Pertamina Bandung Siapkan 10 Posko Pendaftaran Manual MyPertalite

Penerapan pembelian pertalite lewat QR Code belum berlaku

Bandung, IDN Times - PT Pertamina telah mengimbau masyarakat untuk mendaftar di laman MyPertamina untuk mendapatkan kode batang (QR Code). Nantinya QR Code tersebut bisa digunakan untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite dan solar.

Sales Area Manager PT Pertamina Patra Niaga Area Retail Bandung Fachrizal Imaduddin menuturkan, bagi konsumen yang tidak bisa mengisi data tersebut di ponsel sendiri, bisa datang ke posko yang disediakan PT Pertamina. Sebanyak 10 posko yang disebar di wilayah Jawa Barat dipasang untuk menampung keluhan masyarakat.

"Bagi yang bingung dan butuh konsultasi kami membuat booth posko pendaftaran dan ada materi komunikasi di seluruh SPBU di Kota Bandung, Tasikmalaya, dan Sukabumi," kata Fachrizal ditemui di Bandung, Jumat (1/7/2022).

1. Masyarakat diimbau tidak panik

Pertamina Bandung Siapkan 10 Posko Pendaftaran Manual MyPertaliteIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Fachrizal, sejauh ini banyak masyarakat yang mengeluhkan aturan baru pembelian BBM bersubsidi. Bahkan karena aturan itu, sempat terjadi antrean kendaraan di SPBU beberapa hari sebelum aturan diterapkan.

Dia meminta masyarakat untuk tetap tenang merespons aturan baru tersebut. Penerapan aturan tersebut tidak dilakukan per hari ini.

"Warga Jabar untuk program 1 Juli adalah kami melakukan pendaftaran, tidak ada mekanisme pembatasan, tidak ada mekanisme apapun. Silakan warga tetap tenang melakukan pembelian BBM di SPBU dengan normal," jelasnya.

2. Aturan baru untuk pendistribusian BBM bersubdisi yang tepat sasaran

Pertamina Bandung Siapkan 10 Posko Pendaftaran Manual MyPertalitePertalite. (Dok. Pertamina)

Menurutnya, aturan baru itu dilatarbelakangi pemerintah melalui Pertamina supaya penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran.

Maka dari itu, masyarakat diminta mendaftar melalui aplikasi atau website MyPertamina hingga batas waktu yang tentukan.

"Melalui Pertamina Id itu untuk bisa melindungi subsidi bagi konsumen yang berhak. Maka saya mengajak kepada seluruh pengguna Pertalite dan Bio Solar yang berhak, silakan melakukan pendaftaran di website," ujarnya.

3. Kebijakan ini hanya berlaku untuk mobil

Pertamina Bandung Siapkan 10 Posko Pendaftaran Manual MyPertaliteIDN Times/Debbie Sutrisno

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung menyebut pengendara sepeda motor tak perlu menggunakan aplikasi MyPertamina saat hendak mengisi Pertalite di SPBU.

Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan penerapan aplikasi MyPertamina untuk membeli BBM bersubsidi hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda empat, sehingga pengendara motor masih bisa membeli Pertalite seperti biasanya.

"Ini hanya berlaku untuk kendaraan roda empat, kalau motor langsung aja beli tidak perlu daftar," kata Elly di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Menurutnya kendaraan roda empat pun tidak musti mengunduh MyPertamina. Hanya saja kendaraan roda empat harus melakukan pendaftaran ke laman subsiditepatmypertamina.id untuk pembelian Pertalite atau Solar.

"Roda empat hanya mendaftar tidak perlu instal aplikasi di web subsiditepat mypertamina.id. Pindainya pakai barcode," kata dia.

Dia menjelaskan penerapan kebijakan baru itu dilakukan agar penyaluran BBM bersubsidi bisa tepat sasaran. Seperti diketahui Pertalite dan Solar merupakan BBM yang mendapat subsidi dari pemerintah.

Adapun Pertamina bakal menguji coba kebijakan pembelian BBM baru itu di empat kota di Jawa Barat. Empat kota itu antara lain Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Ciamis.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya