Milangkala Soekarno, GIM Pamerkan Barang Peninggalan Bung Karno

Diskusi monumen Bung Karno pun dilakukan Pemprov Jabar

Bandung, IDN Times - 6 Juni menjadi salah satu hari bersejarah bagi masyarakat Indonesia. Pada tanggal ini di tahun 1901 merupakan hari kelahiran Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Dalam rangka memperingati hari lahir Presiden Republik Indonesia (RI) pertama, yaitu Ir. Sukarno, Gedung Indonesia Menggugat, di Kota Bandung, menggelar kegiatan dengan tema Bulan Bung Karno. Sejumlah foto Bung Karno dan barang peninggalannya dipamerkan di gedung tersebut.

Juru Pelihara Gedung Indonesia Menggugat, Dede Ahmad mengatakan, hari lahir Bung Karno jatuh pada 6 Juni 1901. Sebagai gedung yang menjadi salah satu tempat perjuangan kemerdekaan Indonesia, maka Gedung Indonesia Menggugat memperingati hari lahir Bung Karno untuk mengenang jasa-jasanya.

"Tujuannya karena Bung Karno adalah sebagai pahlawan dan seorang proklamator, jadi kita mengenalkan beliau lewat kegiatan bulan Bung Karno dan mengenang jasa-jasa beliau. Digelar di sini (Gedung Indonesia Menggugat) karena sebagai salah satu tempat perjuangan Bung Karno," kata Ahmad di Gedung Indonesia Menggugat, Selasa (6/6/2023).

1. Soekarno adalah sosok yang inspiratif bagi anak muda

Milangkala Soekarno, GIM Pamerkan Barang Peninggalan Bung KarnoIDN Times/Debbie Sutrisno

Sekilas tentang Gedung Indonesia Menggugat, tempat ini merupakan Landraad atau Pengadilan Pemerintahan Kolonial Belanda. Pada tahun 1930, sejumlah pahlawan seperti Sukarno, Maskoen, Gatot Mangkoepraja, Soepriadinata, Sastromolejono, dan Sartono diadili di Landraad.

Pada saat menjalani sidang, Sukarno memberontak dan menciptakan teks pembelaan dengan judul Indonesia Menggugat yang menggegerkan pemerintahan Belanda. Kemudian, Sukarno juga dikurung di Penjara Banceuy dan kemudian dipindahkan ke Lapas Sukamiskin Bandung.

"Sukarno merupakan tokoh hebat penuh inspirasi dan bisa dicontoh buat kalangan anak muda. Contohnya adalah perjuangan dan kegigihannya untuk memerjuangkan kemerdekaan Indonesia," ucap Ahmad.

2. Ada 122 foto Soekarno bakal dipajang di GIM

Milangkala Soekarno, GIM Pamerkan Barang Peninggalan Bung KarnoIDN Times/Debbie Sutrisno

Dalam kegiatan Bulan Bung Karno, kata Ahmad, Gedung Indonesia Menggugat memamerkan sebanyak 122 foto, buku tentang perjuangan Sukarno sebanyak 122, dan sejumlah barang peninggalan Sukarno. Angka 122 merupakan usia Bung Karno sejak lahir hingga saat ini.

"Angka 122 itu umur Bung Karno. Jadi foto dan bukunya kita pamerkan sebanyak 122. Selain buku dan foto, ada juga palu Partai Nasional Indonesia (PNI), wadah rokok kesukaan Bung Karno, dan bendera Merah Putih," kata dia.

Menurut Ahmad, bendera Merah Putih yang dipamerkan merupakan bendera bangsa Indonesia pertama yang dikibarkan di Kota Bandung. Sebab pada tahun 1927 hingga 1930, bendera Merah Putih dilarang dikibarkan di tempat umum oleh Belanda dan hanya dipasang di dalam ruangan saat rapat umum PNI bersama masyarakat kaum Marhaen.

"Kemudian bendera itu mulai berkibar saat tahun 1943 saat masa penjajahan Jepang, tapi itu juga tidak lama karena kemudian dilarang oleh Jepang. Saat Indonesia merdeka, baru bendera Merah Putih itu berkibar lagi," kata dia.

3. Kegiatan ini berlangsung selama Bulan Juni

Milangkala Soekarno, GIM Pamerkan Barang Peninggalan Bung KarnoGedung Indonesia Menggugat (kebudayaan.kemdikbud.go.id/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Ahmad menambahkan, kegiatan tersebut berlangsung sepanjang bulan Juni. Selain pameran, kegiatan itu juga diisi dengan tarian kontemporer, monolog, serta pertunjukan teater.

"Kegiatan ini juga diisi tarian kontemporer selama 6 jam, teater, monolog, dan tarian tradisional. Bulan Bung Karno ini digelar selama bulan Juni ini dan rutin diadakan setiap tahun," kata Ahmad.

Baca Juga: Ganjar Lari Pagi di Bandung, Bakal Napak Tilas Peninggalan Soekarno

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya