Comscore Tracker

Cegah Corona, Ini Daftar Jalan Utama yang Ditutup Polrestabes Bandung

Penutupan Jalan hanya sementara, bukan untuk jangka panjang

Bandung, IDN Times - Satuan Lalu Lintas Polrestabes Kota Bandung resmi menutup sementara beberapa ruas jalan utama di wilayah Kota Bandung, Minggu (29/3). Penutupan dilakukan guna memutus mata rantai virus corona (COVID-19).

Beberapa ruas jalan yang ditutup di antaranya ialah Jalan Asia Afrika, Jalan Braga, Jalan Naripan, Jalan Kejaksaan, Jalan Markoni, Jalan Merdeka, Jalan Aceh, Jalan Punawarman, Jalan Dipenogoro, Jalan Majapahit, dan sepanjang Jalan Djuanda mulai dari Cikapayang hingga dengan simpang Dago juga ditutup.

1. Akan ada metode buka tutup Jalan

Cegah Corona, Ini Daftar Jalan Utama yang Ditutup Polrestabes BandungDoc Polrestabes Bandung

Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung, Komisaris Bayu Catur Prabowo mengatakan, penutupan berlaku tidak untuk selamanya, melainkan hanya beberapa waktu ke depan. Ia pun optimistis penutupan jalan tidak akan berdampak pada kemacetan dengan metode buka-tutup.

"Kita lakukan penutupan ini hanya sementara waktu. Atau nanti mekanismenya bisa buka tutup, di beberapa ruas jalan," ujar Bayu.

2. Pengaturan rambu sudah disiapkan

Cegah Corona, Ini Daftar Jalan Utama yang Ditutup Polrestabes Bandungunsplash.com

Bayu menjelaskan, Satlantas Polrestabes Bandung saat ini sudah melakukan berbagai macam persiapan, seperti menetapkan beberapa personel dan pengaturan rambu lalu lintas.

"Untuk pengalihan arus sudah kita siapkan bersama dengan rambu-rambunya. Serta kita tempatkan setiap personel," ungkapnya.

3. Personel juga disiagakan Satlantas Polrestabes Bandung

Cegah Corona, Ini Daftar Jalan Utama yang Ditutup Polrestabes BandungIDN Times/Bagus F

Tidak hanya itu, beberapa personel yang akan menjaga sejumlah jalan tersebut akan diminta untuk memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar agar tetap menjaga diri di tengah Pandemi COVID-19.

"Personel kita juga nanti akan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah," katanya.

4. Lockdown masih dalam kajian

Cegah Corona, Ini Daftar Jalan Utama yang Ditutup Polrestabes Bandung(Ilustrasi lockdown) IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Diberitakan sebelumnya, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan, lockdown masih dalam kajian. Polisi memilih skema penutupan jalan dikarenakan sepinya lalu lintas dari pengguna jalan.

"Ini bukan lockdown, jauh itu. Penutupan ruas jalan itu yang mana memberikan imbauan kepada warga saatnya harus menyepi. Jalan sering dilewati, kita tutup," ungkap Ulung.

Baca Juga: Ungkap Kasus Curat dan Curas, Polrestabes Bandung Tembak 2 Tersangka 

Baca Juga: Polrestabes Bandung Borgol Dua Pembacok Cicendo yang Viral di Medsos

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya