Makanan Ridwan Kamil Gak Ribet, Intip Cerita Koki Rumah Dinasnya

Ridwan Kamil tidak ribet dalam urusan makanan

Bandung, IDN Times - Jabatan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Emil akan berakhir pada 5 September 2023. Selama lima tahun memimpin Jawa Barat ia melahirkan banyak cerita bagi para pegawai di lingkungan terdekat.

Salah satunya, pegawai jamuan di Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat, Iwan Gunawan. Iwan merupakan koki yang mengetahui betul makanan favorit Ridwan Kamil. Dia mengatakan, selama berkantor di Gedung Pakuan, menu makanan Emil tidak neko-neko.

"Menu favorit Pak Gubernur itu bakso, bakso tahu, cuanki, lotek, dan es campur Pak Oyen. Kalau sedang rapat paling yang disediakan itu buah potong," ujar Igun, sapaan akrab Iwan, Kamis (31/8/2023).

1. Ridwan Kamil suka minuman tanpa gula

Makanan Ridwan Kamil Gak Ribet, Intip Cerita Koki Rumah DinasnyaGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Setiap sarapan, kata Igun, Emil sering meminta untuk disediakan bubur atau kupat tahu. Kemudian ada beberapa menu-menu favorit yang wajib dihidangkan jika Ridwan Kamil berkantor di Gedung Sate. Salah satunya minuman bersoda yang tanpa gula.

"Minuman ringan CocaCola itu favorit beliau juga, CocaCola tanpa gula," katanya.

2. Menu makana hampir sama dengan masyarakat secara umum

Makanan Ridwan Kamil Gak Ribet, Intip Cerita Koki Rumah DinasnyaGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sepanjang pengalamannya mengiringi aktivitas sang gubernur, Igun mengatakan jika Ridwan Kamil  bukan sosok pemimpin yang gemar hidangan mewah atau menu-menu sulit.

"Alhamdulilah beliau tidak rumit. Menu itu tidak pernah ganti-ganti kecuali ada request khusus dari ajudan," ucapnya.

3. Menu makanan tidak boleh banyak yang mengandung minyak

Makanan Ridwan Kamil Gak Ribet, Intip Cerita Koki Rumah DinasnyaGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Igun hanya memastikan, menu yang dihidangkan masih segar untuk disantap gubernur. Dia tidak berani menyiapkan makanan dengan jeda penyajian yang cukup lama.

"Yang penting, beliau datang makanan harus siap, dokter juga sering mengingatkan bapak tidak boleh diberikan makanan yang mengandung minyak terlalu banyak," kata Igun.

Igun mengaku akan merindukan sosok Ridwan Kamil dan menu-menu sederhana favoritnya. Rindu juga akan candaan singkat yang kerap dilempar Ridwan Kamil untuknya.

"Pak Igun, ketawa atuh jangan cemberut aja, bapak sering bilang begitu ke saya," kata dia. 

Baca Juga: Tugas Baru dari Luhut untuk Ridwan Kamil: Jadi Tokoh Masyarakat Jabar 

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Perpres DAS Citarum Diperpanjang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya