Comscore Tracker

Wagub Uu Ruzhanul Pastikan Vaksin COVID-19 Tak Bergejala Negatif

Wagub Jabar dan sejumlah pejabat jalani vaksinasi tahap II

Bandung, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum telah mengikuti vaksinasi COVID-19 tahap II di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Dia mengikuti vaksinasi bersama Kapolda Jabar Ahmad Dofiri dan beberapa tokoh masyarakat.

Uu pun berharap vaksinasi tahap II ini tidak memberikan efek negatif ke badannya seperti pemberian vaksin COVID-19 yang pertama dua pekan lalu. Setelah pemberian vaksin, Uu tidak merasakan hal negatif seperti informasi yang tersebar di media sosial.

"Secara pribadi saya sudah divaksin yang pertama dan tidak ada gejala apapun. Saya juga tanya kepada mereka yang ikut divaksin ternyata tidak ada satupun yang merasakan gejala tidak diinginkan," ujar Uu dalam konferensi pers usai vaksinasi, Kamis (28/1/2021).

1. Jangan takut ketika harus menerima vaksin COVID-19

Wagub Uu Ruzhanul Pastikan Vaksin COVID-19 Tak Bergejala NegatifPetugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (18/12/2020). Simulasi tersebut dilaksanakan agar petugas kesehatan mengetahui proses penyuntikan vaksinasi COVID-19 yang direncanakan pada Maret 2021. ANTARA FOTO/Jojon

Dengan tidak adanya gejala dalam vaksinasi, Uu berharap warga Jabar yang mendapat jatah untuk mendapat vaksin COVID-19 tidak takut. Karena selama ini belum ada informasi penerima vaksin mendapat gejala negatif.

Vaksinasi pun, lanjut Uu, merupakan ikhtiar dari pemerintah untuk memutus rantai pandemik COVID-19. Selama ini seluruh pihak telah coba melaksanakan protokol kesehatan dengan 3M. Selain itu di sisi pemerintah melakukan 3T.

"Jadi sekarang ikhtiarnya ditambah dengan pemberian vaksin," paparnya.

2. Jangan menakut-nakuti warga lain dengan informasi hoaks tentang vaksin

Wagub Uu Ruzhanul Pastikan Vaksin COVID-19 Tak Bergejala NegatifIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Mantan Bupati Tasikmalaya ini pun meminta masyarakat tidak menyebarkan informas palsu menengai vaksinasi yang disebut memberikan gejala negatif. Menurutnya, informasi palsu tersebut bisa menjadi penghambat pemerintah saat berperang dengan wabah COVID-19.

"Mohon dihentikan (memberikan infromasi palsu). Kita bisa merasakan dengan adanya cona ini pandemik, PSBB membuat ekonomi kita anjlok," kata dia.

3. Pembagian vaksin sudah dilakukan di seluruh daerah

Wagub Uu Ruzhanul Pastikan Vaksin COVID-19 Tak Bergejala NegatifVaksin COVID-19 Tahap 3 telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (12/1/2021) (IDN Times/Maya Aulia)

Uu menegaskan saat ini pembagian vaksin sudah dilakukan ke seluruh daerah di 27 kabupaten/kota se-Jabar. Jika ada keterlambatan itu hanya masalah dari sektor transportasi semata. Dia memastikan mulai hari ini setiap daerah akan mulai melakukan vaksinasi baik yang tahap I maupun tahap II.

"Kalau ada daerah yang belum menerima vaksin pasti segera dikirim," pungkasnya.

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya