Comscore Tracker

Waspada Penyebaran Wabah PMK, Polisi Ikut Awasi Karantina Hewan Potong

Ribuan hewan ternak di Jabar sudah terinfeksi virus ini

Bandung, IDN Times - Kepolisi Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) ikut melakukan pengawasan pada karantina hewan ternak yang datang dari luar provinsi. Hal itu seiring dengan merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak seperti di Aceh dan Jawa Timur.

"Mengenai pembatasan ini tidak dilakukan karena sekarang kan konsen untuk dikarantina itu di Jawa Timur. Belum ada keputusan terkait dengan karantina, cuma kita akan mengawasi terkait distribusinya atau pengiriman ternak tersebut, itu pun konsentrasi polisi cuma berada pada pemeriksaan surat-suratnya saja," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo kepada wartawan, Jumat (13/5/2022).

Saat ini Polda Jabar sudah memberikan arahan ke Polres di Kabupaten/Kota agar ikut mengawasi peredaran hewan ternak.

1. Pengawasan hanya pemeriksaan kelengkapan surat hewan ternak

Waspada Penyebaran Wabah PMK, Polisi Ikut Awasi Karantina Hewan PotongPemeriksaan hewan kurban (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Ibrahim menyebut pengawasan yang dilakukan tersebut baru terbatas pada pemeriksaan kelengkapan surat bagi kendaraan yang membawa hewan ternak. Sementara itu, terkait pemeriksaan kesehatan hewan ternak, diserahkan pada institusi terkait di pemerintahan.

"Pemeriksaan di jalan juga akan dilakukan oleh kepolisian dengan memeriksa kelengkapan surat, tapi pemeriksaan kesehatan kita kembalikan kepada stakeholder yakni dinas peternakan," kata dia.

2. Ribuan hewan ternak di Jabar terinfeksi PMK

Waspada Penyebaran Wabah PMK, Polisi Ikut Awasi Karantina Hewan Potongilustrasi petugas menggunakan masker saat kurban Idul Adha. ANTARA FOTO/Siswowidodo

Ribuan hewan di tiga Kabupaten dan kota di Jawa Barat (Jabar) positif terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar memastikan bahwa penyakit itu tidak menular pada manusia.

Moh. Arifin Soedjayana, Kepala DKPP Jabar mengatakan, berdasarkan informasi yang didapatkan bahwa penyakit PMK yang menginfeksi hewan tidak akan menular pada manusia. Dengan begitu, masyarakat diminta untuk tetap tenang.

"PMK bukan Penyakit Zoonosis. Jadi tidak bisa menular dari hewan ke manusia, dan aman mengonsumsi produknya selama dimasak dengan benar," ujar Arifin, Kamis (12/5/2022).

3. DKPP Jabar telah buat biosecurity dan dekontaminasi

Waspada Penyebaran Wabah PMK, Polisi Ikut Awasi Karantina Hewan PotongIlustrasi aktivitas penjualan hewan kurban sebelum pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Arifin mengatakan, DKPP Jabar sudah aktif melakukan penelusuran dan pencegahan di sejumlah titik sejak Selasa (10/5/2022). Mereka juga mengklaim aktif menyebar informasi dan sosialisasi terkait PMK hingga vaksinasi dan pengobatan suportif pada beberapa hewan.

"Jadi DKPP Jabar telah membuat strategi tambahan, yaitu biosecurity dan dekontaminasi," ucapnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya