Polda Jabar Imbau Pemudik Pakai Sepeda Motor Tak Bawa Muatan Berlebih

Jangan sampai mudik pakai motor bahayakan orang lain

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat mengimbau para pemudik yang akan mengendarai sepeda motor agar tak membawa muatan berlebihan saat mudik Lebaran 1443 Hijriah.

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, muatan yang dimaksud yakni baik penumpang maupun barang. Ketika muatan yang dibawa berlebihan dikhawatirkan jadi pemicu hal berbahaya dalam perjalanan.

"Muatannya jangan terlalu banyak, baik orang maupun barang yang dimuatnya," kata Ibrahim di Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022).

1. Kendaraan bermuatan lebih bisa berbahaya pada keselamatan pengendara lain

Polda Jabar Imbau Pemudik Pakai Sepeda Motor Tak Bawa Muatan BerlebihIlustasi. (ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar).

Menurutnya pengguna jalan, khususnya pengendara motor perlu mewaspadai bahaya ketika muatan berlebihan. Musababnya, bukan hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga membahayakan pengendara lain.

"Kemudian pada saat berjalan, sangat hati-hati dan waspada dengan kendaraan lain," kata dia.

Ia pun meminta kepada masyarakat yang akan mudik menggunakan sepeda motor agar mempersiapkan kendaraannya. Sebab tak jarang pemudik sepeda motor juga memiliki tujuan dengan jarak yang cukup jauh.

2. Ada tiga jalur arteri yang bisa digunakan pemudik dari Jabar

Polda Jabar Imbau Pemudik Pakai Sepeda Motor Tak Bawa Muatan Berlebihpotret jalur pansela Jawa (instagram.com/medcomid)

Para pemudik sepeda motor, menurutnya hanya bisa menggunakan jalur arteri pada umumnya. Di Jawa Barat, kata dia, ada tiga jalur arteri untuk arus mudik yakni jalur utara, jalur tengah, dan jalur selatan.

Sehingga, kata dia, para pemudik yang menggunakan jalur arteri tidak akan terkena kebijakan ganjil-genap atau one way. Karena rekayasa lalu lintas akan menyesuaikan dengan kondisi arus di lapangan.

"Pemudik juga bisa beristirahat di pos-pos rest area yang tersedia di sejumlah titik jalur mudik di Jawa Barat," kata Ibrahim.

3. Sekitar 40 juta pemudik bakal gunakan jalur darat

Polda Jabar Imbau Pemudik Pakai Sepeda Motor Tak Bawa Muatan BerlebihIDN Times/Aris Darussalam

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengungkapkan bahwa jumlah pemudik lebaran 2022 mencapai 85,5 juta. Sebanyak 47 persennya bakal menggunakan jalur darat. 

“Artinya ada angka istimewa di sana,” kata dia dalam press conference mengenai pengaturan lalu lintas pada masa Angkutan Lebaran 2022/1443 Hijriah secara daring, Kamis (21/4/2022).

Sementara itu, ada 23 kendaraan roda empat dan 17 juta sepeda motor selama arus mudik 2022. Hal yang harus diupayakan untuk menampung jumlah kendaraan yang ada adalah dengan mempertimbangkan rasio kemacetan harus berada di bawah angka satu.

Angka jumlah 23 juta kendaraan di jalan tol, ada di rasio 1,8 hingga 1,9 artinya kendaraan dalam keadaan tidak bisa bergerak.

Inilah yang jadi pertimbangan sehingga kapasitas jalan akan ditambah dan mengurangi jumlah volume kendaraan di jalan.

“Tujuannya apa, kelancaran lalu lintas itu sendiri,” kata dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya