Comscore Tracker

Geram! Ridwan Kamil Minta Pelaku Bullying ABK di Cirebon Ditindak

Pelaku perundungan jangan hanya ditangkap tapi ditindak

Bandung, IDN Times - Aksi perundan atau bullying Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Cirebon yang kemudian viral di media sosial turut menjadi perhatian Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil. Dia meminta pelaku perundungan ditindak tegas.

Emil mengatakan, dirinya geram atas peristiwa itu. Dia juga minta aparat kepolisian tidak hanya menangkap pelaku, tetapi diberikan tindakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Menindaklanjuti hal ini, satu dari tiga pelaku kekerasan dan bully di Kabupaten Cirebon sudah ditangkap polisi. Pelaku akan ditindak sesuai prosedur hukum yang berlaku," ujar Emil dilansir dari akun Instagram pribadinya, Rabu (21/9/2022).

1. Ridwan Kamil minta siswa di Jabar tidak meniru tindakan itu

Geram! Ridwan Kamil Minta Pelaku Bullying ABK di Cirebon DitindakGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dari kejadian ini, Pemprov Jabar juga telah memberikan upaya penanganan terhadap korban berupa pendampingan langsung secara pisikolgis oleh Jabar Quick Respon (JQR).

"Untuk anak-anakku di sekolah, mari selalu saling menyayangi sesama manusia. Perlakukan teman kita seperti kita ingin diperlakukan dengan baik oleh orang lain," ucapnya.

2. Orang tua dan guru diharapkan bisa terus edukasi siswa-siswi

Geram! Ridwan Kamil Minta Pelaku Bullying ABK di Cirebon DitindakRidwan Kamil

Lebih lanjut, Emil berpesan, dari kejadian ini para orang tua dan guru harus bisa lebih mengedukasi anak-anak didiknya. Dia berharap tidak ada lagi kasus serupa terjadi di Indonesia khususnya wilayahnya di 27 kabupaten dan kota di Jabar.

"Untuk para orang tua dan para guru, mari edukasi terus rasa sayang kemanusiaaan kepada anak-anak asih dan anak didik kita. Agar dunia selalu damai dan saling tolong menolong. Salam sayang," katanya.

3. ABK dirundung oleh remaja dengan menginjak bagian punggung

Geram! Ridwan Kamil Minta Pelaku Bullying ABK di Cirebon DitindakIDN Times/Galih Persiana

Untuk diketahui, perundungan ABK di Cirebon ini terekam dalam video berdurasi 24 detik dan viral di Instagram pada Selasa (20/9/2022). Konten video itu memperlihatkan seorang remaja yang masih menggunakan seragam sekolah tingkat SMA menginjak bagian punggung ABK.

Pelaku perundungan remaja ini terlihat dengan memegang rokok dan menginjakkan kakinya ke bagian bahu sang ABK. Adapun pihak kepolisian juga dipastikan sudah mengamankan pelaku perundungan ini.

Baca Juga: Pantau Pembagian BLT di Bekasi, Ridwan Kamil: Semoga Bisa Bantu Rakyat

Baca Juga: Ridwan Kamil Banyak Dapat Laporan Soal Pemotongan BLT BBM

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya