Mengkilap! Ini Cat yang Dipakai untuk Kubah Masjid Raya Al Jabbar

Penasaran kubah mengkilap itu pakai material apa kan?

Bandung, IDN Times - Kemegahan dan keunikan Masjid Raya Al Jabbar yang terletak di Cimenerang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung mengundang decak kagum khalayak luas. Secara visual, konstruksi kubah dengan lengkungan kurva menumpuk ini terinspirasi dari rumus matematika Aljabar.

Selain itu, dalam konteks spritual, konsep “Al-Jabbar” dimaknai  sebagaiAllah Maha Kuasa dan Maha Perkasa di atas segala sesuatu, termasuk di atas keberadaan manusia. Tidak heran, bila penamaan masjid ikonik ini menjadi Masjid Raya Al Jabbar.

Berbicara mengenai konstruksi bangunan, Masjid Raya Al Jabbar memiliki struktur utama beton. Khusus rangka atap kubah, menggunakan struktur baja dengan penutup kaca dan aluminium panel atau disebut ASP (Aluminium Sheet Panel). 

Sementara itu, bagian lengkung masjid berupa lembaran kaca patri yang disusun saling menindih seperti sisik ikan.

Proses konstruksi masjid ini terbilang cukup serius. Tidak hanya matang secara nilai filosofis, pembangunan juga diklaim menggunakan material yang disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satunya dalam urusan penggunaan cat untuk mewarnai dan memperindah masjid ini.

1. Tiga produk Nippon yang dipakai untuk kubah Al Jabbar

Mengkilap! Ini Cat yang Dipakai untuk Kubah Masjid Raya Al JabbarMasjid Raya Al Jabbar (IDN Times/istimewa)

Mark Liew, General Manager (Tu Division) Nippon Paint Indonesia mengatakan bahwa perusahaannya menggunakan serangkaian produk untuk diaplikasikan pada ASP yaitu Nippe 2000 EP Primer Surfacer, Nippon PU HS, dan Nippe Hi-Gloss PU Clear untuk melindungi kubah ikonik masjid termegah di kota Bandung ini.

“Produk Nippe 2000 EP Primer Surfacer merupakan cat berbasis epoxy amine adduct yang diformulasikan khusus untuk menghasilkan permukaan yang halus dan mudah diamplas. Keunggulan dari produk ini adalah memiliki daya tahan yang tinggi terhadap air, minyak dan pelarut, serta memiliki daya lekat dan kekuatan yang sangat baik,” kata Mark, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Jumat (24/3/2023).

Tak hanya itu, lanjut Mark, Nippe 2000 EP Primer Surfacer juga dilengkapi dengan lapisan antikarat, sehingga meningkatkan ketahanan baja agar terhindar dari korosif.

2. Pemakaian cat di tahap akhir

Mengkilap! Ini Cat yang Dipakai untuk Kubah Masjid Raya Al JabbarMasjid Al Jabbar Bandung (ANTARAFOTO / Masjid Al Jabbar Bandung)

Sedangkan Nippon PU HS sebagai cat akhir dua komponen poliuretan diklaim punya kualitas tinggi dengan retensi kilap tahan lama.

Memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap air, cuaca, dan zat kimia, membuat produk ini mampu memberikan perlindungan maksimal pada permukaan yang dikelilingi dengan kondisi lingkungan ekstrim.

Pada tahap akhir, Nippon Paint menggunakan produk Nippe Hi-Gloss PU Clear, cat finishing dua komponen berbahan dasar poliuretan.

“Cat ini mudah diaplikasikan sebagai finish coat untuk melindungi permukaan dan tampak berkilau,” ujar Mark Liew.

3. Perekat ASP memanfaatkan produk unggulan

Mengkilap! Ini Cat yang Dipakai untuk Kubah Masjid Raya Al JabbarMasjid Raya Al Jabbar (IDN Times/istimewa)

Albert Herriza, Tenaga Ahli Arsitektur pada PT Yodya Karya selaku konsultan Detail Engineering Design Perencanaan Masjid Raya Al Jabar mengatakan, sejak diresmikan pada 30 Desember 2022 lalu, Masjid Raya Al Jabbar memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Tidak hanya bangunannya yang unik, masjid ini memang disiapkan untuk ruang edukasi ke-Islam-an. Selain sebagai sarana ibadah, Masjid Raya Al Jabbar juga menyediakan museum perkembangan Islam, dan area lansekap.

Selain beragam produk yang sudah disebutkan, setiap bidang yang menggunakan bahan ASP pada masjid ini memanfaatkan Vital Technical Sealant MS VT-620S yang memiliki fungsi sebagai perekat antar ASP.

Sealant MS VT-620 S merupakan sealant serbaguna yang dilengkapi dengan teknologi MS Polymer. Produk ini diklaim bebas dari minyak silikon, sehingga mampu meminimalisir masalah estetika bangunan yang disebabkan oleh noda minyak dan masalah goresan kotoran.

Baca Juga: Masjid Raya Al Jabbar Sediakan 4.000 Paket Takjil Selama Ramadan 

Baca Juga: Beda Dari Al Jabbar, Masjid Raya Bandung Hanya Sediakan 1.000 Takjil

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya