Peringati Kemerdekaan RI, SBM ITB Buka Beasiswa untuk 30 Siswa

Wah lumayan nih bisa kuliah di SBM

Bandung, IDN Times - Memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, SBM ITB memberikan 30 beasiswa bagi lulusan SMA/SMK berpotensi tapi kurang beruntung (underprivileged) untuk mengikuti program mini SBM.

Program yang telah disiapkan sejak awal tahun ini bekerja sama dengan beberapa pihak, termasuk TACO yang terlibat dari fase perencanaan desain pembelajaran hingga memberikan akses untuk mendapatkan kesempatan magang dan berkarir di TACO.

Dosen pakar pengembangan kepemimpinan SBM ITB, Donald Lantau menuturkan, akses pendidikan berkualitas dunia seperti yang dimilliki oleh SBM ITB harus bisa dinikmati oleh semua, jangan sampai akses ini dibatasi oleh faktor ekonomi, geografis, dan sosial.

Selama ini ada sekitar empat juta lulusan SMA/SMK tiap tahunnya, tapi tidak sampai 2 juta remaja yang bisa melanjutkan kuliah.

"Melalui program free mini SBM ini SBM ITB ingin memberikan solusi agar mereka mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan tingkat perekonomian dan kehidupan yang lebih baik," ungkap Donald melalui siaran pers, Rabu (16/7/2023).

1. Beasiswa dilakukan selama setahun

Peringati Kemerdekaan RI, SBM ITB Buka Beasiswa untuk 30 SiswaIDN Times/Istimewa

Program ini dirancang secara khusus selama enam bulan (bootcamp) di SBM ITB dan enam bulan magang di Perusahaan. Program ini juga akan dilanjutkan dengan pengembangan karir sehingga akan berdampak jangka panjang untuk peserta.

TACO sebagai perusahaan swasta besar nasional yang bergerak di industri bahan bangunan dan home improvement telah berkomitmen untuk berpartisipasi dalam program ini.

Menurut Irwan Dewanto selaku HR Vice President di TACO, rogram ini merupakan perwujudan dari visi perusahaan untuk menjadi saluran berkah bagi para pemangku kepentingan.

Selain itu kami juga terlibat didalam proses proses pembelajaran, tidak hanya membantu didalam mendesain kurikulum, bahkan peserta akan mengikuti pemagangan selama enam bulan di TACO.

"Tentunya proses ini ini akan membantu meningkatkan kualitas calon pegawai, karena lulusan dari program ini nantinya akan mengikuti kesempatan seleksi untuk menjadi karyawan di perusahaan kami," ungkap Irwan.

2. Bekerja sama dengan startup pendidikan

Peringati Kemerdekaan RI, SBM ITB Buka Beasiswa untuk 30 SiswaIlustrasi kampus (Pexels.com/Kampus Production)

Pakar keuangan dan manajemen pendidikan tinggi dari SBM ITB Yunieta A. Nainggolan mengatakan, program ini akan dilengkapi dengan pembelajaran daring berkualitas dunia lainnya yang akan bekerjasama dengan Thunderbird School of Global Management yang memiliki program 100 million learners. Pembelajaran daring bisa mengembangkan keterampilan kerja yang didukung perusahaan rintisan teknolodi pendidikan besar nasional

"SBM ITB sedang mengembangkan kurikulum pembelajaran non-gelar yang mendorong peserta memiliki kemampuan fondasi untuk siap bekerja, memiliki kemampuan memimpin, berkomunikasi, berpikir logis dan memecahkan masalah," kata dia.

3. Ini persyaratan yang harus dilengkapi calon penerima beasiswa

Peringati Kemerdekaan RI, SBM ITB Buka Beasiswa untuk 30 SiswaKampus SBM ITB Bandung. IDN Times/Istimewa

Kriteria untuk bisa masuk ke program ini adalah

1. Lulusan SMA/SMK/MA/sederajat (tahun kelulusan 2020 – 2023);

2. Memiliki semangat belajar, bertumbuh dan berkembang;

3. Berkomitmen untuk fokus mengikuti seluruh rangkaian program belajar selama 1 tahun .

Calon peserta juga harus mengunduh data yang perlu dilengkapi:

1. Riwayat Hidup;

2. Essay Motivasi;

3. Dokumen lainnya seperti Ijazah SMK & SKHUN (legalisir), Copy KTP, Copy Kartu keluarga, Surat Domisili dari Kelurahan Setempat, Surat Pernyataan Komitmen Program dari Peserta dan Orang Tua; dan Surat Rekomendasi dari Sekolah.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui link bit.ly/MiniSBM2023.

 

Baca Juga: 45 Jurnalis Dapat Beasiswa S2 dari BRI Fellowship Journalism 2023

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya