Ridwan Kamil Beri Kesaksian atas Kiprah dan Semangat Hidup Emmeril

Keluarga Ridwan Kamil telah ikhlaskan kepergian Emmeril Kahn

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menggunggah sebuah video dalam akun Instagram pribadinya. Unggahan tersebut menjabarkan mengenai kesaksian dia terhadap sosok anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz.

Dalam video berdurasi 4 menit 58 detik, Ridwan Kamil memperlihatkan potongan-potongan kegiatan Emmeril baik ketika naik motor bersama ibunya, Atalia, atau ketika melakukan aktivitas berbagi makanan.

"Ijinkan saya selaku ayahanda Eril, untuk memberi kesaksian atas kiprah dan semangat hidupnya selama ini. Saya tahu betul, Eril jika masih ada, pasti tidak terlalu senang jika amal atau kebaikannya diceritakan. Namun sesuai saran ulama, ini adalah kewajiban saya selaku ayah, dan ini adalah hak dari Eril yang sudah berpulang yang wajib ditunaikan," ujar Ridwan Kamil dalam unggahan tersebut, Minggu (5/6/2022) malam.

Unggahan ini pula, lanjut Ridwan Kamil, menjadi alasan yang membuat dia dan keluarga sangat mengikhlaskan kepergian Emmeril.

"Semoga berkenan dan semoga semua bisa memetik hikmahnya. Jazakallah. Hatur Nuhun.

Berikut tulisan kesaksian Ridwan Kamil atas anak sulungnya yang hanyut terbawa arus ketika berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, 26 Mei 2022.

Ridwan Kamil Beri Kesaksian atas Kiprah dan Semangat Hidup EmmerilRidwan Kamil

KAPAN KITA PULANG?

Kisah tentang Eril, anak lelaki kesayangan kami, hakekatnya adalah cerita tentang kita semua. Hakekat bahwa semua dari kita, pasti akan pulang. Dengan waktu, tempat dan cara yang kita tidak akan pernah selalu tahu.

Hidup di dunia ini sesungguhnya adalah tentang perjalanan bukan tujuan. Dan seperti cerita setiap perjalanan, kisah selalu dimulai dari sebuah titik awal. Dan kisah akan selesai di sebuah titik akhir. Dan untuk setiap yang datang, pasti akan ada saatnya untuk kembali pulang.

Agar perjalanan selamat, maka petunjuk jalan dan bekalnya harus kita siapkan. Petunjuk jalan adalah keimanan. Bekal perjalanan adalah anfauhum linnas, yaitu tas berisi pahala amal-amal kebaikan kita.
Itulah hakekat cerita Ananda Eril.

Kami sekeluarga sudah mengikhlaskan, bahwa sesungguhnya ia sudah selesai dengan perjalanannya. Paripurna hidupnya dengan segala amalannya. Ia berpulang kepada pemilik sesungguhnya sesuai jadwalnya.
Jadwal yang sudah tertulis di kitab takdir Allah yaitu di  Lauhul Mahfudz.

Seandainya kami bisa bertukar tempat. Seandainya. Pastilah itu yang setiap orangtua akan lakukan. Namun logika manusia tidak sama dengan ketetapan takdir. Dan jika terdengar cucuran tangis ibunya setiap malam dan raungan tak bersuara ayahnya, itu semata karena hati kami hancur berkeping-keping.
Saat ini kami sedang menggapai tali keimanan dan keikhlasan, agar bisa memandu kami beradaptasi terhadap takdir ini.

Kami meyakini, sesungguhnya ada dua cara menilai panjang pendeknya umur manusia. Yang pertama, menilai dengan panjangnya umur biologis yang dihitung dengan bulan atau tahun. Itu kebiasaan kita. Namun ada cara kedua, yaitu menghitung berapa panjangnya, lamanya dan besarnya amal kebaikannya saat ia hidup di dunia fana ini.

Ananda Emmeril Kahn Mumtadz, mungkin umur biologisnya hanya 23 tahun, namun dengan luasnya amal kebaikannya, Insya Allah sungguh ia pergi dalam panjang umur.
la lahir 25 Juni 1999 di New York, dan berpulang di Bern 24 Mei 2022, saat ia dalam misi berikhtiar mencari sekolah S2.

Tidaklah penting kita lahir dan pulang di mana. Karena sesungguhnya semua tempat di dunia ini adalah bumi Allah SWT.
Eril, kamu niatnya pergi mencari ilmu dan pelajaran, malah akhirnya, kamulah yang memberikan ilmu dan pelajaran kepada kami semua.

Dear Eril, ayahmu ini baru tahu, bukan hanya ratusan atau ribuan tapi jutaan yang mendoakanmu RiIl. Dari anak-anak yatim di desa-desa, tukang ojek dan becak di belokan jalan kota Isampai ulama-ulama di Palestina. Dari mereka yang dekat dengan hatimu sampai mereka yang sama sekali tidak mengenalmu.

Mungkinkah ini karena kebaikanmu membelikan baju lebaran kepada anak-anak yaitim itu. Atau karena kebaikanmu ngasih thr dari uangmu sendiri ke satpam-satpam itu ril?

Mungkinkah ini pahala kesabaranmu, saat tidak semua maumu kami berikan walau kami mampu, sehingga kamu harus bekerja sambilan sambil kuliah Ril? Mungkinkah ini balasan dari doa-doa malammu dan akhlak muliamu yang selalu menebar senyum penuh radiasi bahagia itu Ril?

Mungkinkah ini buah dari saat kamu hujan-hujan , memimpin anak-anak muda membagikan sedekah kepada panti asuhan dan duafa-duafa tua itu Ril?

Mungkinkah ini buah dari saat kamu hujan-hujan memimpin anak-anak muda membagikan sedekah kepada panti asuhan dan duafa-duafa tua itu Ril?

Mungkinkah ini berkah dari kebaikanmu selalu melindungi sesama manusia di sekelilingmu Ril? Bahkan di saat kejadian itu, kamu selamatkan ibumu dengan melarangnya masuk ke sungai dan kamu relakan pelampung itu untuk adikmu.

Kamu sejatinya adalah pahlawan.

Sungguh, kamu diam-diam ternyata sudah menyiapkan bekal untuk perjalanan pulang itu Ril. Masya Allah.
Dan tenanglah dimanapun kamu berada Ril, sesungguhnya Ridhallahu fi ridhawalidain. Ridha Allah akan menyertaimu sekarang, karena kami kedua orangtuamu sudah ikhlas dan ridha melepas kepulanganmu.

Walau suatu saat nanti kami ingin berseru “Allahu Akbar!", jika suatu hari Allah ijinkan pertemukan kami dengan jasadmu.

Jika ada dosa dari kami selama ini, kami memohon maaf kepadamu atas segala kekurangan kami, demikian pula sebaliknya. Apapun itu. Agar kamu tenang bersamaNYA.

Teriring doa kami di setiap helaan napas dan tetes air mata ini untukmu anakku.

Sungai Aare akan terang benderang, karena jutaan doa-doa ini akan menjadi cahaya yang menerangi ketenangan tempatmu sekarang RIil.

Sampai kita berjumpa lagi, saat kamu bukakan pintu gerbang itu.

JADI KAPAN KITA PULANG?

Kita tidak akan pernah tahu.
Namun jika panggilan pulang itu datang, pastikan bekal itu cukup. Bern, Swiss

2 Juni 2022
Ridwan Kamil.
A proud father of Emmeril Kahn Mumtadz 

Baca Juga: Dinyatakan Wafat, 15 Potret Kenangan  Emmeril Kahn Sejak Kecil

Baca Juga: Ratusan Ucapan Duka Cita Wafatnya Emmeril Terpampang di Gedung Pakuan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya