Wow! Kawasan Industri Ini Punya Taxi Udara dan Ambulans Terbang

Jakarta-Banten hanya 25 menit!

Bandung, IDN Times – Berkembangnya kawasan industri di Indonesia, sejatinya mesti dibuntuti dengan berbagai macam fasilitas untuk melengkapi aktivitas industri. Sepertinya hal itu yang menjadi acuan bagi Krakatau Sarana Properti (KSP), pengelola kawasan industri di Kota Cilegon.

Hari ini, Kamis (24/3/2022), KSP dan PT. Whitesky Aviation (WSA) baru saja sepakat untuk mendatangkan taxi udara (helicity) dan ambulans terbang (heli medivac) sebagai salah satu sarana tranportasi alternatif baru di Kota Cilegon.

Dirut KSP Ridi Djajakusuma mengatakan bahwa hadirnya kedua fasilitas baru itu berhasil mempersingkat jarak antara Cilegon dan Ibu Kota Jakarta.

“Hadirnya layanan helicity dan heli medis atau ambulans udara ini sangat baik. Tidak hanya untuk kemajuan binsis Krakatau Steel Group semata, tapi ke depan Kota Cilegon semakin naik kelas menuju era Smart City,” kata Ridi, dalam siaran pers yang diterima IDN Times.

1. Dengan Rp7,5 juta, jarak tempuh Jakarta-Cilgon hanya 25 menit

Wow! Kawasan Industri Ini Punya Taxi Udara dan Ambulans TerbangFoto hanya ilustrasi. (Pexels.com/Alex Kremer)

Ridi berharap, dengan hadirnya dua fasilitas transportasi baru itu, para investor semakin yakin untuk menanamkan modalnya di Cilegon. Kerja sama ini, kata dia, merupakan langkah untuk turut memajukan Cilegon dengan blue print yang akan kami bawa ke pemerintah daerah setempat.

"Nantinya jarak Cilegon menuju Jakarta atau sebaliknya hanya menempuh waktu 25 menit saja. Bagi mereka yang ingin menggunakan jasa transportasi udara ini akan dikenakan biaya sekitar 7,5 juta untuk tiga orang penumpang," tutur Ridi.

2. Berharap pariwisata setempat ikut maju

Wow! Kawasan Industri Ini Punya Taxi Udara dan Ambulans TerbangHelikopter di Cilegon (IDN Times/Istimewa)

Tak cuma itu, Ridi berharap hadirnya helicity bisa ikut mengembangkan pariwisata setempat. Pemerintah Cilegon memang terbilang getol mempromosikan wisata di daerahnya, demi menambah pemasukan daerah.

“Sementara heli medis diharapkan membantu urusan urgen di bidang bencana alam dan kebutuhan pelayanan medis yang sifatnya quick response," kata Ridi.

3. Helicity bertipe Bell 505 sinle engige, dan Bell 429 double engine

Wow! Kawasan Industri Ini Punya Taxi Udara dan Ambulans TerbangKSP dan WSA sepakat untuk pengadaan helicity Bandara Soetta-Cilegon (IDN Times/Istimewa)

CEO Whitesky Avation Denon Prawiraatmadja turut menyambut baik kerjasama kedua belah pihak ini. Bagi Denon, transportasi udara yang cepat baik itu helicity maupun juga ambulans udara, adalah keperluan mendesak bagi kawasan industri di sana.

"WSA akan memberikan layanan taxi udara buatan Amerika dengan dua jenis helicity bertipe Bell 505 single engine kapasitas tiga penumpang dan Bell 429 double engine berkapasitas enam penumpang,” kata Denon, dalam siaran pers yang sama.

Tak hanya itu, layanan heliport di area industri Krakatau Steel juga sangat aman dan cocok dengan karakter heli yang dimiliki WSA.

“Kami juga berencana untuk membantu memajukan pariwisata di Cilegon dengan membuat layanan paket pariwisata terbang udara menelusuri Cilegon dan area Pelabuhan Merak dan sekitaran Gunung Krakatau dengan dipandu oleh pilot kami yang sangat berpengalaman,” ujarnya.

4. Pemerintah berharap investasi makin lancar di Cilegon

Wow! Kawasan Industri Ini Punya Taxi Udara dan Ambulans TerbangGoogle

Sementara Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta, bersyukur dengan dukungan Krakatau Steel Group yang bisa mewujudkan heliciti serta heli medicav. Ia berharap, dengan layanan transportasi udara ini, semakin banyak orang yang berkunjung ke Kota Industri Baja dalam urusan bisnis maupun dalam urusan pribadi.

"Ini satu sejarah yang luar biasa bagi Kota Cilegon, moga-moga hadirnya heliciti di sini pembangunan dan investasi di Kota Cilegon semakin maju, tumbuh dan Cilegon menjadi kota yang nyaman bagi Industri Indonesia,” ujarnya.

Cilegon, kata Sanuji, merupakan kota terkaya nomor 4 di Indonesia. “Untuk itu saya menyambut baik hadirnya prasarana heliciti ini sebagai penunjang kemajuan di kota kami,” kata dia.

Baca Juga: 5 Investasi Selain Saham dengan Keuntungan Melimpah, Dijamin!

Baca Juga: 7 Kafe di Cilegon untuk Sajian Kopi yang Khas dan Nikmat

Baca Juga: 10 Hotel Murah di Cilegon, Aksesnya Gampang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya