Pildun U-20 2021: Perbaikan Stadion SJH Sentuh Rp27 miliar

Apakah semuanya akan berjalan lancar?

Bandung, IDN Times - Menjelang perayaan Piala Dunia (Pildun) U-20 pada tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menganggarkan Rp27 miliar untuk renovasi Stadion Si Jalak Harupat (SJH). Anggaran ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bandung, H. Marlan mengatakan, anggaran miliaran rupiah itu sudah diputuskan tahun ini. Adapun dalam Rancangan APBD (RAPBD) 2021 telah direncanakan penganggarannya sekitar Rp109 miliar.

1. Pembangunan akan berstandar FIFA

Pildun U-20 2021: Perbaikan Stadion SJH Sentuh Rp27 miliartwitter.com/infobdg/

Ia menuturkan, pada akhir tahun ini Pemkab Bandung akan mulai proses renovasi sejumlah infrastruktur sekeliling stadion. Seperti penambahan lampu, penggantian rumput lapangan, perbaikan tempat duduk penonton.

"Ada juga pemasangan sound system stadion, juga perbaikan jalan dan drainase. Semuanya akan berstandar FIFA," ujar Marlan dalam keterangannya di Bandung, Minggu (4/10/2020).

2. Si Jalak Harupat satu dari lima stadion yang akan menggelar Pildun 2021

Pildun U-20 2021: Perbaikan Stadion SJH Sentuh Rp27 miliarPesepak bola Persib Bandung Ezechiel Ndouasel (kanan) melepas tendangan dibayangi oleh dua pemain PSM Makasar Rasyid Bakri (kiri) dan Hasim Kipuw (tengah) saat pertandingan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/12/2019). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Marlan menjelaskan, berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun 2020, SJH terpilih menjadi salah satu tuan rumah pada event dunia yang akan digelar pada 20 Mei – 12 Juni 2021. Adapun SJH merupakan salah satu dari lima stadion yang di pilih menjadi tempat Piala Dunia U-20 tahun 2021.

"Selain SJH, ada Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Jakabaring Palembang, Manahan Solo, Gelora Bung Tomo Surabaya dan I Wayan Dipta Gianyar Bali," ungkapnya.

3. Beberapa stadion lain ada yang mendapat bantuan renovasi dari PUPR

Pildun U-20 2021: Perbaikan Stadion SJH Sentuh Rp27 miliar

Untuk renovasi stadion di luar SJH, Marlan mengatakan, dua stadion lainnya juga akan melakukan renovasi dengan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Hanya dua stadion yang akan direnovasi, yaitu Stadion Manahan Solo dan I Wayan Dipta Gianyar Bali. Sementara empat stadion lainnya termasuk Si Jalak Harupat (SJH), diserahkan kepada daerah dan provinsi,"tuturnya.

4. Akan ada penambahan fasilitas lain di SOR SJH

Pildun U-20 2021: Perbaikan Stadion SJH Sentuh Rp27 miliarAntara Foto

Lebih lanjut, Marlan mengatakan, dengan anggaran miliaran rupiah, Pemkab Bandung berencana membangun wisma atlet yang berada di kawasan SJH. Selain itu, nantinya akan ada satu venue baru di sekitaran stadion SJH.

"Kawasan SOR (sarana olahraga) SJH ini terdapat 15 venue. Satu venue baru yakni lapang latih atau soccer training, telah memiliki sertifikasi dari FIFA," kata dia.

Baca Juga: Diusulkan Jadi Venue Piala Dunia U-20, Fasilitas Stadion Jalak Harupat Ditambah

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya