Ajak Warga Disiplin Protokol Kesehatan, Padi Reborn Rilis Lagu Baru!

Buah kerja sama antara Padi Reborn dan Satgas COVID-19

Bandung, IDN Times – Musisi kerap kali melancarkan karyanya karena sebuah tujuan sosial. Sepertinya hal itu yang dilakukan Padi Reborn, yang mana baru saja merilis sebuah lagu singkat berjudul “Ingat Pesan Ibu”. Lewat tembang anyaranya ini, Padi Reborn mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Ingat Pesan Ibu” dibikin karena Padi Reborn khawatir atas fenomena jumlah korban wabah virus corona (COVID-19) yang terus bertambah. Lagu itu dibuat agar masyarakat lebih ingat pentingnya 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan).

Bagaimana proses kreatif di balik Ingat Pesan Ibu?

1. Buah kerja sama Padi Reborn dengan Satgas COVID-19

Ajak Warga Disiplin Protokol Kesehatan, Padi Reborn Rilis Lagu Baru!WHO

Padi Reborn mengaku bahwa karya terbarunya ini merupakan buah kerja sama antara mereka dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19. Belum lama ini, band yang beranggotakan Fadly (vokal), Piyu (Gitar), Rindra (bas), Yoyo (drum), dan Ari (gitar) itu memang diajak menjadi bagian dalam upaya pemerintah menyebarluaskan pesan protokol kesehatan.

“Lewat lagu Ingat Pesan Ibu ini kami harap bisa menjadi bentuk edukasi yang mudah diterima dan mengubah perilaku masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan. Selalu menerapkan protokol kesehatan 3M jika keluar rumah, ataupun berinteraksi dengan orang lain,” kata Satriyo Yudi Wahono yang akrab disapa Piyu, dalam rilis yang diterima IDN Times Minggu (4/10/2020).

Menurut Ari Tri Sosianto, gitaris Padi Reborn, Satgas Penanganan COVID-19 juga terlibat dalam menyusun setiap kalimat hingga pesan yang keluar dirasa tepat. “Menyesuaikan nnada dan liriknya itu tidak mudah. Sempat ada beberapa kali perombakan lirik. Jadi 3M itu yang harus masuk di lirik lagunya,” ujar Ari, sapaan akrab Ari Tri Sosianto.

2. Bagaiaman Satgas COVID-19 bekerja sama dengan Padi Reborn?

Ajak Warga Disiplin Protokol Kesehatan, Padi Reborn Rilis Lagu Baru!IDN Times/Ade Husni

Kerja sama antara Padi Reborn dan Satgas COVID-19 ini berawal dari komunikasi antara para personel Padi Reborn dengan Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas COVID-19, Sonny Harry B. Darmadi. Setelah memahami lebih jauh tentang fenomena wabah COVID-19, Padi Reborn merasa tergerak untuk membantu tugas pemerintah lewat bidang yang mereka kuasai yakni musik.

 “Musik adalah bahasa universal. Melalui lagu ini semoga masyarakat menjadi terbiasa dan menjadi kebiasaan positif untuk menerapkan 3M. Karena masing-masing dari kita punya tanggung jawab untuk saling menjaga diri. Mudah-mudahan pesan dari lagu ini bisa ditangkap dengan baik oleh semua kalangan dan usia,” tutur Rindra Noor.

3. Mengapa harus berjudul Ingat Pesan Ibu?

Ajak Warga Disiplin Protokol Kesehatan, Padi Reborn Rilis Lagu Baru!Padi Reborn/dok. Padi Reborn

Dalam proses kreatif lagu berdurasi sekitar 30 detik tersebut, para personel Padi Reborn sempat berdiskusi tentang pemberian judul lagu. Mereka sepakat pada satu judul: Ingat Pesan Ibu.

Menurut Fadly sang vokalis, judul itu disepakati karena sosok ibu adalah pribadi yang paling berharga, dihormati, dan paling dicintai oleh setiap orang. Dengan nilai-nilai itu, Padi Reborn ingin agar pesan positif yang disampaikan lewat lagu bisa diterima secara baik dan intim bagi para pendengarnya.

“Karena karakter ibu adalah seorang yang benar-benar kita dengarkan, yang doanya tembus hingga langit ke-7. Semua kemuliaan-kemuliaan itu ada di ibu. Pesan ibu itu pasti selalu ingin keluarganya selalu sehat dan doanya pasti terkabul,” ujar pemilik nama lengkap Andi Fadly Arifuddin ini.

4. Menjadi lagu Padi Reborn dengan proses kreatif tersingkat

Ajak Warga Disiplin Protokol Kesehatan, Padi Reborn Rilis Lagu Baru!IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Ingat Pesan Ibu boleh dibilang sebagai lagu Padi Reborn yang unik. Bagaimana tidak, tembang itu adalah lagu dengan durasi terpendek dan proses penciptaan dengan waktu tersingkat yang pernah dibuat oleh Padi Reborn.

Mereka mengemas notasi musiknya dengan aransemen pop yang sederhana, easy listening, bertempo up beat, serta penggunaan lirik yang mudah dicerna. Padi Reborn hanya menghabiskan waktu satu hari untuk penciptaan lagu dan satu hari lagi untuk proses rekaman.

Surendro Prasetyo atau Yoyo menambahkan, lagu “Ingat Pesan Ibu” diciptakan bersama-sama semua personil Padi Reborn. Fadly yang sehari sebelumnya sudah memiliki gambaran tentang musiknya, dilanjutkan bersama-sama melalui sesi jamming dan workshop hari selanjutnya.

“Alhamdulillah prosesnya cepat dan lancar. Yang jadi concern kami adalah kalimat harafiah seperti pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak, itu yang agak sulit untuk dijadikan lirik lagu,” tutur Yoyo.

Lagu tersebut telah diunggah di akun Instagram Padi Reborn, @padiband , dalam format video berdurasi 30 detik. Video itu menampilkan para personel yang tampil energik dan kompak mengenakan masker serta menjaga jarak dalam sebuah studio dengan tata lampu sorot yang berkilauan.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya