Rusuh Arema vs Persebaya, PT LIB Hentikan Kompetisi?

Laga Persib vs Persija di Stadion GBLA ikut ditunda?

Bandung, IDN Times - PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menghentikan Liga Indonesia sepekan ke depan pascakerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/10/2022) malam. Lalu bagaimana dengan laga Persib melawan Persija sore ini?

Head Of Communications Persib, Adhi Pratama hingga saat ini belum memastikan apakah laga Persib melawan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dihentikan atau tidak. Pihaknya masih berkoordonasi dengan PT LIB hingga kepolisian.

"Dari Persib masih menunggu update," kata dia, Minggu(2/10/2022).

Dari pihak kepolisian, Kabid Humas Polda Jabae Kombes Pol Ibrahim Tompo menyebut masih menunggu informasi lanjutan dari panitia penyelenggara, kedua tim dan PSSI.

1. Kerusuhan di Malang akibatkan 127 suporter meninggal dunia

Rusuh Arema vs Persebaya, PT LIB Hentikan Kompetisi?Kericuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan pasca laga Arema FC kontra Persebaya. IDN Times/Alfi Ramadana

Sebelumnya, peristiwa memilukan terjadi pada pekan ke-11 BRI Liga 1 2022/2023. Tepatnya pada pertandingan yang mempertemukan Arema FC versus Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (01/10).

Usai pertandingan, terjadi keributan massal. Beberapa fasilitas yang ada di dalam stadion mengalami kerusakan parah. Diinformasikan juga ada korban meninggal dunia yang jumlahnya sampai saat ini masih dalam konfirmasi. 

2. PSSI lakukan investigasi

Rusuh Arema vs Persebaya, PT LIB Hentikan Kompetisi?Logo PSSI. (Website/pssi.org)

Terkait hal itu, sebagai operator kompetisi BRI Liga 1 2022/2023, PT Liga Indonesia Baru (LIB) langsung bersikap. “Kami prihatin dan sangat menyesalkan peristiwa tersebut. Kami ikut berdukacita dan semoga ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua,” sebut Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, Minggu dini hari (02/10).

Lebih lanjut, Akhmad Hadian Lukita juga menegaskan bahwa pihaknya memutuskan bahwa kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 dihentikan selama sepekan. “Keputusan tersebut kami umumkan setelah kami mendapatkan arahan dari Ketua Umum PSSI. Ini kami lakukan untuk menghormati semuanya dan sambil menunggu proses investigasi dari PSSI,” jelasnya.

3. Aremania kesal usai timnya kalah dari Persebaya

Rusuh Arema vs Persebaya, PT LIB Hentikan Kompetisi?Uston Nawawi dan Bejo Sugiantoro mendampingi Aji Santoso (tengah) dalam sesi Persebaya di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Senin (4/11) sore. Dok. Istimewa (Persebaya.id)

Kericuhan terjadi usai laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya membuat suasana Stadion Kanjuruhan memanas. Suporter yang kecewa setelah Arema FC mengalami kekalahan atas Persebaya Surabaya mencoba merangsek masuk ke lapangan. Mereka meluapkan kekesalan kepada tim Singo Edan yang gagal meraih kemenangan. 

Aksi para suporter tersebut mendapat halauan dari petugas keamanan. Kondisi tersebut membuat situasi seketika menjadi kacau.

Alhasil, puluhan suporter yang terkena gas air mata mengalami sesak nafas dan pedih pada mata. Tak sedikit pula yang pingsan dan harus mendapat pertolongan medis. Bahkan ada laporan korban meninggal dunia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya