Kemenkes Kirim Tiga Jenis Vaksin COVID-19 untuk Kabupaten Purwakarta

Distribusi ini untuk percepatan vaksinasi di Purwakarta

Purwakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengirimkan tiga jenis vaksin COVID-19 untuk Kabupaten Purwakarta. Pasokan vaksin ini untuk mendukung kegiatan vaksinasi di Kabupaten Purwakarta.

"Tiga jenis vaksin yang telah kami terima ialah AstraZeneca 2.000 vial, Sinovac 831 vial dan Sinopharm 63 vial," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dikutip dari ANTARA, Minggu (8/8/2021). 

1. Distribusi vaksin COVID-19 untuk kebutuhan dosis kedua

Kemenkes Kirim Tiga Jenis Vaksin COVID-19 untuk Kabupaten PurwakartaIlustrasi Vaksin COVID-19. shutterstock.com

Ia mengatakan jenis vaksin Sinovac akan didistribusikan untuk dosis kedua yang harus sesuai dengan penyuntikan vaksinasi COVID-19 pada dosis pertama.

"Kami kembali menerima droping dari Kemenkes sebanyak 2.000 vial untuk vaksin AstraZeneca serta 831 vial jenis Sinovac diperuntukkan untuk dosis kedua yang kemarin dosis pertamanya menggunakan Sinovac," katanya.

2. Masyarakat akan segera mendapatkan dosis kedua

Kemenkes Kirim Tiga Jenis Vaksin COVID-19 untuk Kabupaten PurwakartaVaksinasi sopir dan driver ojek online di Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Ia mengatakan dari ketiga jenis vaksin yang sudah didapatkan, Pemkab Purwakarta akan secepatnya mendistribusikan kepada masyarakat. Ditargetkan pada Senin (9/8) semua jenis vaksin itu sudah tersalurkan.

"Sekarang ini dalam pendistribusian, mudah-mudahan awal pekan mendatang sudah selesai secara keseluruhan," katanya.

Meski begitu, bupati mengaku saat ini pihaknya masih menunggu droping vaksin COVID-19 selanjutnya sebagai antisipasi kekurangan vaksin. Sebab dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Purwakarta, minat warga cukup tinggi untuk divaksin. 

3. Provinsi Jabar menargetkan 500 ribu orang bisa divaksin dalam sehari

Kemenkes Kirim Tiga Jenis Vaksin COVID-19 untuk Kabupaten PurwakartaANTARA/Chairul Rohman

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menargetkan akan meningkatkan target sasaran masyarakat yang bisa divaksin menjadi 500 ribu orang dalam sehari. Saat ini, Pemprov Jabar baru bisa melakukan vaksinasi sebanyak 150 ribu orang dalam sehari.

Untuk bisa mencapai target tersebut, Emil mengajak sejumlah elemen termasuk ikatan alumni pelajar dan mahasiswa untuk menggelar vaksinasi COVID-19 massal di wilayah Jabar. Upaya itu sebagai langkah percepatan vaksinasi dan menuntaskan target kekebalan kelompok atau herd immunity di Jabar.

"lima universitas lagi sedang dalam proses pendataan. Mudah-mudahan bisa lebih banyak. Kami butuhnya 22.000 orang," ujar Emil berdasarkan keterangan resmi, Sabtu (7/8/2021).

Baca Juga: Target Vaksinasi COVID-19 Purwakarta Terhambat Krisis Stok Vaksin

Baca Juga: Parah! Rumah Sakit di Purwakarta Buang Limbah Medis Sembarangan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya