Comscore Tracker

Majukan UMKM, Ridwan Kamil Siap Diendorse Produk Lokal Jabar

Yuk buruan daftar lumayan nih iklan gratis

Bandung, IDN Times - Kabar gembira bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ingin mempromosikan produknya di media sosial. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan dirinya siap menjadi model pemasaran produk tersebut.

Hal ini disampaikan Emil dalam acara "Marketeers Festival 2020" melalui videoconference dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (19/9/20). Dia menyebutkan, UMKM bisa meminta endorsement (dukungan) kepadanya.

Syaratnya, Emil bisa turut serta dalam proses mendesain produk sehingga ia bisa menjalin ikatan emosional dengan produk tersebut. Kolaborasi mendesain produk ini pun dipilih berbekal latar belakangnya sebagai arsitek.

Emil menawarkan keahliannya mendesain produk dalam rangka mendukung bangkitnya 37 ribu UMKM Jabar yang terdampak pandemi global COVID-19.

"Saya sedang kurasi produk-produk yang akan saya endorse, yang juga saya desain. Dengan 20 juta follower (di media sosial) saya bisa membantu mempromosikan,” ujar Emil melalui siaran pers.

1. Bisa berkolaborasi asalkan produk UMKM yang di-endorse jadi edisi khusus

Menurutnya, cara seperti ini adalah sistem pemasaran baru. Dengan demikian selain memasarkan, mereka yang mendukung termasuk Emil bisa memberikan sentuhan khusus seperti desain dalam produk tersebut.

"Itu tawaran saya kepada produk-produk UMKM di Jabar, jadi ada edisi Ridwan Kamil untuk sepatu, jaket, desain radio, motor, dan lain-lain. Ini tawaran saya kepada semua yang mau produknya saya endorse, syaratnya kita kolaborasi,” tambahnya.

Bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang berminat mendapat dukungan desain dari Kang Emil, Anda bisa menghubungi Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jabar di Kota Bandung untuk selanjutnya akan dikurasi dan dipilih.

“Mungkin tidak bisa semua (terpilih), tapi yang beruntung akan mendapatkan promosi dan kolaborasi dari saya,” ujarnya.

2. Endorsement ini diutamakan untuk UMKM Jabar

Majukan UMKM, Ridwan Kamil Siap Diendorse Produk Lokal JabarSebanyak 12 UMKM mitra binaan Pertamina di Wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) bakal berpartisipasi di ajang pameran virtual expo terbesar khusus UKM di Indonesia, SMEXPO 2020, yang digelar 9-11 September 2020. (IDN Times/Istimewa)

Mantan Wali Kota Bandung ini menyebutkan, dalam dukungan ini dia bisa memberikannya kepada UMKM baik di Jabar maupun luar Jabar. Namun, Emil bakal memprioritaskan bagi UMKM yang berada di bawah naungannya.

"Sekarang sudah mulai, tapi supaya terorganisasi bisa kontak ke Dinas KUK (Jabar),” katanya.

3. Bantuan dana untuk menggeliatkan UMKM pun sudah disiapkan

Majukan UMKM, Ridwan Kamil Siap Diendorse Produk Lokal JabarIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Di sisi lain, Emil juga menjelaskan bahwa untuk membangkitkan ekonomi di masa pandemi, pelaku UMKM khususnya di Jabar bisa memanfaatkan beberapa hal, contohnya bantuan akses modal di bank bjb.

"Pemerintah pusat pun telah menyimpan dana Rp2 triliun di bank BJB untuk membantu memulihkan ekonomi di sektor UMKM Jabar," kata dia

Selain itu, UMKM bisa membangkitkan ekonominya dengan dukungan terhadap ekosistem baik dari sisi pemasaran maupun kualitas produk, termasuk dengan meningkatkan kualitas dari segi desain produk.

Baca Juga: Sejumlah Saksi Telah Diperiksa atas Dugaan Korupsi KONI Bandung Barat

Baca Juga: Ridwan Kamil: Angka Kematian Pasien COVID-19 di Priangan Timur Tinggi

4. Markplus pun siap berkolaborasi dengan Pemprov Jabar untuk majukan UMKM

Majukan UMKM, Ridwan Kamil Siap Diendorse Produk Lokal JabarIDN Times/Istimewa

Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya mengaku siap berkolaborasi dengan Jawa Barat terutama untuk memajukan UMKM Indonesia dengan menjadi agregator dan integrator UMKM yang sebelumnya sudah dideklarasikan bersama Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Menurut dia, Indonesia memang sudah harus mempersiapkan untuk 2021 hingga 2030. “Kita harus bisa berpikir jangka panjang karena Indonesia akan bonus demografi pada 2030. Ini harus jadi kesempatan bagus setelah relief, recovery, reform,” ujar Hermawan.

Baca Juga: Kolaborasi Dekranasda Jabar dan JNE Bangkitkan Geliat UMKM di Jabar 

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya