Comscore Tracker

Penjual Foto Jokowi-Ma'ruf di Kota Bandung Diburu Pembeli

Pas foto Soeharto lebih laku dibanding Jokowi

Bandung, IDN Times - Penjual pas foto kenegaraan di Kota Bandung diburu pembeli usai Presiden Joko Widodo "Jokowi" dan Wakil Presiden Ma'aruf Amin resmi dilantik pada Minggu (20/10/2019) di Jakarta.

Para penjual mulai banyak menerima pesanan dari berbagai instansi pemerintahan, militer dan instansi pendidikan tingkat Kota Bandung. Seperti salah satu penjual foto presiden di Pasar Kosambi, Rudy Purwana (47) mengaku hari ini pesanan dan pembeli pas foto presiden sudah banyak.

"Hari ini, stok seratus pasang, tapi yang pesan sudah banyak sekali, terutama h+1 ini yah," ujar Rudy saat ditemui di Pasar Kosambi, Bandung, Senin (21/10/2019).

1. Pembeli banyak memesan ukuran foto 10R sampai 12R

Penjual Foto Jokowi-Ma'ruf di Kota Bandung Diburu PembeliIDN Times/Azzis Zulkhairil

Rudy mengatakan, kebanyakan pembeli yang memesan di lapak miliknya, rata-rata memesan foto ukuran 10R hingga 12R. Dalam hari pertama ini, dari pagi sampai siang hari, ia mengaku telah laku hampir tiga pasang diluar pesanan.

"Hari ini dari pagi hari sampai siang sudah kejuak tiga pasang, tapi pesanan masih banyak dikerjakan,"ungkapnya.

Meski begitu, Rudy mengaku, masih belum terlihat untung yang besar, hal dikarenakan akan terlihat setelah seminggu berjualan. "Saat ini penjualan sama pemesanan belum terlihat u tung yang besar, kemungkinan nanti seminggu kedepan,"ucapnya.

2. Penjualan pas foto Jokowi kalah laku sama Soeharto

Penjual Foto Jokowi-Ma'ruf di Kota Bandung Diburu PembeliIDN Times/Azzis Zulkhairil

Dari 1997 sampai 20019, Rudy menjual pas foto pasangan presiden dan wakil presiden tentu memiliki pengalaman unik. Ia mengaku selama 22 tahun berjualan, yang paling laku keras adalah pas foto pasangan Soeharto dan Try Sutrisno Wakil Presiden Indonesia ke-6 periode 1993-1998 paling laku keras.

"Selama berjualan foto presiden dan wakilnya, pas foto pasangan Soeharto dan sutrisno paling laku waktu dulu  seribu pasang laku,"kata dia.

3. Pembeli banyak dari sekolah-sekolah

Penjual Foto Jokowi-Ma'ruf di Kota Bandung Diburu PembeliIDN Times/Azzis Zulkhairi

Selain Rudy, pedagang lainya, Iwan Rusmawan (45) mengatakan, kebanyakan pembeli dari pihak sekolah, hal tersebut pun berlaku dari penjualan pas foto dari presiden periode sebelum-sebelumnya.

"Pembeli dari pihak-pihak sekolah banyak, mereka kebanyakan beli dalam ukuran piagam, buat dipajang di ruang guru dan ruang kelas,"tuturnya.

4. Berharap terus diburu pembeli

Penjual Foto Jokowi-Ma'ruf di Kota Bandung Diburu PembeliIDN Times/Azzis Zulkhairil

Meski masih hari pertama pasca pelantikan, Iwan berharap untuk seminggu kedepan para pembeli makin banyak, mengigag Kota Bandung banyak instansi pemerintahan dan perkantoran.

"Kedepan semoga semakin banyak pembeli, terutama pemerintahan dan perkantoran-perkantoran lainnya,"katanya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You