Comscore Tracker

Sekda Bandung Ajak Warga Pelihara Taman sebagai Paru-paru Kota

Perbaikan fasilitas taman dilakukan untuk kenyamanan warga

Bandung, IDN Times - Sekretaris Kota Bandung Ema Sumarna mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama memelihara dan menjaga kelestarian taman hutan kota. Sebab, keindahan dan kelestarian taman hutan ini mampu manjadi paru-paru kota di Bandung.

Untuk memastikan kondisi taman kota, Ema melakukan pemantauan langsung di tiga lokasi yakni Taman Babakan Siliwangi, Pet Park, dan Taman Tegallega. Menurutnya, taman kota yang memiliki luas wilayah yang relatif kecil, masih terpelihara dengan baik.

Ema mengaku, dari pantauannya pemerliharaan taman sudah berjalan dengan baik. Meski demikian perlu dukungan semua pihak agar taman ini tetap terpelihara dan tertata rapi.

“Taman ini (Tegalelag) merupakan aset yang luar biasa. Sangat ikonik sebagai penguat ciri Bandung sebagai destinasi wisata kota,” ucapnya.

1. Berbagai fasilitas terus dibenahi agar nyaman digunakan warga

Sekda Bandung Ajak Warga Pelihara Taman sebagai Paru-paru KotaIDN Times/Humas Bandung

Menurutnya, berbagai upaya pemeliharaan juga dilakukan oleh Pemkot Bandung di taman-taman yang ada. Seperti di Taman Babakan Siliwangi, Ema berharap, ke depannya seluruh fasilitas yang mendukung kenyamanan pengunjung ke taman ini bisa ditingkatkan.

“Sudah kami instruksikan kepada dinas terkait untuk memaksimalkan lagi fasilitas di sini. Mulai dari genangan air (untuk dibenahi), dan juga lampu penerangan untuk direaktivasi lagi,” katanya.

2. Saat ini banyak taman di Bandung sudah terawat

Sekda Bandung Ajak Warga Pelihara Taman sebagai Paru-paru KotaSuasana Taman Cattleya. (IDN Times/Aditya Pratama)

Ema menyebutkan, taman kota yang memiliki luas wilayah yang relatif kecil, masih terpelihara dengan baik. Dengan berbagai keterbatasan Pemkot Bandung, atensi untuk pemeliharaan kawasan ini tetap dilakukan.

Ia menyebut, pemeliharaan taman di Kota Bandung bergantung pada aspek taman itu sendiri. Mulai dari luas wilayah, hingga fasilitas di dalamnya.

Ema mencontohkan, kondisi Taman Tegallega yang memiliki luas 17 hektare. Taman Tegallega memerlukan daya dukung yang juga kuat.

“Tegallega itu luasnya 17 hektar. Jadi perlu daya dukung yang besar juga. Namun. Taman-taman lain yang jadi aksesoris kota, saya rasa semua dipelihara secara baik,” katanya.

3. Taman tingkatkan indeks kebahagiaan warga

Sekda Bandung Ajak Warga Pelihara Taman sebagai Paru-paru Kotailustrasi perempuan bahagia (pexels.com/Miguel Arcanjo Sadd)

Selain itu, Ema mengatakan, kehadiran taman sebagai aspek penting di Kota Bandung. Kehadiran taman ini merupakan upaya meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Kota Bandung.

“Seperti di Taman Tegallega. Dengan fasilitas yang relatif murah, ini bagian yang penting untuk masyarakat Kota Bandung (yang ingin berwisata),” tutur Ema.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya