Comscore Tracker

Sungai Cipamokolan Penuh Sampah, Oded Minta DLHK & DPU Segera Bebersih

Selain sampah plastik, kondisi air sungai juga hitam dan bau

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Oded M Danial langsung memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) serta dinas terkait untuk segera meninjau dan membersihkan Sungai Cipamokolan dari tumpukan sampah plastik.

Kondisi itu setelah aliran Sungai Cipamokolan tertutup tumpukan sampah plastik yang diduga akibat kiriman dari hulu di saat hujan turun beberapa waktu lalu. "Saya minta DLHK dan DPU untuk tinjau lokasi dan bersihkan," kata Oded usai mengunjungi warga Bandung yang menjadi korban kerusuhan Wamena, di Jalan Sukajadi, Jumat(11/10).

Oded mengatakan, persoalan lingkungan khususnya sampah yang terjadi di aliran sungai kini memang sedang digalakan secara serentak oleh Pemkot Bandung hingga 31 Oktober 2019, mendatang. Gerakan bebersih sungai an saluran air itu bernama Mapag Hujan.

Secara maraton, gerakan bebersih sungai ini sebagai bentuk antisipasi menghadapi musim hujan, mulai banjir dan sampah termasuk di Sungai Cipamokolan.

"Sesuai dengan program Mang Oded kemarin, sudah sampaikan ke PU dan DLHK terkait masalah lingkungan, mereka bukan hanya bebersih saja," kata Oded.

Terkait kondisi air sungai yang kotor dan mengeluarkan bau, Oed juga meminta DLHK untuk turun tangan. Menurutnya harus ada penanganan agar kondisi memprihatinkan tersebut tidak terus berlanjut.

"Saya kira DLHK harus turun tangan. Harus kita tinjau, periksa ke sana," ujarnya.

Baca Juga: Malu Gak Sih! Banyak Sampah Plastik di Sungai Cipamokolan Kota Bandung

Baca Juga: DLHK Bandung: Rusaknya Sungai Cipamokolan karena Limbah Rumah Tangga  

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You