Menteri Basuki Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dipakai untuk Mudik Lebaran

Sempat ada longsor tapi sudah diperbaiki

Bandung, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) bisa digunakan masyarakat untuk jalan alternatif mudik lebaran 2023. Saat ini pengerjaan masih dilakukan dan ditargetkan rampung pada 15 April atau sebelum Hari Raya Idul Fitri 2023.

Menurutnya, Tol Ciwsumdawu itu hampir selesai pada akhir-akhir ini, meski ada peristiwa longsor di seksi 5B yang menyebabkan penyelesaian terhambat.

"Makanya kami ada perbaikan kontruksi," kata Basuki ditemui di Kabupaten Bandung, Minggu (5/3/2023).

1. Akses di ujung tol diubah menjadi jembatan

Menteri Basuki Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dipakai untuk Mudik LebaranTol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). (dok. Kementerian PUPR)

Dengan adanya longsor itu, menurutnya pembangunan jalan tol di ruas tersebut akan diubah menjadi jembatan. Karena, paket pembangunan lainnya di ruas Tol Cisumdawu sudah selesai.

"Saya inginkan sebelum lebaran 2023 bisa dipakai untuk mudik," kata Basuki.

2. Tol Cisumdawu berpeluang digratiskan pada Lebaran 2023

Menteri Basuki Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dipakai untuk Mudik LebaranANTARA/Raisan Al Farisi/agr.

Pemerintah menargetkan 16 ruas tol akan beroperasi secara fungsional untuk mudik Lebaran 2023. Salah satunya adalah tol Cisumdawu yang ditargetkan beroperasi sepenuhnya sampai seksi 6B.

"Cisumdawu kami harapkan Lebaran nanti full operasi," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, dalam media briefing di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Hedy mengatakan, biasanya saat dioperasikan pertama kali, tol akan digratiskan pemerintah sekitar dua pekam sampai satu bulan, bersamaan dengan proses evaluasi. Namun, untuk Tol Cisumdawu seksi 4-6 masih dipertimbangkan pemerintah apakah gratis saat Lebaran 2023 atau berbayar.

"Jadi biasanya begini, tol ini kita buka operasi setelah kami nyatakan laik fungsi. Kemudian sambil menunggu penetapan tarif, biasanya kami sambil evaluasi. Kira-kira semua oke atau tidak, exit gate-nya, dan lain-lain, itu dua pekam sampai satu bulan. Jadi biasanya selama itu digratiskan. Jadi Cisumdawu nanti kita lihat seperti apa," tutur Hedy.

3.Tol ini terdiri dari enam seksi

Menteri Basuki Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dipakai untuk Mudik LebaranIlustrasi Tol Cisumdawu (dok. Kementerian PUPR)

Adapun Kementerian PUPR membangun Tol Cisumdawu yang terdiri dari enam seksi. Proyek itu dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun.

Dari keenam seksi, itu, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut.

Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Sejauh ini, Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km telah beroperasi sejak Januari 2022. Kemudian pembangunan fisik Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km sudah mencapai 94,7 persen.

Lalu Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km konstruksinya telah rampung 100 persen. Sedangkan untuk pembangunan Seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,20 km, Seksi 4A telah rampung sebesar 87,93 persen dan Seksi 4B telah sebesar 58 persen.

Untuk Seksi 5 Legok-Ujungjaya sepanjang 14,9 km, konstruksinya sudah rampung sebesar 60,9 persen di seksi 5A dan sebesar 63 persen di 5B. Dan yang terakhir Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan, untuk 6A telah rampung sebesar 98,2 persen dan untuk 6B sudah rampung 100 persen.

Baca Juga: Ada Diskon Tiket Mudik Lebaran Kapal Laut sampai 20 Persen, Mau?

Baca Juga: Pemerintah Mulai Persiapan Arus Mudik Lebaran 2023, Ini yang Dilakukan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya