[LINIMASA] Papa Setya Novanto Kepergok Pelesiran

Pelesiran empat jam yang berbuntut kasus panjang

Bandung, IDN Times – Penyidikan atas kasus pelesiran Setya Novanto telah rampung dilakukan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Hasilnya, Setnov dipindahkan ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur dari Lapas Sukamiskin dan mendapat pengawalan ketat. Ia pun tidak diperkenankan menerima besukan dari siapa pun selama 30 hari.

Kasus bermula dari Setnov yang dirawat di RS Santosa, menjalani rawat inap, minggat ke Padalarang, kepergok, hingga dihukum dengan dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur. Tidak hanya Setnov, dua petugas Lapas Sukamiskin yang berhasil dikelabui sang narapidana kasus korupsi E-KTP itu juga menerima hukuman. Masing-masing petugas yang berinisial YAP dan SS. Yap mendapat hukuman penundaan kenaikan pangkat, sementara SS dihukum tak mendapat gaji berkala selama satu tahun lamanya.

Dalam enam hari terakhir, IDN Times mengumpulkan berbagai informasi dari Kalapas Sukamiskin, Tejo Harwanto; Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar, Liberti Sitinjak; seorang petugas toko bangunan di Padalarang, dan Medico Legal RS Satnosa, dr. Tammy Sarif, tentang kasus pelesiran Setnov.

Dari sana, berikut IDN Times tuturkan perjalanan singkat aksi pelesiran Setya Novanto:

1. Keputusan rawat inap pada Selasa (11/6)

[LINIMASA] Papa Setya Novanto Kepergok PelesiranIDN Times/Galih Persiana

Dokter-dokter klinik Lapas Sukamiskin menggelar rapat internal pada Selasa (11/6), sebelum memutuskan untuk merujuk bekas Ketua DPR RI itu ke rumah sakit umum. Meski sejauh ini, tak ada yang menjelaskan secara pasti jenis penyakit yang diderita Setnov, karena hasil diagnosa seseorang memiliki ketetapan hukum untuk dirahasiakan.

Namun, menurut informasi yang diterima IDN Times, Setnov diduga mengalami sakit jantung yang berbuntut pada pembengkakan lengan. Karena itu, dokter-dokter Lapas Sukamiskin kemudian merujuk Setnov untuk berobat ke RS Sentosa, Jalan Kebon Jati, Kota Bandung, Selasa (11/6).

Sesampainya di RS Santosa, dokter kemudian memeriksa kondisi kesehatan Setnov. Hasilnya, ia diputuskan untuk menjalani rawat inap di sana. “Pasien rujukan Lapas Sukamiskin (Setnov), datang (ke RS Santosa) sekitar pukul 11.00 WIB. Sesuai dengan indikasi dokter, ia harus menjalani rawat inap,” tutur Medico Legal RS Santosa, Tammy Sarif, Senin (17/6).

2. Setnov langsung disidak

[LINIMASA] Papa Setya Novanto Kepergok PelesiranIDN Times/Galih Persiana

Laporan mengenai Setnov yang dirujuk ke RS Santosa diterima pula oleh Kanwil Kemenkumham Jawa Barat. Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar, Liberti Sitinjak, tentu enggak mau kecolongan.

“Saya langsung melakukan sidak (inspeksi mendadak) hari itu juga. Setnov memang berada di sana, ditemani keluarganya,” ujar Liberti, kepada IDN Times, Senin (17/6). Waktu melakukan sidak, Liberti ditemani oleh Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jabar, Abdul Aris.

Liberti tak mau kecolongan, tentu, karena mengemban tanggung jawab agar tak ada narapidana yang kabur dari lapas. Khusus kepada Setnov, kata Liberti, ia pernah memberi peringatan agar tidak menyalahgunakan izin berobat yang diberikan Lapas Sukamiskin.

"Saya peringatkan, kalau recovery ya untuk recovery, bukan untuk yang lain. Jadi saya melakukan pengawasan juga… Ya, seperti bapak ibu tahu, kan bukan Kemenkumham saja yang dia (Setnov) kibuli,” kata Liberti.

3. Dibolehkan pulang pada Jumat (14/6)

[LINIMASA] Papa Setya Novanto Kepergok PelesiranIDN Times/Galih Persiana

Total empat hari Setnov dirawat inap di salah satu ruangan di lantai delapan RS Santosa. Ia kemudian diperbolehkan pulang, dan status perawatannya kembali berada di bawah dokter Lapas Sukamiskin pada Jumat (14/6). “Hari Jumat kami merujuk balik pasien sekitar pukul 13.00-14.00 WIB. Indikasi kesehatannya sudah bisa ditangani kembali oleh pihak lapas,” tutur Tammy.

Mendengar kabar kepulangan itu, petugas Lapas Sukamiskin yang mengawal Setnov langsung menghubungi kantornya untuk segera menjemput warga binaan ke RS Santosa. Ketika mobil penjemput menuju RS Santosa, kepada pengawalnya Setnov meminta izin untuk pergi ke lantai dasar guna mengurusi berbagai keperluan administrasi.

“Banyak barang Setnov di kamar rawat, jadi petugas lebih menjaga barang daripada menemani Setnov ke bawah,” kata Liberti Sitinjak, Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar. 

4. Menuju Padalarang Jumat sore

[LINIMASA] Papa Setya Novanto Kepergok PelesiranIDN Times/Galih Persiana

Setelah membayar administrasi sekitar pukul 13.15WIB, Setnov tidak kembali ke ruangannya. Ia malah pergi ke luar rumah sakit, dan masuk ke mobil pribadinya. Sejauh ini, belum jelas ke mana saja ia pergi dengan mobil pribadi itu. Yang terang, salah satu tempat yang ia tuju adalah sebuah toko bangunan yang berada di Padalarang, Kabupaten Bandung.

Kepada IDN Times, salah satu petugas toko bangunan yang enggan disebutkan namanya, mengatakan jika Setnov sampai ke tokonya sekitar pukul 15.00WIB. “Waktu itu saya habis shalat ashar, masuk ke toko dan melihat bapak itu (Setnov),” kata dia, kepada IDN Times pada Sabtu (15/6).

Di sana, Setnov dikabarkan hanya bertanya soal beberapa motif keramik lantai beserta kurun harganya. Menurut petugas toko, Setnov tak membungkus apa pun ketika meninggalkan toko. “Sejauh ini sudah dicek enggak ada transaksi apa-apa. Dia cuma bertanya. Lagian di sini sebentar kok, enggak sampai 30 menit,” katanya.

Para petugas toko, lanjut dia, tak ada yang curiga bahwa salah satu pengunjungnya adalah Setnov. Tapi, ada salah satu orang di antara hiruk pikuk toko bangunan yang curiga dan memotret aktivitas Setnov di sana. Fotonya kemudian menjadi viral, beberapa jam setelah Setnov mengunjungi toko bangunan di Padalarang.

5. Empat jam Setnov pelesiran

[LINIMASA] Papa Setya Novanto Kepergok Pelesiranistimewa

Sementara Setnov mencari keramik lantai yang pas dengan seleranya, petugas Lapas Sukamiskin di RS Santosa bingung bukan kepalang. Awalnya, petugas pengawal tak pernah curiga bahwa ia bakal diculasi oleh Setnov. Namun, setelah hingga pukul 15.00 WIB Setnov tak kunjung kembali ke lantai delapan, barulah petugas merasa kecolongan. “Petugas mengecek ke lantai dasar, mencari (Setnov). Ternyata dia tidak ada di sana," kata Liberti.

Setnov yang tak tampak batang hidungnya karena pelesiran ke Padalarang tanpa bilang-bilang, baru kembali ke ruanganya di RS Santosa pada pukul 17.15WIB. Artinya, ia hilang sekitar empat jam dari pukul 13.15 hingga 17.15 WIB.

Tanpa pikir panjang, mobil Lapas Sukamiskin yang sudah lama menunggunya langsung mengantarkan Setnov ke Lapas Sukamiskin.

Yang masih menjadi misteri hingga saat ini, ialah ke mana saja Setnov pelesiran selain ke toko bangunan di Padalarang. Menurut perhitungan Google Maps, rute RS Santosa Bandung, toko bangunan, dan kembali ke RS Santosa Bandung, dapat ditempuh Setnov dalam waktu sekitar 1 jam 20 menit. Jika memang hanya mengunjungi toko bangunan dengan tempo paling lama 30 menit, total waktu yang diperlukan Setnov hanya 1 jam 50 menit.

6. Foto Setnov viral, Lapas Sukamiskin kebakaran jenggot

[LINIMASA] Papa Setya Novanto Kepergok PelesiranIDN Times/Galih Persiana

Liberti Sitinjak, Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar kaget bukan kepalang ketika sejumlah wartawan menghubunginya terkait dugaan pelesiran Setnov. “Saya justru baru tahu,” katanya, kepada wartawan pada Jumat (14/6) malam.

Ia langsung berkoordinasi dengan stafnya, dan melakukan segala cara untuk mencari tahu dugaan pelesiran Setnov. Singkat cerita, sekitar pukul 22.00 WIB di hari yang sama, Liberti ditemani dengan Kepala Lapas Sukamiskin Tejo Harwanto, langsung menggelar jumpa pers di Lapas Sukamiskin.

Malam itu pula, atau sekitar pukul 22.30 WIB, Liberti Sitinjak mengambil langkah hukum untuk Setnov dengan memindahkannya ke Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Setnov yang masih menggunakan kemeja yang sama dengan yang ia pakai ke toko bangunan itu, langsung diboyong menggunakan ambulan ke Lapas Gunung Sindur.

Liberti mengatakan kalau ketatnya pengawasan di Lapas Gunung Sindur akan menyulitkan Setnov jika suatu hari kembali berniat minggat dari penjara. “Dengan maximum security, di Gunung Sindur sangat ketat. Enggak tiap pagi dibuka (pintu tahanan). Kalau di Lapas Sukamiskin kan tiap pagi dibuka. Warga binaan bisa saling bersosial," katanya.

Selama berada di Lapas Gunung Sindur, kata Liberti, Setnov akan disidik oleh aparat guna pendalaman kasus pelesirannya. Ia pun berjanji untuk mengumumkan hasil penyidikan itu pada Rabu (19/6).

7. Dikawal ketat petugas Lapas Gunung Sindur dan diawasi 350 kamera pemantau

[LINIMASA] Papa Setya Novanto Kepergok PelesiranIDN Times/Galih Persiana

Selasa (18/6) malam, penyidik telah melengkapi seluruh Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kasus pelesiran Setnov. Liberti mengaku baru mempelajari berkas tersebut pada Rabu (19/6) pagi. “Soal mengapa Setnov ke toko bangunan di Padalarang, itu hanya Setnov sendiri yang tahu,” tuturnya.

Dari hasil penyidikan itu, Kanwil Kemenkumham Jabar memutuskan pelarangan besuk bagi Setnov selama satu bulan lamanya. “Di sisi lain, segala sesatu tentang kebutuhan dia sebagai warga binaan tetap jalan,” kata Liberti.

Dipindahkannya Setnov ke Lapas Gunung Sindur sendiri, dianggap sebagai sebuah hukuman yang pantas dari Kemenkumham. “Itu adalah sikap tegas kami. Saya berani katakan ini peristiwa pertama semenjak saya bertugas menjadi Kepala kanwil. Makanya saya ambil tindakan tegas, tidak menunggu. Sekali melakukan pelanggaran berat, kita tindak," ujarnya.

Liberti membandingkan, di Lapas Sukamiskin setiap kali berobat Setnov dikawal oleh dua petugas lapas. Lain halnya dengan Lapas Gunung Sindur. Di lapas yang identik dengan para terpidana kasus terorisme itu, Setnov akan dikawal ketat oleh empat petugas lapas. Gerak-geriknya pun diawasi 350 unit kamera pemantau (CCTV) yang tersebar di seluruh sudut lapas.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya