Yana Mulyana Terima Surat Mendagri Terkait Plt Wali Kota Bandung Gantikan Alm Oded

Proses penggantian harus dilakukan DPRD Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Yana Mulyana menerima surat bernomor 39/HM.07/Pem.Otda tertanggal 10 Desember 2021 dari Menteri Dalam Negeri terkait pemberian tugas pada sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota.

Surat ini diserahkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Balaikota Bandung, Senin(13/12/2021).

Emil menuturkan, Yana sudah dipastikan menggantikan almarhum Oded sebagai wali kota Bandung. Namun, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan agar yang bersangkutan segera dilantik.

"Surat resmi radiogram dari Mendagri mengangkat Pak Yana sebagai Plt ya untuk di-follow up (ditindaklanjuti) oleh DPRD (dewan perwakilan rakyat daerah)," ujar Emil.

1. Ada tiga hal yang harus segera dijalankan DPRD Bandung

Yana Mulyana Terima Surat Mendagri Terkait Plt Wali Kota Bandung Gantikan Alm OdedIDN Times/Galih Persiana

Menurutnya, ada tiga hal yang harus segera dilakukan di DPRD Bandung. Pertama, sidang paripurna pemberhentian Oded M Danial sebagai wali kota Bandung, Kemudian paripurna pemberhentikan Yana sebagai Wakil Wali Kota Bandung. Dan terakhir, DPRD melakukan paripurna penetapan Yana sebagai Wali Kota Badnung definitif.

"Setelah surat itu diproses di DPRD nanti Pak Yana dilantik secara resmi," kata dia.

2. Untuk pendamping Yana ditentukan oleh parpol pengusung

Yana Mulyana Terima Surat Mendagri Terkait Plt Wali Kota Bandung Gantikan Alm OdedWakil wakil Kota Bandung Yana Mulyana. IDN Times/Humas Bandung

Setelah proses itu dilakukan, lanjut Emil, sosok Wakil Wali Kota Bandung pengganti Yana Mulyana akan ditentukan oleh partai politik dari pengusung Oded-Yana pada Pilwalkot 2019 lalu. Kang Emil meminta dalam tiga bulan ke depan, Pemkot Bandung telah resmi melantik Wakil Wali Kota Bandung.

"Baru tahap berikutnya lagi mencari wakil dari partai partai pengusung kira-kira begitu ya, berapa lamanya ya tergantung DPRD nya kalau bisa dalam hitungan kurang dari 3 bulan," kata dia.

3. Ajak ASN Bandung bekerja lebih baik

Yana Mulyana Terima Surat Mendagri Terkait Plt Wali Kota Bandung Gantikan Alm OdedIDN Times/Yogi Pasha

Di sisi lain, Ridwan Kamil meminta seluruh ASN di lingkup Bandung bisa bekerja lebih baik. Selain mendoakan, kerja dengan benar dan giat bisa mencerminkan bahwa kinerja Oded untuk memperbaiki birokasi bisa dirasakan masyarakat.

"Pelayanan publik jangan terputus. Tunjukkan ke warga bahwa birokrasi binaan Mang Dded ini bagus dalam melayani," ungkap Emil.

Menurutnya, untuk mencerminkan ASN mencintai pemimpinnya, maka kinerja di lapangan maupun di kantor harus dijalankan dengan baik. Dengan kebaikan ini harapannya pahala tersebut juga bisa sampai kepada pemimpinnya.

Baca Juga: Oded Wafat, Ridwan Kamil Beri Arahan dan Semangat PNS Pemkot Bandung

Baca Juga: Intip Gaji Novel Baswedan Cs usai Dilantik Jadi ASN Polri 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya