Kejar 40 Juta Wisatawan, Pemprov Jabar Rekrut 108 Konten Kreator

Progam ini merupakan inovasi dari Pemprov Jabar

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) merekrut 108 konten kreator atau ambasador pariwisata. Mereka ditugaskan untuk mempromosikan destinasi wisata agar target kunjungan 40 juta wisatawan di 2022 dapat terpenuhi.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil alias Emil mengatakan, program ini merupakan cara baru untuk membantu mengejar target wisatawan di 2022. Dengan adanya konten kreator, wisatawan diharapkan banyak datang ke Jabar.

"Satu inovasi dari Pemprov Jabar mengangkat pariwisata sebagai unggulan ekonomi. Kami melihat fenomena bahwa mempromosikan wisata tidak bisa lagi dengan teori lama, seperti pasang baligo besar-besaran. Pola promosi hari ini berbeda," ujar Emil di Gedung Sate, Selasa (21/6/2022).

1. Dari 2.000 konten kreator yang mendaftar terpilihlah 108 orang

Kejar 40 Juta Wisatawan, Pemprov Jabar Rekrut 108 Konten KreatorGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Dok. IDN Times)

Hampis semua warga di Jabar kini sudah mengakses semuanya melalui media sosial. Sehingga, potensi pemasangan iklan di dunia digital lebih relevan untuk mendatangkan wisatawan.

"Digital marketing juga kita tidak menyewa kantor besar tapi gunakan citizen journalism. Maka lahirlah ambasador wisata Jabar, ada 108 konten kreator yang followers-nya banyak kriterianya. Hasilnya bagus, dari 2.000-an yang mendaftar," ungkapnya.

2. Emil pesan konten harus mengedukasi

Kejar 40 Juta Wisatawan, Pemprov Jabar Rekrut 108 Konten KreatorRidwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Emil menjelaskan, 108 konten kreator yang direkrut ini diharapkan bisa membuat konten untuk membanjiri gawai orang yang datang ke Jabar. Dia juga menitipkan para konten kreator untuk bisa mengedukasi wisatawan agar bertanggung jawab lewat konten.

"Bikin konten yang baik secara visual nanti orang juga ngomongin. Konsisten, kalau dia di kuliner ya fokus saja di kuliner. Biasanya algoritmanya mencari yang spesifik, sehingga kalau segala dipegang gak terlalu bagus. Karena pesan juga butuh visual yang baik," kata Emil.

3. Konten kreator dapat uang honor dan transportasi

Kejar 40 Juta Wisatawan, Pemprov Jabar Rekrut 108 Konten KreatorInstagram

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Benny Bachtiar mengatakan, para konten kreator ini akan mendapat honor serta uang transportasi.

"Mereka tugasnya memvisualkan segala sektor potensi pariwisata karena hari ini masyarakat dekat dengan gawai. Nanti diunggah lewat media sosial masing-masing dan dikompilasi juga," katanya.

4. Disparbud Jabar klaim anggaran promosi lebih murah

Kejar 40 Juta Wisatawan, Pemprov Jabar Rekrut 108 Konten Kreatortravelpangandaran.com

Berdasarkan perhitungannya, Benny menjelaskan biaya promosi wisata dengan mengandalkan konten kreator relatif lebih murah dan terukur. Sehingga, langkah ini dipilih untuk membantu mengejar target 40 juta wisatawan di 2022.

"Jadi ini cara kreatif. Mulai hari ini mereka merekam potensi pariwisata baik yang mainstream atau yang belum diketahui dengan berbagai genrenya. Ada outdoor, kuliner, belanja, dan lainnya," kata dia.

Baca Juga: 27 Daerah di Jabar PPKM Level 1, Dinkes Jabar Minta Prokes Tetap Ketat

Baca Juga: Waspada! Kasus COVID-19 di Jabar Kembali Naik

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya