Demi Transparansi, Upbit Dukung VerifyVASP Jadi Agen Validasi GLEIF

Langkah itu diambil untuk memitigasi risiko industri kripto

Bandung, IDN Times - Pada 25 Mei 2023 di Kota Basel, Global Legal Entity Identifier Foundation (GLEIF) mengumumkan bahwa VerifyVASP, penyedia solusi RegTech yang berbasis di Singapura, telah bergabung dengan Sistem LEI Global sebagai agen validasi. RegTech sendiri merupakan penyedia layanan aset virtual (VASP).

VerifyVASP adalah agen validasi pertama yang beroperasi secara eksklusif di ruang perdagangan kripto dan aset digital. Dengan menjalankan peran tersebut, VerifyVASP saat ini dapat membantu Legal Entity Identifiers (LEI) untuk para pengguna VASP dengan cepat dan efisien, termasuk Travel Rule Financial Action Task Force (FATF).

FATF memiliki hasil akhir yang baik, yakni tingkat baru transparansi entitas perdagangan dalam kripto dan aset virtual yang menjangkau lintas batas dan yurisdiksi.

1. Membantu pengawasan pasar keuangan

Demi Transparansi, Upbit Dukung VerifyVASP Jadi Agen Validasi GLEIFImage by Pete Linforth from Pixabay

Travel rule ini memiliki tujuan untuk memitigasi risiko yang terkait dengan pengalihan aset virtual, terutama dalam identifikasi kepemilikan.

Hal ini mewajibkan VASP untuk mendapatkan, menyimpan, dan mengirimkan informasi bagi penerima yang diperlukan terkait dengan pemindah tangan aset virtual dalam rangka mengidentifikasi dan melaporkan transaksi mencurigakan.

“Sebagai agen validasi, kami dapat menggunakan data LEI untuk merampingkan identifikasi VASP dan memfasilitasi identifikasi rekanan, di mana mendukung pengguna kami atas kepatuhan untuk saat ini dan yang akan datang,” ujar Shihyun Chia, CEO di VerifyVASP, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Senin (29/5/2023).

Counterparty Due-diligence, ujar Shihyun, adalah salah satu tantangan utama yang dihadapi VASP karena tingkat informasi yang diperlukan oleh travel rule FATF.

“LEI membantu mendukung penerapan yang lebih luas dalam perdagangan aset virtual serta mengidentifikasi entitas yang konsisten, berkualitas tinggi, dan diakui secara global. Hal itu membantu pengawas pasar keuangan dan peserta lainnya untuk menilai paparan di seluruh pasar,” ujarnya.

2. Kehadiran VerifyVASP disambut baik industri

Demi Transparansi, Upbit Dukung VerifyVASP Jadi Agen Validasi GLEIFPixabay

Sementara itu Sirgoo Lee, CEO Dunamu (operator bursa aset digital Upbit), menyambut baik kehadiran VerifyVASP. Menurut dia, langkah tersebut dapat memperkuat kepercayaan publik terhadap perdagangan kripto dan perdagangan digital lainnya.

“Industri kripto membentuk pasar lintas batas dan berkembang pesat. Sangat diharapkan bahwa VerifyVASP, dengan teknologi dan solusi terdepan dalam industri ini, yang baru bergabung sebagai Agen Validasi LEI, memungkinkan VASP dan pelaku pasar lainnya untuk membangun landasan kepercayaan yang kokoh di pasar global,” ujar Sirgoo.

3. Selangkah lebih baik dalam hal ekosistem keuangan

Demi Transparansi, Upbit Dukung VerifyVASP Jadi Agen Validasi GLEIFIlustrasi uang kripto. (Pixabay.com/QuinceCreative)

Di sisi lain, Stephan Wolf, CEO GLEIF, menjelaskan bahwa saat ini tidak ada cara untuk memastikan apakah sebuah penyedia layanan aset virtual yang sama telah terdaftar di beberapa regulator.

Hal tersebut telah menyebabkan ketidakpastian bagi otoritas nasional dalam sistem keuangan global.

“Jika semua yurisdiksi mengidentifikasi penyedia layanan terdaftar dan perantara lainnya melalui LEI, dan LEI dipertukarkan secara konsisten di seluruh otoritas pengawas, kita dapat menciptakan ekosistem keuangan yang dapat diaktifkan secara digital,” kata Stephan.

Baca Juga: Banyak Kejutan, Ini Perkembangan Aset Kripto Kuartal 1 2023

Baca Juga: Harganya Naik Lagi, Ini Tips Cuan buat Investor Kripto 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya