Pemkot Bandung Minta Mal Siapkan Tempat Vaksinasi untuk Pengunjung

Jangan sampai pembukaan mal jadi klaster virus corona

Bandung, IDN Times - Kota Bandung menjadi salah satu kota di Indonesia yang diberikan izin operasional mal di tengah penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4. Meski demikian sejumlah syarat harus diterapkan termasuk pengunjung harus sudah mendapatkan vaksin COVID-19.

Terkait pembukaan mal ini, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana memastikan Pemkot Bandung akan membuat skema kegiatan di mal-mal Kota Bandung. Salah satunya, meminta pengelola mal untuk menyediakan ruang khusus untuk vaksinasi di lokasi (vaksinasi on the spot).

"Makanya selain pedagangnya sudah divaksin pembelinya juga pengunjungan harus sudah divaksin," kata Yana di Kota Bandung, Selasa (10/8/2021).

1. Alokasi vaksin sudah dimintakan ke dinas kesehatan

Pemkot Bandung Minta Mal Siapkan Tempat Vaksinasi untuk PengunjungTenaga kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 Moderna untuk disuntikkan ke penerima vaksin. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Yana pun telah meminta dinas perdagangan dan perindustrian agar setiap mal menyediikan ruangan tersebut. Ini penting sehingga ketika ada pengunjung yang belum divaksin bisa mendapatkannya.

Dia juga sudah berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk mengalokasikan vaksin untuk kegiatan vaksinasi di mal-mal.

"Saya juga udah minta vaksinnya ke ibu Kadis Provinsi karenakan pengunjung mall kan belum tentu warga kota bandung jadi butuh vaksinnya dari provinsi dan insyaallah tadi Bu kadis siap suport vaksinnya," ungkapnya.

2. Pembukaan mal bisa menghidupkan kembali perekonomian Bandung

Pemkot Bandung Minta Mal Siapkan Tempat Vaksinasi untuk PengunjungIlustrasi Mal di Jakarta (IDN Times/Besse Fadhilah)

Yana berharap selain mengakselarasi pertumbuhan ekonomi, kegiatan di mall-mall kota Bandung juga dapat mengakselarasi kegiatan vaksinasi. Sehingga, pembentukan kekebalan kelompok (herd immunity) semakin cepat tercipta di Kota Bandung.

"Mudah-mudahan ini bisa membantu mempercepat vaksinasi, tapi tadi meskipun divaksin enggak langsung jadi superman, ini ikhtiar kita menyasar supaya percepatan vaksinasi lebih cepat dan kita jadi punya data juga ya," harapnya.

Yana menambahkan, pihaknya akan secepatnya menggelar uji coba kegiatan dan vaksinasi on the spot di sejumlah mall Kota Bandung.

"Kita simulasi dulu, makanya tadi saya minta Bu kadis kira-kira mall mana yang siap tadi si gambarannya yang ramai pengunjung itu kan kurang lebih trans, PVJ, paskal 23," tandasnya.

3. Belum tentu semua mal di Bandung dibuka serentak

Pemkot Bandung Minta Mal Siapkan Tempat Vaksinasi untuk Pengunjunginstagram.com/daisyhm123

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemkot Bandung Elly Wasliah mengatakan, bakal berkoordinasi terlebih dahulu dengan Sekda Bandung, Ema Sumarna. Namun, Disdagin Bandung bakal menyiapkan dua atau tiga mal untuk diuji coba menyediakan posko layanan vaksinasi COVID-19 untuk pengunjung.

Usulan itu untuk memberikan layanan kepada masyarakat yang akan berkunjung ke mal dan belum divaksin. Selain itu, posko vaksinasi di mal ini juga bisa membantu percepatan vaksinasi di Kota Bandung demi mempercepat terbentuknya herd immunity.

"Nanti kami akan menyiapkan beberapa mal dua atau tiga mal untuk pengunjung, vaksin itu kan sudah harga mati ya harus wajib ya, kita akan bekerja sama untuk menyediakan pos khusus di tiga mal untuk pengunjung yang belum divaksin, nanti akan divaksin di tempat," kata Elly.

Dia menambahkan, vaksinasi di mal tak akan ditujukan bagi warga Kota Bandung saja. Dia belum merinci mal yang akan diuji coba dan jenis vaksin yang akan disuntikkan ke para pengunjung mal.

"Mungkin dua atau tiga mal lah dulu, kalau di kota kan semua mal ada 23 di kota Bandung ya, nah kalau saya mungkin uji coba paling banyak tiga mal dan paling sedikit dua mal," ucap dia.

Baca Juga: 23 Mal Bandung Siap Terapkan Aturan Syarat Vaksin untuk Pengunjung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya