Comscore Tracker

Kondisi Sehat, Sekda Ema Sumarna Siap Divaksin Dosis Kedua Besok

Vaksinasi kembali dilakukan di RSKIA

Bandung, IDN Times – Sekretaris daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna menyatakan siap untuk divaksinasi dosis kedua, besok pagi (28/1/2021). Kondisinya saat ini baik-baik saja atau sehat.

Sebelumnya, Ema telah disuntik vaksin Sinovac pertama pada 14 Januari 2021 lalu. Sesuai jadwal, besok adalah agenda untuk penyuntikan kedua para penerima vaksin pertama.

“Saya sih mempersiapkan diri saja dan saya mah siap (untuk divaksin kedua),” kata Ema di Balai Kota Bandung, Rabu (27/1/2021).

1. Tidak ada persiapan khusus

Kondisi Sehat, Sekda Ema Sumarna Siap Divaksin Dosis Kedua BesokIDN Times/Humas Bandung

Ema mengaku, sejauh ini tidak ada persiapan khusus untuk vaksinasi kedua. Hanya sekedar menjaga kesehatan dan fisik yang bagus.

“Enggak ada (persiapan), fisik saja. Biasa saja tidak ada pengaruh apa-apa. Mudah-mudahan sehat saja seperti ini terus,” ujarnya.

2. Teknis penyuntikan vaksin kedua belum ada informasi valid

Kondisi Sehat, Sekda Ema Sumarna Siap Divaksin Dosis Kedua BesokProses skrining bagi pasien dengan indikasi tertentu di RSUD Tabanan (Dok.IDN Times/RSUD Tabanan)

Secara teknis, lanjutnya kemungkinan ada perbedaan dengan penyuntikan dosis yang pertama. Ketika vaksin pertama, para penerima vaksin akan ada banyak tahapan sementara yang kedua sedikit lebih singkat.

“Enggak tahu mungkin kalau di tes pasti ada. Jangan-jangan tensi saya tidak ideal, tapi ini hanya dugaan saya saja kan tidak begitu datang langsung suntik. Saya yakin diperiksa lagi tapi tidak akan ditanya (seperti vaksin pertama). Dan selama dua minggu saya tidak terkonfirmasi COVID-19. Dugaan saya besok hanya dicek secara umum,” jelasnya.

3. Proses vaksinasi pertama akan berlangsung hingga April

Kondisi Sehat, Sekda Ema Sumarna Siap Divaksin Dosis Kedua BesokKlikdokter

Menurut Ema, proses vaksinasi COVID-19 yang pertama akan berlangsung sejak Januari hingga April 2021. Vaksinasi sendiri ditargetkan 23 ribu namun hingga saat ini baru 7.000 sekian.

“Dari target 23 ribu, sekarang baru 7 ribu sekian atau kita baru diangka 34,08 persen. Tapi itukan sampai April, ya mudah-mudahan sampai April itu bisa mendekati 100. Kalau 100 dugaan saya sih nggak ya, karena bisa saja ada orang yang tidak lolos skrining kan tidak bisa dipaksakan,” ungkapnya.

4. Akan divaksin bersama para penerima vaksin tahap pertama

Kondisi Sehat, Sekda Ema Sumarna Siap Divaksin Dosis Kedua Besokinstagram.com/ariel_inst

Seperti yang sudah diketahui, Selain Sekda Kota Bandung ada para tenaga kesehatan (nakes) yang menerima vaksin pertama. Kemudian juga ada musisi yakni vokalis band NOAH, Ariel dan youtuber Risa Saraswati.

Para penerima akan diberi vaksin dosis kedua di Kota Badung akan dijadwalkan pada Kamis (28/1/2021) besok sekitar pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Ariel Noah Disuntik Vaksin Sinovac Dosis Kedua Pada 28 Januari 2021

Baca Juga: Teras Cihampelas Tak Terurus, Ema Sumarna: Dinas KUKM Jangan Diam Saja

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya