Kapolda Jabar dan Kapolrestabes Bandung Apresiasi Aksi Damai Buruh

Aspirasi buruh disampaikan dengan damai di depan Gedung Sate

Bandung, IDN Times - Unjuk rasa ratusan buruh terkait penolakan berbagai rancangan undang-undang di depan Gedung Sate mendapat apresiasi dari Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi dan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema, Rabu(2/9).

Ratusan buruh yang juga menolak berbagai rancangan undang-undang (RUU) itu mampu menunjukan rasa keakraban. Massa yang tergabung dalam Aliansi Buruh Jabar (ABJ) tersebut mampu menyampaikan aspirasi dengan cara damai, tertib tanpa menghilangkan substansi.

"Kami ingin menyampaikan aspirasi dengan cara-cara yang beradab, tanpa menghilangkan substansi yang ada," kata Koordinator ABJ Ajat Sudrajat.

Menurutnya, suasana kisruh yang menghiasi unjuk rasa belakangan ini harus dihentikan jika kondusivitas ingin terus dijaga. Aksi penolakan hal-hal yang salah akan berbalik keliru jika dilakukan dengan cara-cara yang tidak tepat.

"Kami menyuarakan penolakan terhadap rencana revisi undang-undang ketenagakerjaan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Tapi kami tak ingin penolakan ini berujung hal negatif lainnya," kata dia.

Suasana aman dan keakraban semakin terlihat ketika Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi bersama Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema menemui demonstran. Sambil sedikit berbincang-bincang, keduanya menyalami satu per satu buruh yang tengah menyampaikan aspirasinya itu.

"Buruh sangat tertib," kata Kapolda.

Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema berharap aksi-aksi ini bisa ditiru oleh setiap pengunjuk rasa. "Semoga bisa lebih dewasa dalam menyampaikan aspirasi, sehingga tak menghilangkan substansi yang ingin disampaikan," ucap irman.

Keramahan kedua petinggi polisi ini pun mendapat balasan dari buruh yang langsung memangku dan mengarak Kapolda dan Kapolres tersebut. Aksi damai yang berlangsung sekitar tiga jam ini berakhir pada pukul 14.30.

Kapolda Jabar dan Kapolrestabes Bandung Apresiasi Aksi Damai BuruhIDN Times/Istimewa

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya