Comscore Tracker

Majalengka Masuk Zona Oranye, Jabar Kini Nihil Zona Merah!

Majalengka sempat jadi satu-satunya zona merah di Jawa

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyatakan sudah tidak ada zona merah di wilayah mereka. Kabupaten Majalengka yang sebelumnya ada di zona tersebut kini turun menjadi oranye.

"Jabar alhamdulillah sudah tidak ada zona merah lagi. Alhamdulillah Majalengka sudah naik ke zona oranye tapi mayoritas di Jabar itu memang oranye, kecuali Sukabumi," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau akrab disapa Emil di Gedung Sate Bandung, Senin (17/5/2021).

1. BOR Jabar berada di angka 28 persen

Majalengka Masuk Zona Oranye, Jabar Kini Nihil Zona Merah!Penanganan terkait dugaan pasien terpapar virus corona di RSHS (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Emil menambahkan, hingga saat ini angka Bed Occupancy Rate (BOR) di Jabar berada di angka 28 persen. Jumlah ini baginya masih dalam batas terkendali lantaran masih di bawah angka nasional.

"Masyarakat diharapkan agar tetap tenang, perkiraan kita, kayanya naiknya gak akan signifikan. Ini ilmiah dari hitungan," ungkapnya.

2. Pemulihan ekonomi di Jabar terus bergerak

Majalengka Masuk Zona Oranye, Jabar Kini Nihil Zona Merah! ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Soal pemulihan perekonomian, Emil mengatakan, pertumbuhannya untuk Jabar ada di angka minus 0,83 persen. Angka ini diprediksi bisa meningkat hingga 0 persen.

"Jabar ada di -0,83 persen, jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Mudah-mudahan secepatnya bisa di atas 0 persen," katanya.

3. Sebelumnya ada tiga daerah masuk dalam zona merah

Majalengka Masuk Zona Oranye, Jabar Kini Nihil Zona Merah!Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Emil menyatakan bahwa Kabupaten Majalengka dinyatakan masuk dalam zona merah pada H-2 lebaran. Meski begitu, jumlah zona merah berkurang dari pekan sebelumnya yang menempatkan Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Tasikmalaya.

"Zona merah berkurang, KBB, Kota Tasikmalaya tidak lagi merah. Yang merah Majalengka," katanya di Gedung Pakuan, Bandung, Selasa (11/5/2021).

Baca Juga: Ridwan Kamil Instruksikan Akses Pariwisata Pangandaran-Ciwidey Ditutup

Baca Juga: Ridwan Kamil Imbau Masyarakat Jabar Tetap Jaga Kesehatan saat  Lebaran

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya