SAR Fokus di Tiga Titik Cari 14 Korban Hilang Pascagempa Cianjur  

Cuaca hujan dan gempa susulan persulit pencarian korban

Bandung, IDN Times - Memasuki hari ke-7 pascagempa di Cianjur, tim SAR Gabungan masih melakukan pencarian terhadap 14 orang hilang yang diduga ikut terdampak longsor.

Kepala Kantor SAR Bandung Jumaril mengatakan, tim SAR gabungan mulai melanjutkan pencarian terhadap 14 warga yang hilang. Adapun area pencarian tetap dibagi menjadi 3 titik pencarian yaitu di titik Warung Sate Shinta, Cijedil dan Kampung Cicadas yang dilaporkan masih ada laporan warga yang hilang.

"Starategi yang dilakukan yaitu dengan memaksimalkan seluruh personel yang ada baik internal Basarnas ataupun potensi SAR atau relawan, selain itu juga tim masih memberdayakan anjing pelacak untuk melakukan deteksi di tempat tempat yang dicurigai ada korban," kata dia melalui siaran pers, Minggu (27/11/2022).

Selain kedua strategi tersebut, tim SAR gabungan juga diharapkan bisa memaksimalkan alkon dan alat berat pada operasi kali ini sehingga dapat mengevakuasi 14 warga yang masih dinyatakan hilang.

Adapun kendala yang dihadapi tim selama 6 hari melaksanakan pencarian di lokasi yaitu terkait cuaca di lapangan serta gempa susulan masih terjadi sehingga riskan dan perlu hati hati.

"Basarnas sudah menempatkan safety officer di setiap site-nya untuk memantau pergerakan yang sekiranya membahayakan tim SAR Gabungan," ujar Jumaril.

Dia pun telah menghimbau kepada seluruh tim SAR gabungan untuk memperhatikan kondisi fisik, jika sudah lelah agar beristirahat, kita didukung oleh tim medis baik dokter atau perawat bagi seluruh tim SAR yang poskonya berada di posko SAR gabungan.

Baca Juga: Dalam Sehari Terjadi 23 Gempa Susulan di Cianjur

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya