Comscore Tracker

Jadi Saksi RTH Kota Bandung, KPK Panggil Ulang Oded M Danial Besok

KPK pastikan sudah kirimkan surat panggilan kepada Oded

Bandung, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwal ulang pemanggilan Wali Kota Bandung Oded M Danial untuk diperiksa sebagai saksi dalam penyidikan kasus korupsi pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau (RTH) di Pemerintah Kota Bandung Tahun 2012 dan 2013.

Rencananya, pemanggilan dan pemeriksaan itu akan dilakukan di Mapolrestabes Bandung pada Jumat(4/9/2020), besok. Pemeriksaan ulang ini dipastikan setelah KPK mengirimkan surat panggilan resmi kepada Oded M Danial dan telah diterima seorang pihak keluarga.

1. KPK sudah kirimkan surat panggilan kepada Oded M Danial

Jadi Saksi RTH Kota Bandung, KPK Panggil Ulang Oded M Danial BesokPlt jubir KPK, Ali Fikri (IDN Times/Santi Dewi)

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, pemeriksaan Oded M Danial akan dijadwal ulang pada Jumat(4/9/2020), besok. Oded akan diperiksa sebagai saksi dalam kapasitasnya sebagai mantan anggota DPRD Kota Bandung periode 2009-2014.

"Penyidik telah mengirimkan surat panggilan secara patut kepada yang bersangkutan dan telah diterima oleh salah seorang pihak keluarganya. Selanjutnya yang bersangkutan dijadwalkan untuk kembali dipanggil pada Jumat, 4 September 2020," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, dilansir ANTARA, Kamis(3/9/2020).

2. Oded akan diperiksa sebagai saksi dari tersangka Dadang Suganda

Jadi Saksi RTH Kota Bandung, KPK Panggil Ulang Oded M Danial BesokDok. Humas Pemkot Bandung

Sebelumnya, KPK telah menjadwalkan memanggil 26 saksi dalam kapasitasnya sebagai mantan ketua dan anggota DPRD Kota Bandung 2009-2014. Salah satu saksi yang akan dimintai keterangan adalah Wali Kota Bandung Oded M Danial untuk tersangka Dadang Suganda (DS) selaku wiraswasta. 

Namun, dari daftar nama yang bakal dipanggil KPK itu terdapat sejumlah nama yang tidak hadir. Termasuk Oded M Danial karena mengaku belum menerima surat panggilan resmi dari KPK.

"Belum, belum ada. Saya tanya ke Sekpri (sekretaris pribadi) juga, dia hanya menyampaikan ini ada berita (di media massa). Biasanya ke kantor kan (suratnya), tapi belum ada," kata Oded, Rabu(2/9/2020).

3. Oded siap penuhi panggilan KPK untuk diperiksa sebagai saksi

Jadi Saksi RTH Kota Bandung, KPK Panggil Ulang Oded M Danial Besok(Wali Kota Bandung Oded M Danial) IDN Times/Humas Bandung

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku siap memenuhi panggilan KPK dalam pemeriksaan sebagai saksi tersangka Dadang Suganda. Dia memastikan sebagai warga negara yang baik akan kooperatif memenuhi panggilan pemeriksaan.

Namun, Oded menuturkan hingga Selasa(2/9/2020) siang, dirinya belum menerima surat panggilan resmi dari KPK terkait pemeriksaan tim penyidik.

"Sebagai warga yang baik, yang taat terhadap situasi hukum, ya saya siap saja, harus siap," ungkapnya.

4. Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan ikut diperiksa KPK

Jadi Saksi RTH Kota Bandung, KPK Panggil Ulang Oded M Danial BesokIDN Times/KPU.go.id

Selain Oded M Danial, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan juga telah diperiksa KPK dalam kapasitas mantan Ketua DPRD Kota Bandung 2009-2014 . Erwan diperiksa bersama tujuh mantan anggota DPRD Kota Bandung di periode yang sama sebagai saksi dalam penyidikan kasus tersebut.

"Oleh penyidik, para saksi tersebut di dalami pengetahuannya terkait proses penganggaran untuk pengadaan tanah pada DPKAD Kota Bandung tahun 2011-2012 dan juga mengenai kepemilikan berbagai aset-aset yang diduga milik tersangka DS (Dadang Suganda)," kata Ali.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya