Jelang PTM, Begini Progres Vaksinasi Mahasiswa dan Remaja di Bandung

Vaksinasi dilakukan untuk melindungi mahasiswa dari COVID-19

Bandung, IDN Times - Vaksinasi untuk mahasiswa dan remaja di wilayah di Kota Bandung masih terus dilakukan. Mulai dari Universitas negeri hingga swasta, saat ini masih membuka posko atau layanan vaksinasi.

Salah satu kampus swasta yang masih menggelar vaksinasi untuk mahasiswa dan remaja secara umum yaitu Universitas Widyatama. Vaksinasi digelar di sana berkat kerja sama dengan Kodam III Siliwangi yang digelar dari 28-29 Agustus 2021.

1. Bekerja sama dengan Kodam III Siliwangi untuk ketersediaan dosis vaksin

Jelang PTM, Begini Progres Vaksinasi Mahasiswa dan Remaja di BandungPresiden Joko Widodo memimpin rapat denan GTPP COIVID-19 Jawa Barat di Makodam III Siliwangi, Selasa (11/8/2020). IDN Times/Debbie Sutrisno

Obsatar Sinaga, Rektor Universitas Widyatama mengatakan, gelaran vaksinasi dilakukan untuk membantu pemerintah mengejar herd Immunity, juga sebagai persiapan mahasiswa kembali belajar di dalam kampus.

"Kami target di Widyatama ada 50 ribu orang yang mendapatkan vaksin, dan ini kan gak gampang. Jadi kami kerja sama dengan beberapa pihak lainnya termasuk Kodam III Siliwangi," ujar Obsatar, Sabtu (28/8/2021).

2. Widyatama juga bekerja sama dengan Dinkes Kota Bandung

Jelang PTM, Begini Progres Vaksinasi Mahasiswa dan Remaja di BandungIDN Times/Azzis Zulkhairil

Universitas Widyatama memiliki tempat yang tepat untuk vaksinasi mahasiswa, remaja dan umum. Obsatar bilang, vaksinasi bukan untuk dimonopoli, sehingga Universitas Widyatama hanya menyediakan tempat dan sumber vaksin tetap dari pemerintah.

"Univerista Widyatama kemarin juga bekerja sama dengan Dinkes Bandung, kami sekarang sudah 1.500-an orang dan target 50.000 orang sudah mendapatkan dosis vaksin," ungkapnya.

3. Unpad sudah menggelar vaksinasi selama dua kali

Jelang PTM, Begini Progres Vaksinasi Mahasiswa dan Remaja di BandungRumah Sakit Pendidikan (RSP) FK UNPAD

Selain Universitas Widyatama, Universitas Padjadjaran pada 14-15 Agustus 2021 juga menggelar vaksinasi untuk mahasiswa, keluarga dosen, dan tenaga kependidikan, serta masyarakat umum Kota Bandung.

Koordinator vaksinasi Satgas COVID-19 Unpad, Insi Farisa Desy Arya, mengatakan, vaksinasi itu ditargetkan diikuti 2.500 peserta, dengan rincian 1.250 peserta di hari pertama, serta 1.250 peserta di hari kedua.

Unpad sendiri sudah menggelar program vaksinasi serupa sejak 24 Juli lalu. Tercatat, 5.796 peserta sudah divaksinasi di kampus Unpad. Jumlah ini sudah mencapai 80 persen dari target vaksinasi yang ditentukan Unpad, yaitu 7.200 peserta.

"Vaksin yang disuntikkan menggunakan vaksin Sinovac. Unpad memperoleh vaksin langsung dari Kementerian Kesehatan serta dari Polda Jawa Barat," kata dia.

4. PTM diizinkan digelar untuk wilayah PPKM level 3-1

Jelang PTM, Begini Progres Vaksinasi Mahasiswa dan Remaja di BandungMendagri Tito Karnavian (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Untuk diketahui, Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) menyatakan bahwa wilayah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3-1 di wilayah Jabar diizinkan untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

Adapun syarat yang harus dipenuhi selain protokol kesehatan, ialah vaksinasi agar siswa dan mahasiswa terjaga dan terlindungi dari COVID-19.

Baca Juga: 5.500 Difabel di Jabar akan Jalani Vaksinasi Massal

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 di Jabar Tembus 200 Ribu per Hari

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya