Comscore Tracker

Walkot Bandung Oded Bersyukur Hartanya Naik Selama Pandemik COVID-19 

Oded punya sampingan sebagai peternak sapi dan domba

Bandung, IDN Times - Harta pimpinan daerah Kota Bandung bertambah selama setahun terakhir dalam masa pandemik COVID-19. Kenaikan ini pun disyukuri Wali Kota Bandung Oded M Danial.

"Kalau ini rezekinya kan alhamdulillah bertambah. Kalau tidak bertambah itu tanda tanya," ujar Oded ditemui di Pendopo Bandung, Selasa (14/9/2021).

Menurutnya, kekayaan seseorang sangat wajar untuk bertambah setiap tahunnya. Termasuk pada pejabat daerah karena yang bersangkutan bisa saja memiliki lini usaha lain di luar jabatan sebagai wakil rakyat.

"Tinggal dilihat pertambahannya wajar atau tidak. Tapi jangan dibandingkan (antara pejabat daerah) karena setiap orang beda-beda dan mungkin ada usaha lain," kata dia.

1. Oded punya usaha ternak sapi hingga jualan rumput

Walkot Bandung Oded Bersyukur Hartanya Naik Selama Pandemik COVID-19 Humas Pemkot Bandung

Dia menuturkan, sejak 2010 sudah memulai usaha di bidang peternakan. Mulai dari sapi hingga domba dikelola anak buahnya.

"Waulaupun tidak banyak, cukuplah buat beli cengek (cabai). Kemudian ternak domba juga ada," kelakarnya kepada wartawan.

Selain itu, Oded juga mengaku kerap berjualan rumput. Ketika ternak yang dijalankannya kosong, maka rumput yang selama ini diberikan kepada ternak, diperjualbelikan kepada peternak lain.

2. Harta Oded bertambah Rp838 juta dalam setahun

Walkot Bandung Oded Bersyukur Hartanya Naik Selama Pandemik COVID-19 (Ilustrasi harta kekayaan) IDN Times/Sukma Sakti

Berdasarkan data LHKPN yang dihumpun KPK, data per 31 Desember 2020 memperlihatkan harta Oded bertambah Rp838 juta. Sementara per 31 Desember 2019 harta Oded hanya Rp116 juta. Pelaporan terakhir hartanya sekarang bertengger di Rp955 juta.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini memiliki 12 bidang tanah dan bangunan senilai Rp4,3 miliar, yang nilai appraisalnya naik menjadi Rp4,7 miliar pada tahun 2020. Selain itu Oded pun punya satu mobil Honda CRV senilai Rp400 juta. Kemudian kas setara kas Rp112 juta.

Namun, jumlah kekayaan yang tidak sebesar ini dikarenakan yang bersangkutan ternyata memilik hutang Rp4,2 miliar.

3. Yana Mulyana miliki kekayaan Rp6,3 miliar

Walkot Bandung Oded Bersyukur Hartanya Naik Selama Pandemik COVID-19 Wakil wakil Kota Bandung Yana Mulyana. IDN Times/Humas Bandung

Di sisi lain, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana memiliki kekayaan total Rp6,3 miliar. Harta sebanyak ini didapat dari tanah dan bangunan yang mencapai Rp5 miliar yang ada di Kota Bandung.

Selain itu dia juga memiliki kendaraan pribadi, mobil Toyota Fortuner seharga Rp175 juta, motor Harley Davidson Fatboy Rp350 juta. Selain itu ada pendapatan lainnya dan kas setara kas dengan total mencapai Rp8,1 miliar. Di sisi lain, dia pun memiliki hutang mencapai Rp1,7 miliar.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarnam emiliki total kekayaan Rp 4 miliar pada 2019. Hartanya naik menjadi Rp5,2 miliar satu tahun berikutnya, atau bertambah Rp1,4 miliar pada tahun 2020.

Bertambahnya harta kekayaan Ema berdasarkan kenaikan harga tiga obyek tanah dan bangunan yang dimilikinya. Semula pada tahun 2019 seharga Rp1,9 miliar, kemudian naik menjadi Rp2,8 miliar.

Baca Juga: Klaim Pasangan Oded-Yana 3 Tahun Pimpin Kota Bandung, Apakah Sukses?

Baca Juga: 3 Tahun Oded-Yana Pimpin Kota Bandung, Tak Ada Gebrakan Berarti

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya