Comscore Tracker

Jangan Terlewat, Ada 8 Fenomena Menakjubkan di Langit Selama Februari 

Salah satunya Supermoon terbesar lho!

Dari planet-planet terang hingga Supermoon terbesar tahun ini, semuanya akan terlihat di Februari 2019. Kabar baiknya, kamu bisa melihatnya langsung dengan mata telanjangmu. Yuk, ajak teman-temanmu untuk menyaksikannya. Dilansir dari Info Astronomy, berikut fenomena langit Februari.

1. Konjungsi Saturnus dan bulan, Sabtu, 2 Februari 2019

Jangan Terlewat, Ada 8 Fenomena Menakjubkan di Langit Selama Februari darkskytelescopehire.co.uk

Konjungsi atau peristiwa dua benda langit berada di arah pandang yang sama dari bumi ini akan terjadi di Februari. Pada tanggal tersebut, kamu bisa melihat Saturnus dan bulan berdekatan, tepatnya hanya terpisah empat derajat satu sama lain. Kamu bisa melihatnya mulai dari 03.55 waktu setempatmu hingga matahari terbit.

2. Fase bulan baru, Selasa, 5 Februari 2019

Jangan Terlewat, Ada 8 Fenomena Menakjubkan di Langit Selama Februari wikimedia.org

Fase bulan baru terjadi saat sudut elongasi (sudut dari bumi) antara bulan dan matahari hampir nol derajat. Di tanggal tersebut, kamu tak bisa melihat bulan karena berada di belakang bumi. Peristiwa ini mulai terjadi pada 04.05 WIB.

3. Konjungsi Mars dan bulan, Minggu, 10 Februari 2019

Jangan Terlewat, Ada 8 Fenomena Menakjubkan di Langit Selama Februari flickr.com/Boulanger Croissant

Setelah Saturnus, kali ini giliran Mars yang bersanding dengan bulan dengan sudut sekitar tujuh derajat. Kamu bisa melihatnya mulai dari pukul 18.30 waktu setempatmu. Kamu akan melihatnya sebagai bintang merah, namun tak berkerlap-kerlip.

4. Fase bulan perbani awal, Rabu, 13 Februari 2019

Jangan Terlewat, Ada 8 Fenomena Menakjubkan di Langit Selama Februari svs.gsfc.nasa.gov

Di tanggal ini, sudut elongasi bulan dari matahari sudah mencapai 90 derajat. Mulai pukul 05.28 WIB, kamu bisa melihat bulan hanya separuh dari bumi.

Baca Juga: 5 Fakta Kece Satelit Merah Putih yang Diluncurkan di Bulan Kemerdekaan

5. Supermoon! akan terjadi pada hari Selasa, 19 Februari 2019

Jangan Terlewat, Ada 8 Fenomena Menakjubkan di Langit Selama Februari mashable.com

Supermoon atau disebut lunar perigee adalah peristiwa bulan yang berada di jarak terdekatnya dengan bumi. Itu sebabnya bulan terlihat lebih terang dan besar dari biasanya. Adapun, jarak keduanya mencapai 356.000 km. Namun, kamu yang tinggal di dekat laut perlu waspada ya karena kemungkinan Supermoon membuat air laut jadi pasang.

6. Titik tertinggi Merkurius, Senin, 25 Februari 2019

Jangan Terlewat, Ada 8 Fenomena Menakjubkan di Langit Selama Februari epod.usra.edu

Planet terdekat dari matahari ini akan berada di titik terjauhnya dari matahari. Itu sebabnya, kamu bisa mengamatinya mulai dari 18.09 sampai 19.11 WIB. Kamu akan melihatnya seperti bintang kuning yang tak berkelip. Untuk bisa melihatnya lebih jelas, kamu memerlukan teleskop dengan pembesaran minimal 225 kali.

7. Fase bulan perbani akhir, Selasa, 26 Februari 2019

Jangan Terlewat, Ada 8 Fenomena Menakjubkan di Langit Selama Februari astronomy.robpettengill.org

Sama seperti fase bulan perbani awal, kamu akan melihat bulan hanya separuh saja. Fase ini akan mulai pada pukul 18.29 WIB.

8. Konjungsi Jupiter dan bulan, Kamis, 28 Februari 2019

Jangan Terlewat, Ada 8 Fenomena Menakjubkan di Langit Selama Februari earthsky.org

Di akhir Februari 2019, kamu akan melihat Jupiter bersanding dengan bulan, dengan sudut sejauh dua derajat. Kamu bisa melihatnya berbarengan mulai dari 00.36 waktu setempatmu.

Itu tadi peristiwa langit yang bisa kamu lihat di Februari 2019. Meski begitu, kamu perlu melihatnya saat cuaca cerah dan minim polusi cahaya ya. Jangan sampai melewatkan Supermoon!

Baca Juga: Dari Hujan Meteor Hingga Gerhana, Ini 9 Peristiwa Langit Terbaik 2019!

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya