Comscore Tracker

Dua Orang Tewas Akibat Kecelakaan Maut Bus dan Truk di Tol Cipali

Menghantam keras bagian belakang truk colt

Cirebon, IDN Times - Kecelakaan antara bus bermuatan penumpang dengan sebuah truk colt diesel terjadi di Kilometer 184 Tol Cipali, Cirebon, Selasa (7/1). Seorang sopir bus dan kernet truk menjadi tewas dalam Kecelakaan maut itu.

Kanit Lakalantas Polres Kota Cirebon, AKP Suminto membenarkan, kecelakaan yang melibatkan antara bus dan truk colt ini merenggut korban jiwa. Kejadian itu terjadi sekira pukul 00.30 WIB, di jalur B arah Palimanan menuju Jakarta. Tepatnya di Desa Pejagan Asem Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon.

1. Bus menghantam keras bagian belakang truk

Dua Orang Tewas Akibat Kecelakaan Maut Bus dan Truk di Tol CipaliIstimewa

Kejadian bermula saat kendaraan Bus Pahala Kencana bernomor polisi B-7189-IS yang melaju kencang menuju arah Jakarta menghantam bagian belakang badan truk colt Diesel bernomor E-9144-PC. Karena melaju dengan kecepatan tinggi, mobil bus ringsek tak berbentuk hingga menewaskan seorang sopir dan kernet truk.

Kedua korban itu sebelumnya sempat dilarikan ke RSUD Arjawinangun, akan tetapi nyawa kedua korban tak terselamatkan. Kejadian ini pun menyebabkan 4 orang lainnya mengalami kritis dan mendapat perawatan intensif di RS Mitra Plumbon.

"Dua orang meninggal dunia akibat kecelakaan di KM 184 Tol Cipali. Kedua korban itu, sopir bus dan kernet truk," ujarnya saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (7/1).

2. Dua orang tewas, sopir bus dan kernet truk

Dua Orang Tewas Akibat Kecelakaan Maut Bus dan Truk di Tol Cipali(Ilustrasi) IDN Times/Sukma Shakti

Suminto menyebutkan, identitas pengemudi Bus Pahala itu bernama Dedi Sumaryono (36), asal Desa Beber, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka. Sementara korban tewas lainnya, yaitu penumpang atau kernet truk colt Diesel bernama Ma'mun Soleh, (30), asal Desa Kutosari Rt. 02/05 Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen.

3. Diduga kuat karena human error saat berkendara

Dua Orang Tewas Akibat Kecelakaan Maut Bus dan Truk di Tol CipaliIDN Times/Wildan Ibnu

Pihak kepolisian masih mendalami penyebab dari kecelakaan antara bus dan truk di Tol Cipali ini. Petugas Satlantas Polres Cirebon Kota pun tengah melengkapi berkas dokumen keterangan dari para saksi. Sementara, kedua kendaraan saat ini sudah diamankan di kantor PJR Kertajati, Majalengka.

Suminto memastikan, saat kecelakaan terjadi kondisi cuaca sedang baik. Besar kemungkinan penyebab kecelakaan dikarenakan kesalahan manusia dalam berkendara.

"Untuk barang bukti kendaraan, saat ini sedang diamankan di Kantor PJR Kertajati. Semalam, cuaca cerah dan tidak ada hubungannya di lokasi. Dugaan sementara, penyebab kecelakaan karena human error," terang Suminto.

4. Diduga truk menyalip di luar badan jalan

Dua Orang Tewas Akibat Kecelakaan Maut Bus dan Truk di Tol Cipali(Ilustrasi) IDN Times/Andra

Sementara dari informasi yang berkembang menyebutkan, kecelakaan antara bus Pahala Kencana dengan truk yang bermuatan beras itu  terjadi di jalur arah Jakarta.

Di mana saat itu, bus diduga menggunakan bahu luar jalan untuk menyalip kendaraan dengan kecepatan tinggi. Bus tersebut kemudian melaju tanpa terkendali sehingga menabrak bagian belakang truk.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya