Comscore Tracker

Anggaran Pilgub Jabar 2024 Lebih dari Rp1 Triliun

Anggaran dialokasikan seluruhnya pada rangkaian Pilgub Jabar

Bandung, IDN Times - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2024 sudah semakin dekat. Persiapan untuk gelaran pesta demokrasi lima tahun sekali ini terus dipersiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar.

Ketua KPU Jabar, Rifqi Ali Mubarok mengatakan, semua persiapan untuk gelaran Pilgub Jabar kini terus dimatangkan. Salah satunya persoalan anggaran yang kini sudah keluar angka pastinya.

"Untuk pemilihan Rp1 triliun lebih. Khusus Pilgub itu ya, dan sumbernya dibiayai oleh APBD," ujar Rifqi saat dihubungi, Sabtu (13/8/2022).

1. Ada pembagian anggaran untuk kota dan kabupaten

Anggaran Pilgub Jabar 2024 Lebih dari Rp1 TriliunIlustrasi petugas KPPS. IDN Times/Istimewa

Berdasarkan proses Pilgub sebelumnya, Rifqi menjelaskan, anggaran akan dialokasikan pada seluruh kegiatan pemilihan gubernur baik itu di Kota dan Kabupaten yang ada di Jabar.

"Anggaran itu untuk Pilgub Jabar saja, dan ada pembagian anggaran nantinya untuk kota dan kabupaten, kan serentak," ungkapnya.

2. Alokasi terbesar anggaran untuk honor panitia

Anggaran Pilgub Jabar 2024 Lebih dari Rp1 TriliunLogo KPU (journal.kpu.go.id)

Selain itu, anggaran satu triliun rupiah lebih juga akan dimanfaatkan untuk mengupah semua pegawai yang membantu menyukseskan acara ini. Menurutnya, biaya untuk pegawai atau pihak panitia menjadi yang terbesar, karena terus mengawal proses dari awal hingga akhir.

"Dari Rp1 triliun itu alokasi terbesar dari honor. Itu mencapai 60 persen untuk petugas PPK, PPS dan KPPS. Karena kemampuan fiskal, maka anggaran tidak dilangsungkan, tapi dikeluarkan beberapa tahap," katanya.

3. Anggaran pilpres dan pileg masih belum turun

Anggaran Pilgub Jabar 2024 Lebih dari Rp1 TriliunIDN Times/Debbie Sutrisno

Rifqi menambahkan, sampai saat ini proses pemilihan umum sudah masuk tahap pendaftaran partai politik. Menurut dia, anggaran pemilu akan bersumber dari APBN, tidak sama seperti Pilgub Jabar.

"Kalau pemilu, pileg, pilres itu APBN dari pemerintah pusat ini belum dicairkan dari pusat. Pilgub sudah cair tinggal pemerintah provinsi mengalokasikan," kata dia.

Baca Juga: Anggaran Masih Mandek, Eks Ketua KPU: Jangan Buat KPU Mengemis!

Baca Juga: Komisioner KPU Jabar Ditahan di Rutan Wanita Sukamiskin

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya