Comscore Tracker

E-KYE, Teknologi Baru Mempermudah Proses Perekrutan Karyawan

Cegah penipuan CV pelamar kerja di perusahaan

Bandung, IDN Times - Menurut survei CareerBuilder, 75% Human Resource Development (HRD) mengatakan bahwa mereka pernah menemukan kandidat yang berbohong pada CV. Informasi yang sering dipalsukan oleh yaitu skill, job desc, nama perusahaan, masa kerja, jabatan, dan gelar akademik.

Karena itu, HRD perlu melakukan verifikasi bahwa informasi dalam Curriculum Vitae calon karyawan tersebut valid.

Perusahaan dapat mencegah penipuan dan kerugian dengan melihat rekam negatif, dan HRD dapat menggunakan verifikasi electronic Know Your Employee untuk menilai potensi risiko.

1. Manfaatkan teknologi Electronic Know Your Employee

E-KYE, Teknologi Baru Mempermudah Proses Perekrutan KaryawanIDN Times/Istimewa

HRD telah akrab dengan kegunaan Know Your Employee (KYE) untuk membangun hubungan baik antara perusahaan dan karyawan. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, teknologi verifikasi terus diperbarui dalam segi nama maupun prosesnya. Upaya baru mengenal karyawan untuk mengetahui rekam jejak melalui elektronik dengan cepat dan aman menggunakan Electronic Know Your Employee (eKYE).

Alwin J. Kiemas selaku perwakilan Direksi dan Manajemen Digidata mengatakan, pentingnya memverifikasi calon karyawan yang melamar di perusahaan. HRD perlu melakukan dua strategi: pencegahan dan deteksi dini.

Dua langkah strategi tersebut dilakukan untuk mencegah penipuan dan kerugian perusahaan, serta membantu perusahaan mendapatkan sumber daya yang produktif dan terpercaya.

“Selain menerapkan aspek eKYC (electronic Know your Customer) kepada klien, perusahaan juga perlu menerapkan aspek eKYE. Implementasi eKYE untuk memastikan calon karyawan tidak memiliki rekam jejak negatif terkait permasalahan hukum. Kelebihan eKYE dibandingkan KYE konvensional itu tentu prosesnya lebih cepat, lebih murah, dan mengurangi risiko human error” kata Alwin dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu(20/7/2022).

2. Kasus pemalsuan CV masih banyak terjadi

E-KYE, Teknologi Baru Mempermudah Proses Perekrutan Karyawanindependent.co.uk

Kasus pemalsuan CV calon pekerja pernah terjadi di Mantappu Corp yang sempat viral di media sosial. Manajemen Mantappu Corp telah mengungkapkan bahwa divisi HRD menemukan salah satu pelamar kerja yang memalsukan pengalaman di CV.

Pelamar telah lolos tahap seleksi administrasi dan tahap wawancara pertama. Setelah dilakukan pengecekan ke perusahaan yang dilampirkan pada bagian riwayat
pekerjaan, orang tersebut tidak ada dalam daftar karyawan.

Tugas Human Resource Development meliputi seluruh aspek yang berkaitan dengan keberlangsungan kerja karyawan, antara lain: merekrut, pemberhentian, memberikan kompensasi dan tunjangan, serta selalu taat dan mengikuti undang–undang. Namun, juga berperan penting untuk mengetahui karakter, informasi latar belakang, riwayat pekerjaan, dan dokumen yang dilampirkan calon karyawan potensial.

3. EKYC terhubung ke Dukcapil

E-KYE, Teknologi Baru Mempermudah Proses Perekrutan KaryawanIDN Times/Istimewa

Pentingnya menerapkan eKYE kepada calon karyawan untuk mencegah dan mendeteksi penipuan. Selain itu, membantu perusahaan mendapatkan sumber daya manusia yang produktif dan terpercaya. EKYE tentu lebih unggul dibandingkan KYE konvensional, karena proses lebih cepat, hemat biaya, dan mengurangi risiko human error.

Digidata adalah perusahaan teknologi asal Indonesia yang menyediakan berbagai layanan verifikasi berbasis digital/online yang cepat, tepat, dan terpercaya. Salah satunya sudah bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan & Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) Kemendagri sebagai "Platform Bersama" untuk menyediakan layanan verifikasi Electronic Know Your Customer (EKYC).

Teknologi pengenalan wajah milik Digidata juga sudah berhasil masuk peringkat 2 tercepat di dunia dalam NIST kategori pembacaan 1.6 juta data sekaligus, mengungguli perusahaan kelas dunia lain seperti Acer, Toshiba, Microsoft.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya