Kembali Makan Korban, Lima Orang Meninggal Dunia di Cipali

Sopir diduga mengantuk

Majalengka, IDN Times - Kecelakaan lalu lintas di ruas jalur A tol Cikopo–Palimanan tepatnya di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. Kecelakaan lalulintas terjadi pada hari Jum’at (19/7) sekira pukul 23.00 WIB.

1. Korban dilarikan ke dua rumah sakit

Kembali Makan Korban, Lima Orang Meninggal Dunia di CipaliHumas Polres Majalengka

Akibat kecelakaan lalulintas tersebut, lima orang meninggal dunia dan tiga orang mengalami luka-luka. Ajun Komisaris Atik Suswanti, Kepala Satuan Lalu Lintas Polisi Resor Majalengka mengatakan, kendaraan pikap Daihatsu Grand Max berpelat E 8609 BZ yang dikemudikan Carim melaju dari arah Palimanan menuju Cikopo.

Di lokasi kejadian, mobil oleng ke jalur A dan menabrak kendaraan Suzuki APV yang dikemudikan oleh Sunarto. Di dalam mobil yang melaju dari Cikopo menuju Palimanan itu, Sunarto membawa empat orang penumpang.

Setelah saling menabrak, kedua mobil tersebut terbakar. Menurut catatan polisi, atas kejadian itu terdapat lima orang yang tewas di tempat, dua orang alami luka berat, dan satu orang luka ringan.

“Kelima korban meninggal dunia di bawa ke RSUD Cideres Kabupaten Majalengka dan yang luka-luka di bawa ke RS Mitra Plumbon Kabupaten Cirebon,” kata Atik, Sabtu (20/7)

2. Kapolres Majalengka jenguk korban selamat

Kembali Makan Korban, Lima Orang Meninggal Dunia di CipaliHumas Polres Majalengka

Kepala Polisi Resor Majalengka, Ajun Komisaris Besar Mariyono, didampingi Atik Suswanti, tergesa-gesa memasuki RSU Plumbon Cirebon, pada Sabtu (20/7). Tujuannya, tak lain untuk mengecek kondisi para korban selamat dari kecelakaan maut Tol Cipali yang terjadi kemarin.

Menurut Kapolres, korban yang selamat pada peristiwa itu di antaranya ialah dua orang penumpang mobil pikap Daihatsu Grand Max, Andi (21) warga Purbalingga, dan Ari Yanto (40) warga Cirebon. Sementara satu orang korban selamat lainnya ialah Wendi (48), warga Karawang yang penumpang Suzuki AVP.

“Kami dari Polres Majalengka bersama pihak Jasa Raharja mengucapkan turut berduka yang mendalam. Apa yang terjadi adalah sudah jadi musibah, ini juga ujian,” ucapnya.

3. Jasa Raharja akan berikan santunan

Kembali Makan Korban, Lima Orang Meninggal Dunia di CipaliHumas Polres Majalengka

Sementara itu, PT Jasa Raharja (Persero) bakal menyerahkan santunan kepada keluarga korban kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan tersebut.

Kepala bagian pelayanan Jasa Raharja Provinsi Jawa Barat, Sugeng Haryadi mengatakan, para korban akan mendapatkan santunan dari Jasa Raharja. “Setelah melakukan pengecekan, hasil identifikasi kami tercatat ada 5 korban meninggal dan 3 orang luka-luka. Kami terjunkan petugas untuk mencari ahli waris korban ke Karawang, Jakarta Timur, dan Purbalingga sesuai identitas korban,” ujarnya.

Jumlah santunan yang diberikan kepada para korban besarnya bervariasi. Korban meninggal diberikan 50 juta, sedangkan bagi korban luka-luka diberikan maksimal 20 juta.

4. Korlantas masih cari penyebab kecelakaan

Kembali Makan Korban, Lima Orang Meninggal Dunia di CipaliHumas Polres Majalengka

Korps Lalu Lintas Polri belum bisa memastikan penyebab kecelakaan maut yang terjadi di Kilometer 154 wilayah kabupaten Majalengka. Kepala Seksi Sidik Dirgakkum Korlantas Mabes Polri, Ajun Komisaris Besar Twedi Aditya, mengatakan ada empat faktor yang harus dievaluasi, antara lain manusia, kendaraan, jalan atau infrastruktur yang ada, dan faktor cuaca.

“Jadi kalau hari ini saya diminta untuk mengungkapkan penyebab dari kecelakaan ini kami belum bisa memberi jawaban pasti,” ujarnya.

Dugaan sementara, penyebab dari kecelakaan itu ialah kurangnya infrastruktur pengaman median jalan Tol Cipali. “Untuk dugaan awal ada kemungkinan jalan bergelombang, ada juga dari sarana dan prasarana di tengah median jalan yang masih kurang,” ujarnya.

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You