Comscore Tracker

Peringati Hari Anak, Pemprov Jabar Gelar Pameran SWJ Childrens Miracle

Pameran igelar sebagai medium orangtua melihat potensi anak

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar turut memperingati Hari Anak Nasional 2022, dengan menggelar pameran seni Smiling West Java (SWJ) Children's Miracle.

Kegiatan pameran itu dilaksanakan selama sepekan di Dago Thee Huis, Kota Bandung, mulai Sabtu (23/7/2022) hingga Sabtu (30/7/2022). Adapun acara ini juga terselenggara atas kerja sama Disparbud Jabar dengan Pilart Art Club.

Kepala Disparbud Jabar, Benny Bachtiar mengatakan, acara ini digelar sebagai medium orangtua untuk melihat kreasi dan bakat anak. Terlebih, sudah dua tahun aktivitas anak selama pandemi COVID-19 sangat terbatas.

"Jadi saya melihat potensi anak ini kalau disalurkan pada arah yang tepat akan sangat luar biasa. Tadi contohnya hasil lukisan dari anak dengan kebutuhan khusus. Tapi mereka punya potensi membuat lukisan bagus," ujar Benny, Sabtu (23/7/2022).

1. Berharap orangtua bisa memberi ruang untuk anak

Peringati Hari Anak, Pemprov Jabar Gelar Pameran SWJ Childrens MiraclePameran seni Smiling West Java (SWJ) Children's Miracle (Istimewa)

Benny juga berpesan agar para orangtua bisa lebih jeli melihat potensi anak. Sebab, kreativitas anak pasti akan muncul jika para orangtua memberikan ruang yang lebih terhadap apa yang lebih dari anak itu sendiri.

"Kami berharap bagi orangtua berikanlah ruang sebesar-besarnya bagi potensi anak sehingga mereka bisa menapaki kehidupan kedepannya," ungkapnya.

2. Isu yang diangkat sangat tepat dalam kondisi saat ini

Peringati Hari Anak, Pemprov Jabar Gelar Pameran SWJ Childrens MiraclePameran seni Smiling West Java (SWJ) Children's Miracle (Istimewa)

Kemudian, Asisten Asisten Pemerintahan, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial, Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar Dewi Sartika mengatakan, dengan adanya tema 'Anak adalah Kita', menekankan pentingnya pemenuhan kebutuhan dasar anak.

Pemenuhan hak dasar itu, kata dia, seperti pendidikan, kesehatan dan perlindungan. Apalagi, saat ini ia menilai banyak isu seputar kekerasan dan perundungan terhadap anak yang muncul dipublik.

"Dalam acara ini kebetulan orangtuanya hadir, itu salah satu hak kesejahteraan anak yang harus kita perhatikan selain kesehatan, pendidikan, perlindungan," ungkapnya.

3. Pameran akan digelar selama sepekan

Peringati Hari Anak, Pemprov Jabar Gelar Pameran SWJ Childrens MiraclePameran seni Smiling West Java (SWJ) Children's Miracle (Istimewa)

Pemprov Jabar, kata Dewi, sangat mendukung segala bentuk kegiatan positif yang melibatkan anak dengan memaksimalkan semua aset milik pemerintah untuk digunakan sebagai lokasi acara.

"Kita membuka ruang untuk anak berekspresi dan ini akan dilakukan selama sepekan. Jadi kita memanfaatkan aset milik Pemda untuk memberikan ruang kepada anak-anak kita berekspresi, mereka harus bahagia, gembira," katanya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Siapkan Insentif Pajak di KEK Lido Kabupaten Bogor

Baca Juga: Pemprov Jabar Gratiskan 25 SMA/SMK Swasta di Bandung-Cimahi

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya