Comscore Tracker

Tahapan Pemilu Ketua Alumni ITB Molor, Timses Calon Layangkan Protes

Ada 7 calon yang protes tahapan pemilu IA-ITB

Bandung, IDN Times - Tahapan pelaksanaan Pemilu Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) 2021 molor. Jadwal pendaftaran daftar pemilih tetap (DPT) yang seharusnya sudah dimulai sejak 19 Februari 2021 lalu hingga saat ini belum siap dilaksanakan.

Andi Wahyudi, salah satu anggota tim sukses (timses) calon ketua IA-ITB menuturkan, dia sudah mencoba mengakses laman https://ivoting.iaitb.or.id/, pada Senin (8/3/2021) jam 10.54 WIB. Namun setelah dicoba tidak bisa masuk dan ada tulisan bahwa laman sedang dalam perbaikan.

"Di situ hanya tertulis, “Be right back. Maintenance. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, kami sedang melakukan maintenance untuk meningkatkan keandalan sistem," ujar dia.

Dia menuturkan, sudah mempertanyakan molornya tahapan pemilu IA-ITB ini, tapi belum juga ada penjelasan detail dari panitia pelaksana.

1. Layangkan surat pernyataan bersama

Tahapan Pemilu Ketua Alumni ITB Molor, Timses Calon Layangkan ProtesIDN Times/Istimewa

Andi menuturkan, selain di sosial media persoalan ini sudah diperdebatkan para timses setiap calon. Bahkan, mereka sudah melayangkan surat pernyataan bersama kepada panitia pelaksana pemilu IA-ITB terkait permintaan penjelasan mengenai tahapan pemilu yang tidak sesuai jadwal dari yang telah disepakati sebelumnya.

Waktu pendaftaran DPT yang sudah bergeser dari rencana awal yang ditetapkan, kata mereka, membuat rentang waktu pendaftaran semakin berkurang. Sementara pemilihan akan dilakukan pada 27 Maret 2021.

"Dari delapan calon kandidat, hanya tujuh tim sukses yang menandatangani surat pernyataan bersama ini. Satu tim sukses yang tidak hadir dan tidak menandatangani pernyataan tersebut adalah dari calon nomor urut 3, Gembong Primadjaja," ujar Andi.

2. Ini delapan poin yang disampikan para timses

Tahapan Pemilu Ketua Alumni ITB Molor, Timses Calon Layangkan ProtesIDN Times/Debbie Sutrisno

Berikut isi surat pernyataan bersama para Timses Calon Ketua Umum IA-ITB 2021-2025:

1. Perlunya dilakukan validitas dan penyempurnaan master database yang digunakan sebagai referensi utama dalam proses registrasi alumni.

2. Menampilkan tabel master data alumni meliputi nama, jurusan, angkatan dan strata Pendidikan yang diikuti di ITB secara lengkap, transparan dan terbuka melalui media publikasi Pemilu IA-ITB yang resmi (website, media sosial dan media publikasi resmi lainnya yang digunakan).

3. Panitia Pelaksana Pemilu IA-ITB mengeluarkan surat pernyataan dalam menjamin keamanan dan kerahasiaan data alumni ITB yang mengikuti proses registrasi Pemilu dan ditampilkan secara terbuka melalui semua media publikasi Pemilu IA ITB yang resmi (website, media sosial dan media publikasi resmi lainnya yang digunakan).

4. Melakukan penyempurnaan mekanisme verifikasi ,yaitu:
- Proses verifikasi manual dilakukan secara bersama dengan melibatkan perwakilan tim sukses masing-masing kandidat Ketua Umum IA ITB.
- Proses verifikasi race Recognition dan Liveness perlu dilakukan dengan tetap memperhatikan aspek-aspek data pendukung berdasarkan Data Dukcapil dan master data alumni.

5. Melaksanakan proses approval final UAT secara bersama-sama antara panitia pelaksana Pemilu, tim Auditor Internal dan seluruh timses kandidat Ketua Umum IA-ITB.

6. Melaksanakan dengan segera proses pengujian sistem i-vote dan penetapan mekanisme voting yang akan digunakan dalam Pemilu IA-ITB 2021 dan memastikan sistem bekerja dengan prinsip-prinsip jujur dan adil dalam proses pelaksanaannya.

7. Meminta dilaksanakannya rentang waktu pendaftaran yang cukup (30 hari) dan memundurkan penutupan pendaftaran DPT dan Voting Pemilu IA-ITB.

8. Meminta seluruh jadwal dan tahapan kegiatan Pemilu IA ITB dilakukan dengan kesepakatan bersama dan dituangkan dalam Berita Acara yang ditandatangani bersama oleh Panitia Kongres Pemilu IA-ITB dan seluruh Perwakilan Kandidat Ketua Umum IA-ITB.

Pernyataan bersama ini ditandatangani oleh Timses nomor urut 1 Andi Wahyudi, Timses nomor urut 2 Achmad Syarbini, Timses nomor urut 4 Dodong Cahyono, Timses nomor urut 5 Ahmad Arafat Aminullah, Timses nomor urut 6 Barick dan Titus Deus Prizfelix, Timses nomor urut 7 Noudie de Jong dan Timses nomor urut 8 Irfani Priananda.

3. Panitia masih melakukan finalisasi DPT

Tahapan Pemilu Ketua Alumni ITB Molor, Timses Calon Layangkan ProtesSekjen IA-ITB, IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Sekretaris Jenderal IA-ITB Bernandus Djonoputro menuturkan, panitia tengah melakukan persiapan terakhir dalam memilih Ketua IA-ITB yang baru. Rencananya pemilihan akan dihelat pada 27 Maret mendatang secara daring dan ada delapan kandidat yang berniat menjadi Ketua Umum IA-ITB.

"Kami lakukan persiapan akhir, penyusunan dan finalisasi DPT dan bekerja dengan delapan tim sukses dari calon ketua umum, memverifikasi data dan menyiapkan kebutuhan pemilihan ketua IA-ITB," katanya.

4. Berharap pemilih lebih dari 15 ribu alumni

Tahapan Pemilu Ketua Alumni ITB Molor, Timses Calon Layangkan Protesstudentworldonline.com

Ia mengatakan, ada 130 ribu alumni ITB dari berbagai angkatan. Namun, untuk pemilihan nanti calon pemilih harus mendaftarkan diri. "Pemilih hanya yang terdata, pemilihan lewat online, ini akan menjadi contoh bagi nasional bagaimana pemilihan online yang baik," katanya.

"Kalau lima tahun yang lalu ada 15 ribu yang memilih, tapi jumlah ini sepertinya akan meningkat, sebelumnya pernah 11 ribu dan diharapkan bisa meningkat lagi," pungkasnya.

Baca Juga: Pemilihan Ketua Ikatan Alumni Tak Terganggu Konflik GAR dan KAPPAK ITB

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya