DPRD Jabar Bakal Tindak Laporan PJU Seharga Rp50 Miliar di Pangandaran

Uang miliaran ini disebut janggal jika hanya untuk PJU

Bandung, IDN Times - Pengadaan proyek Penerangan Jalan Umum (PJU) untuk wilayah Kabupaten Pangandaran dinilai mengalami kejanggalan. Pembiayaan pengerjaan proyek ini bersumber dari Bantuan Provinsi Jawa Barat (Banprov Jabar) tahun anggaran 2022.

Total alokasi biaya PJU Pangandaran sendiri dari mencapai Rp50 Miliar. Anggaran itu dinilai cukup fantastis untuk urusan penerangan jalan. Ditambah, uang sebegitu besarnya ini bisa lebih bermanfaat jika dialokasikan pada kebutuhan lain.

"Ini uang rakyat lebih baik digunakan untuk program pendidikan kesehatan, dan yang lebih urgent jika melihat situasi Pangandaran sekarang usai pandemi," ujar Kabiro Investigasi, Manggala Garuda Putih (MGP), Agus Satria saat berdialog dengan Komisi IV DPRD Jabar.

1. Pengadaan ini dianggap bagian dari program Bupati Pangandaran

DPRD Jabar Bakal Tindak Laporan PJU Seharga Rp50 Miliar di Pangandaranidtrips.com

Adapun soal Banprov itu sendiri merupakan usulan dari Pemerintah Pangandaran berkaitan dengan program sang bupati yang bertajuk 'Pangandaran Caang' (Pangandaran terang). Sehingga, program miliaran rupiah ini harusnya bisa lebih dipertimbangkan dengan baik.

"Itu kan kalo dana Banprov itu ada yang mengusung, jadi ada pihak yang melobi pihak provinsi, gak mungkin anggaran ujug-ujugnya disetujui," katanya.

Utusan dari DPKAD Jabar di ruang rapat menyebutkan bahwa surat perintah membayar sudah terbit pada 23 Agustus 2022 untuk anggaran PJU Pangandaran sebesar Rp50 miliar. Dua hari setelah itu, duit sudah ditransfer ke rekening Pemkab Pangandaran.

"Posisi uang sudah ada di Pemkab Pangandaran, apakah sudah dibayarkan kepada pihak ketiga atau belum saya tidak tahu," katanya.

2. Proyek belum bisa dipasangkan secara langsung

DPRD Jabar Bakal Tindak Laporan PJU Seharga Rp50 Miliar di PangandaranLampu penerangan jalan umum (LPJU) sangat penting bagi pengendara. Utamanya menghindari kejahatan di jalan. Sayangny sejumlah LPJU di Samarinda tak berfungsi karena kabelnya dicuri oknum tak bertanggung jawab. IDN Times/Yuda Almerio

Utusan dari Dishub Jabar, Agus mengatakan bahwa ia sudah berkoordinasi, dan saat ini paket lampu penerangan jalan sudah ada. Namun, tiang-tiang itu belum dipasang lantaran harus diberikan pondasi. Adapun proses pembuatan itu masih dalam tahap lelang.

"Khusus untuk pondansi dan instalasi proyeknya masih dilelangkan, jadi otomatis belum bisa dipasang," ucapnya.

3. DPRD Jabar akan turun mengecek langsung

DPRD Jabar Bakal Tindak Laporan PJU Seharga Rp50 Miliar di PangandaranIlustrasi panel surya lampu penerangan jalan umum (ANTARA FOTO)

Gayung bersambut, anggota DPRD Jabar dari Komisi IV Ali Hasan menyatakan bahwa ia tidak tahu menahu soal pengadana PJU Pangandaran yang mencapai Rp50 miliar. Ketidaktahuan itu ia terjadi karena tidak ikut dibicarakan dalam rapat.

Atas informasi ini, DPRD akan mencari tahu ke Sekda Provinsi Jabar termasuk ke Pangandaran.

Dari informasi yang didapat, Ali mengatakan bahwa ada tiga paket pekerjaan dalam pengadaan PJU Pangandaran. Perusahaan pemenang proyek juga sudah ada tiga perusahaan yakni: Fokus Indo Lighting Rp15 miliar, BUmi Lighting Rp14 Miliar, dan untuk pembangunan tiang pondasinya masih belum didapat pemenangnya karena masih dilelangkan dengan nilai Rp18 miliar.

DPRD Jabar dari Komisi IV sendiri telah mengagendakan waktu untuk melakukan investigasi ke Pangandaran terkait adanya laporan masyarakat ini.

"Kami akan agendakan untuk turun ke Pangandaran soal PJU 50 Miliar yang dilaporkan masyarakat ini, kami akan cek sesuai speknya tidak," ujarnya.

4. Jika diasumsikan, satu tiang PJU seharga Rp25 juta

DPRD Jabar Bakal Tindak Laporan PJU Seharga Rp50 Miliar di PangandaranIlustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Bahkan, Ali Hasan sempat merasa kaget dengan anggaran yang bombastis ini. Dia juga menghitung pemasangan PJU Pangandaran akan disebar di 1.999 titik dengan anggaran Rp50 miliar. Artinya, satu titik PJU senilai Rp25 juta.

"Mahal sekali, memang tiang PJU-nya dibikin dari apa? Kok mahal sekali jangan jangan dari perak," kata dia, menyindir.

Baca Juga: Korupsi Banprov Jabar, Ade Barkah Divonis 2 Tahun Penjara

Baca Juga: Kasus Korupsi Banprov 2019, Kejari Bandung Tahan Tatan Pria Sudjana

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya