Comscore Tracker

Paus Terdampar di Cilacap, Susi Panggil Warga yang Berhasil Evakuasi

Paus diprediksi masih berada di sekitar muara

Cilacap, IDN Times - Rekaman kamera warga menunjukkan seekor paus terdampar di sebuah muara di Desa Ujungmanik, Kecamatan Kawunganten, Cilacap, Jateng.

Paus tersebut memiliki panjang lebih dari 8 meter. Ikan raksasa itu ditemukan dalam kondisi hidup, namun mengalami luka di beberapa bagian tubuhnya.

1. Paus terdampar ke muara sekitar pukul 6 pagi

Paus Terdampar di Cilacap, Susi Panggil Warga yang Berhasil Evakuasitwitter/rdkjoe

Ketua Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Nusakambangan Timur, Tarmuji mengatakan, dirinya mendapat informasi dari nelayan yang menyaksikan kejadian tersebut. Dari kesaksian nelayan, paus tersebut terlihat ke permukaan sekitar pukul 06.00 WIB.

Paus tersebut kata Tarmuji tampak terjebak masuk ke wilayah muara sungai yang dangkal. Sehingga, para nelayan melakukan tindakan menggiring seekor paus tersebut ke perairan yang lebih dalam dan luas.

"Kondisi air laut saat itu sedang mulai surut. Nelayan yang pertama kali melihat itu, awalnya merasa takut lalu memanggil sejumlah nelayan lain dan warga sekitar. Warga lalu melaporkan ke pihak desa lalu menyampaikan ke kami," ungkap Tarmuji saat dihubungi IDN Times, Sabtu (21/12).

2. Paus berhasil dievakuasi menggunakan tambang

Paus Terdampar di Cilacap, Susi Panggil Warga yang Berhasil Evakuasitwitter/rdkjoe

Tarmuji menuturkan, paus itu berhasil dievakuasi nelayan dan warga setempat sekitar pukul 10.00 WIB. Proses evakuasi kata dia menggunakan tambang yang dimiliki nelayan. Sejumlah nelayan di lokasi dengan spontan berusaha mengevakuasi paus tersebut dengan mendorongnya kembali ke muara sungai, namun gagal karena jumlah nelayan yang mendorong kalah tenaga dengan besarnya paus.

Hingga akhirnya bantuan dari nelayan lain ikut menarik dan mendorong paus tersebut. Hasilnya, paus mengarah ke bagian muara sungai yang lebar dan dalam, untuk selanjutnya kembali ke laut lepas.

"Paus tersebut berhasil dievakuasi sekitar pukul 10.00 WIB. Proses evakuasi menggunakan alat manual. Didorong dulu oleh warga sambil ditarik menggunakan tambang," kata Tarmuji.

3. Petugas lakukan penyisiran di muara sekitar lokasi paus

Paus Terdampar di Cilacap, Susi Panggil Warga yang Berhasil EvakuasiPetugas usai menyisir muara SapubRegel. (Dok. MMP)

Setelah paus berhasil dievakuasi, petugas menyisir muara untuk memastikan keberadaan paus sudah aman. Tarmuji mengatakan, dalam proses penyisiran itu, dia menggunakan perahu dan menapaki pinggiran laut di sekitar Desa Jojok dan Desa Sapu Regel.

"Penyisiran kami lakukan sekitar pukul 14.30 WIB di sekitar muara Nusakambangan. Hasil dari penyisiran kami nihil kemunculan ikan paus," paparnya.

"Diperkirakan saat ini paus masih berada di sekitar lokasi muara Sapu Regel. Kami prediksi paus belum ke laut lepas," tambahnya.

4. Susi Pudjiastuti undang warga yang berhasil evakuasi paus

Paus Terdampar di Cilacap, Susi Panggil Warga yang Berhasil EvakuasiInstagram.com/susipudjiastuti115

Tarmuji mengatakan, pascaperistiwa itu dirinya dihubungi oleh staf Mantan Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti untuk memastikan keberadaan paus.

"Dapat DM dari bu Susi untuk menghadap beliau malam ini. Bu Susi memanggil petugas dan nelayan yang tadi berhasil mengevakuasi," sebutnya.

Topic:

  • Bagus F
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya