kota BandungIDN Times/Yogi Pasha

Kemudian, sejumlah tempat yang sudah diizinkan beroperasi kembali oleh Pemkot Bandung secara otomatis akan dijaga oleh petugas Polrestabes Bandung serta beberapa jajaran lainnya yang tergabung dalam Gugus Tugas COVID-19. Menurutnya, hal tersebut sudah berdasarkan arahan presiden langsung.

"TNI dan Polri akan mendisiplinkan masyarakat, seperti penggunaan masker, menjaga jarak, bahkan nanti rencananya ke depan kan mal dibuka dan masjid sekarang sudah mulai dibuka," jelasnya.

3. Tempat yang sudah diizinkan buka akan diawasi Polri-TNI

PSBB Proporsional, Tak Ada Lagi Penyekatan Jalan di Kota BandungIstimewa

Lebih lanjut, Bayu menegaskan, setelah beberapa tempat seperti mal diizinkan buka Polri juga akan turut melakukan penjagaan dan memberikan teguran pada masyarakat yang tidak tertib menjalankan protokol pencegahan COVID-19 selama PSBB Proporsional diterapkan.

"Beberpapa tempat yang sudah buka, TNI-Polri melakukan pengawasan, masyarakat tidak patuh kita ingatkan," kata dia.

Baca Juga: PSBB Proporsional Kota Bandung Dimulai, Polrestabes Tutup 19 Cek Poin

Baca Juga: Bentak Petugas, Aparat Satlantas Polrestabes Bandung Langgar PSBB

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya