Comscore Tracker

PPKM Level 3, Bioskop di Kota Bandung Belum Ada yang Buka

Pembukaan tunggu arahan Pemkot Bandung

Bandung, IDN Times - Pemerintah pusat telah memberikan relaksasi untuk bioskop bisa beroperasi di daerah yang masuk kategori level 2 dan level 3 dalam pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Di Kota Bandung, sejumlah bioskop belum buka karena masih menunggu arahan pemerintah kota (Pemkot).

Wali Kota Bandung Oded M Danial menuturkan, sudah mendapat informasi mengenai relaksasi tempat nonton film tersebut. Namun, pembukaan bioskop tidak bisa serta merta langsung dilakukan.

"Ya kami belum ada evaluasi lagi. Yang saya tandatangani (peraturan wali kota) masih yang kemarin sampai sekarang. Nah ini akan saya sikapi lagi," ujar Oded, Selasa (14/9/2021).

1. Pelajari dulu kondisi COVID-19 di Bandung

PPKM Level 3, Bioskop di Kota Bandung Belum Ada yang BukaIlustrasi. Bioskop di Jakarta mulai dibuka pada Rabu (21/10/2929) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Penundaan pembukaan, lanjut Oded, bukan karena dia tidak mengikuti arahan pemerintah pusat. Harus ada kajian dan dipelajari oleh seksama termasuk dinas terkait agar pembukaan bioskop tidak membuat kasus penyebaran virus corona meningkat kembali di Kota Kembang.

"Ya nanti saya belum dapat masukan dari staf. Ini mereka yang paham," papar Oded.

2. Kapasitas bioskop hanya 50 persen

PPKM Level 3, Bioskop di Kota Bandung Belum Ada yang BukaPekerja memasang tanda jaga jarak saat simulasi pembukaan tempat hiburan bioskop New Star Cineplex di Ciamis Mall (Ci Mall), Ciamis, Jawa Barat, Rabu (2/12/2020) (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Kemarin, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, bioskop di wilayah dengan status PPKM Level 2 dan 3 boleh buka kembali.

Luhut mengatakan, bioskop boleh buka dengan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen.

"Ada beberapa penyesuaian dan juga pengetatan aktivitas masyarakat yang bisa dilakukan dalam periode minggu ini, antara lain pertama pembukaan bioskop dengan kapasitas maksimal 50 persen pada kota-kota level 3 dan level 2," ucap Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (13/9/2021).

Selain itu, wilayah dengan status PPKM Level 2 dan 3 itu juga harus masuk dalam kategori hijau untuk bisa membuka bioskop.

"Hanya kategori hijau yang dapat buka bioskop," tutur Luhut.

3. Gunakan aplikasi PeduliLindungi

PPKM Level 3, Bioskop di Kota Bandung Belum Ada yang BukaPengunjung Solo Grand Mall melakukan scan barcode peduli lindungi. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut, dia mengatakan, pengelola bioskop wajib menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi kepada pengunjung. "Namun, dengan kewajiban menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan protokol kesehatan yang ketat," kata dia.

Dalam kesempatan itu juga, Luhut mengatakan, kawasan industri harus menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Untuk itu, pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk mengawal penerapan PeduliLindungi.

"Jadi Kementerian Perindustrian, Perdagangan dan semua kita ajak bersama-sama untuk atasi ini," ucap Luhut.

Secara keseluruhan, keputusan tersebut dibuat pemerintah karena melihat perkembangan situasi COVID-19 nasional yang terus membaik.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya