Pengamanan di Polres, Polsek, hingga Rumah Dinas Polisi Diperketat

Pengamanan tidak mengurangi pelayanan kepada masyarakat

Purwakarta, IDN Times - Polisi memperketat penjagaan di Markas Kepolisian Resor Purwakarta. Langkah tersebut dilakukan menyusul teror bom bunuh diri di Markas Polisi Sektor Astanaanyar, Resor Kota Bandung, Rabu (7/12/2022) pagi kemarin

“Kami lakukan penebalan personil yang jaga serta lebih memperketat penjagaan terutama orang yang masuk Mapolres Purwakarta," kata Kepala Polres Purwakarta Ajun Komisaris Besar Edwar Zulkarnain, Kamis (8/12/2022).

Personel polisi yang berjaga itu membawa senjata api laras panjang lengkap lengkap dengan rompi anti peluru dan helm. Selain itu, sejumlah personel juga mengawasi dari pos penjagaan.

1. Pengamanan serupa di Mapolsek hingga rumah dinas

Pengamanan di Polres, Polsek, hingga Rumah Dinas Polisi DiperketatSimulasi pengamanan pemilu (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Mereka ditugaskan memeriksa semua tamu, yang berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan bermotor yang akan masuk ke Mapolres Purwakarta di Jalan Veteran, Kelurahan Ciseureuh, Kabupaten Purwakarta. Selain itu, Edwar juga menginstruksikan pengamanan serupa dilakukan di seluruh Mapolsek di wilayah hukum Polres Purwakarta.

Bahkan, pengamanan juga dilakukan di lingkungan rumah dinas polisi. "Selain memeriksa kartu identitas, pemeriksaan juga dilakukan terhadap barang dan tas yang dibawa para tamu yang masuk ke Mapolres Purwakarta,” ujarnya.

2. Akses keluar-masuk Mapolres dibuat hanya satu pintu

Pengamanan di Polres, Polsek, hingga Rumah Dinas Polisi DiperketatFacebook Anne Ratna Mustika

Untuk memudahkan pemeriksaan, petugas memberlakukan satu pintu untuk jalan masuk dan keluar. Edwar mengakui hal ini dilakukan untuk mengantisipasi aksi teror, serta meningkatkan kewaspadaan di Mapolres Purwakarta.

"Personel kami akan melakukan pemeriksaan di pintu masuk untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Khususnya terhadap hal-hal yang mencurigakan. Ini upaya preventif. Kita antisipasi kejadian di Mapolsek Astanaanyar. Kita tingkatkan pengamanan dengan menggunakan anggota bersenjata dan body check di pintu masuk," tutur Edwar.

3. Peningkatan pengamanan tidak mengurangi pelayanan

Pengamanan di Polres, Polsek, hingga Rumah Dinas Polisi DiperketatIlustrasi Pelayanan Pembuatan SIM (Dok. ANTARA News)

Meskipun demikian, Edwar memastikan Polres Purwakarta belum melakukan penyekatan jalan di perbatasan. Selain itu, peningkatan pengamanan itu juga diklaim tidak mengganggu pelayanan polisi.

Menurut pengamatan di Mapolres Purwakarta hari ini, masyarakat masih banyak yang keluar-masuk untuk mengurus sejumlah dokumen. “Tadi cuma diperiksa, dibuka jaketnya. Saya tidak keberatan karena memang situasinya (genting) setelah bom kemarin,” ujar salah seorang pengunjung.

Baca Juga: Polres Depok Tingkatkan Pengamanan Pasca-Bom di Polsek Astanaanyar 

Baca Juga: Kejuaraan Aquabike Dunia Akan Digelar di Waduk Jatiluhur Purwakarta

Baca Juga: Purwakarta Akan Jadi Pusat Pengembangan Manufaktur Indonesia

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya