Bio Farma Distribusikan 400 Juta Vaksin untuk Keluar dari Pandemik

Bio Farma diganjar penghargaan dari produksi vaksin Indovac

Bandung, IDN Times - Holding BUMN Farmasi (Bio Farma Group) telah memproduksi vaksin VaksinIndoVac. Perusahaan pelat merah ini ditugaskan distribusi 400 juta dosis vaksin COVID-19 untuk keluar dari pandemik.

Produk VaksinIndoVac ini telah diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Oktober 2022. Vaksin merupakan game changer, untuk membantu bangsa Indonesia keluar dari permasalahan pandemi
COVID-19.

1. Bio Farma tidak hanya produksi vaksin lawan pandemik

Bio Farma Distribusikan 400 Juta Vaksin untuk Keluar dari Pandemik(Istimewa)

Dari hasil kerja keras ini, Bio Farma meraih penghargaan Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) Award 2023 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Direktur Utama Holding BUMN Farmasi PT Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan, selama pandemik COVID-19 Bio Farma berperan sebagai garda terdepan dalam mencegah dan menanggulangi pandemi.

"Kami senang dapat berkontribusi dalam percepatan penanganan pandemi covid 19. Bergabungnya entitas BUMN farmasi dalam suatu naungan holding, dapat membantu pemerintah dalam percepatan penanggulangan pandemi COVID-19 di Indonesia," ujar Honesti melalui keterangan resmi, Rabu (22/3/2023).

Bio Farma juga berperan dari sisi pencegahan melalui penyediaan vaksin, penanganan melalui pengobatan dan pemberian multivitamin, serta melalui penyediaan alat kesehatan.

"Dterimanya penghargaan ini, tentunya menjadi suntikan semangat bagi seluruh entitas Holding BUMN Farmasi untuk terus memberikan kontribusi pada ketahanan kesehatan nasional serta komitmen dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui inovasi dan kolaborasi," ungkapnya.

2. Presiden minta langkah Bio Farma terus dilanjutkan

Bio Farma Distribusikan 400 Juta Vaksin untuk Keluar dari Pandemik(Istimewa)

Sedangkan, Presiden RI, Joko "Jokowi" Widodo mengapresiasi seluruh jajarannya yang telah bekerja keras dalam menangani permasalahan COVID-19. Termasuk, Holding BUMN Farmasi (Bio Farma Group), PT Bio Farma (Persero), PT Kimia Farma Tbk dan PT Indofarma Tbk.

"Marilah pengabdian ini terus kita lanjutkan untuk memecahkan berbagai masalah-masalah kemanusiaan dan kebangsaan dan membangun Indonesia menjadi negara maju," kata Jokowi. I

Ia menyebut seluruh komponen bangsa telah bekerja keras melampaui tugas dan fungsinya dalam menangani COVID-19. Apalagi, sinergitas antar pemerintah dan partisipasi
masyarakat juga salah satu hal penting untuk menghadapi berbagai masalah.

"Jadi saya mengajak semuanya untuk memberikan penghargaan setinggi-tingginya, saya mengucapkan selamat kepada Bapak dan Ibu yang memenangkan PPKM Awards. Marilah pengabdian ini kita lanjutkan untuk memecahkan berbagai masalah, dan membangun Indonesia maju," kata dia.

3. Keberhasilan merupakan kerjasama berbagai pihak

Bio Farma Distribusikan 400 Juta Vaksin untuk Keluar dari Pandemik(Istimewa)

Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 merupakan hasil kerja sama dari berbagai pihak sehingga Indonesia menjadi salah satu kinerja ekonomi terbaik.

"Keberhasilan ini hasil dari kerja sama berbagai pihak, kinerja yang berbasiskan data, ilmu pengetahuan, dan penggunaan teknologi. Kita bekerja secara terintegrasi bergotong royong dan pengerahan sumber daya yang ada," kata Luhut.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap komponen bangsa atas kolaborasi dan sinergi dalam menangani pandemi Covid-19.

"Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada semua komponen bangsa, baik pusat maupun daerah yang bekerja keras mengatasi pandemi Covid-19. Kolaborasi, sinergi, dan gotong royong telah berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi," ucap Airlangga.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Presiden Vietnam di Istana Bogor

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan SPAM Banjarbakula di Kalimantan Selatan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya