Iriana Joko Widodo Apresiasi Produk-produk Kriya Jawa Barat

Dekranasda Jabar berharap produk bisa tembus internasional

Bandung, IDN Times - Ibu Negara Iriana Joko Widodo baru saj melakukan kunjungan ke Kota Bandung pada Rabu (5/10/20203). Di Kota Kembang, istri daripada Presiden Joko "Jokowi" Widodo ini turut mendatangi Kerabat Store Dekranasda Jawa Barat.

Ketua Harian Dekrasnada Jabar Noneng Komara mengatakan, Ibu Negara mengunjungi dan melihat sejumlah produk di Kerabat Store bersama para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

"Beliau mengapresiasi ragam produk IKM (industri kecil menengah) Jawa Barat yang ada di Kerabat Store dari sisi kualitas, bahan, hingga kemasan yang menarik," katanya di Bandung, Kamis (5/10/2023).

1. IKM Kriya Jabar ada yang sudah dapat penghargaan

Iriana Joko Widodo Apresiasi Produk-produk Kriya Jawa Barat(Istimewa)

Dalam kunjungan itu, Ibu Negara banyak bertanya terkait kondisi IKM kriya dan profil produk yang ada di Jawa Barat. Terlebih produk kriya yang dihadirkan memiliki ragam bahan mulai dari kayu, logam, bambu, hingga serat alam.

Produk-produk IKM di Kerabat Store menurut Noneng juga diapresiasi karena mayoritas memperoleh penghargaan di ajang Kriya Nusa yang digelar Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

"Sembilan IKM Jawa Barat mendapat penghargaan Kriya Nusa, enam juara, tiga IKM nominasi," ucap Noneng.

2. Produk Dekranasda kini banyak yang premium

Iriana Joko Widodo Apresiasi Produk-produk Kriya Jawa Barat(Istimewa)

Noneng menjelaskan, dalam kunjungan itu Ibu Negara mendorong Dekranasda memanfaatkan situasi pasca Pandemi COVID-19 untuk mengembangkan produk kriya lebih baik lagi, agar makin memiliki daya saing.

"Produk kriya Jabar sendiri sudah mulai premium, ekspor ekraf kita bahkan tinggi. Rombongan pada belanja sayang waktunya satu jam, kalau lebih bisa belanja lebih banyak," katanya.

3. Setelah dikunjungi Ibu Negara store Dekranasda kini banyak terima pengunjung

Iriana Joko Widodo Apresiasi Produk-produk Kriya Jawa BaratKepala Disperindag Jabar, Noneng Komara Nengsih (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Noneng sendiri berharap kunjungan Ibu Negara memberi dampak positif pada keberadaan Kerabat Store dan produk-produk IKM Jabar. Menurutnya animo tamu untuk berbelanja ke Kerabat Store terbilang tinggi pasca-kunjungan tersebut.

"Harapannya ini bisa jadi alat promosi luar biasa bagi produk kerajinan Jawa Barat. Karena setelah Ibu Negara datang, besoknya ada tamu dua bus berbelanja. Kita akan mendorong tamu-tamu kedinasan ke depan untuk mengunjungi Dekranasda," kata dia.

Dia menginginkan daya saing produk-produk kriya Jabar terus meningkat karena memiliki peluang pasar yang sangat terbuka. "Bahkan sudah bisa berdaya saing dengan produk luar negeri," katanya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Targetkan TPPAS Lulut Nambo Beroperasi Akhir 2023

Baca Juga: Pemprov Jabar Siapkan Dana Rp1 Triliun untuk Pilkada 2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya