Laswee Creative Space, Tempat Nongkrong Terbaru Anak Muda Bandung

Makin banyak tempat kreatif di Bandung nih!

Bandung, IDN Times - Kota Bandung seakan tak habis menghadirkan tempat nongkrong untuk anak muda penuh kreativitas. Terbaru, Bandung kini miliki Laswee Creative Space yang berada di Jalan Laswi Nomor 1.

Komisaris PT Olah Kelola Ruang, Deddy Wahjudi menuturkan, ruang kreatif memiliki berbagai sudut yang bisa dimanfaatkan untuk berkreasi. Mulai dari tempat ngopi, diskusi, hingga acara di luar ruangan bisa dilakukan di sini.

Laswee Creative Space merupakan aset Pemerintah Provinsi Jawa Barat seluas 2833 meter yang ditransformasi menjadi kawasan kreatif hasil kolaborasi antara Koperasi Bima Sejahtera Sentosa (BSS) dengan PT. Olah Kelola Ruang.

“Laswee Creative Space didesain untuk menjadi area lebur-ide berbagai komunitas, sekaligus daya tarik baru Kota Bandung,” ujar Deddy Wahjudi, Selasa (23/11/2021).

1. Pelaku usaha kreatif bisa manfaatkan tempat ini

Laswee Creative Space, Tempat Nongkrong Terbaru Anak Muda BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Laswee Creative Space hadir menjadi sebuah tempat yang memberikan fasilitas dalam dan luar ruangan bagi setiap komunitas yang ingin membuat kegiatan secara rutin atau berkala. Saat ini, Laswee tengah dijadikan sebagai main venue dari Bandung Design Biennale 2021 (BDB 2021), mulai tanggal 5 hingga 27 November 2021. Event 2 tahunan komunitas desain di kota Bandung ini adalah agenda utama label Bandung sebagai Kota Desain dalam jejaring Kota Kreatif UNESCO.

“Selain memiliki lokasi yang strategis, Laswee berbekal fasilitas pendukung yang dapat menampung sampai dengan 300 pengunjung dalam setiap event-nya,” tutur Deddy.

Laswee juga menyediakan pilihan retail space yang dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan para tenant. Ruang tersebut dapat difungsikan sebagai toko, display, area kuliner, kedai kopi, studio, kantor, atau kebutuhan lain sesuai tematik.

2. Optimalkan aset pemerintah daerah

Laswee Creative Space, Tempat Nongkrong Terbaru Anak Muda BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Komisaris PT Olah Kelola Ruang Dina Dellyana mengatakan, hadirnya Laswee Creative Space tergerak dari visi Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani pada 2020 yang berharap aset atau barang milik negara (BMN) dioptimalisasi dalam rangka memberikan manfaat lebih bagi masyarakat.

“Laswee Creative Space merupakan salah satu contoh dari optimalisasi aset yang digaungkan Menteri Keuangan dan Pemprov Jabar untuk menghidupkan aset, khususnya di Bandung,” ujar Dina yang juga direktur The Greater Hub SBM ITB itu.

3. Aspek sejarah aset tetap dihidupkan

Laswee Creative Space, Tempat Nongkrong Terbaru Anak Muda BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Direktur Utama PT Olah Kelola Ruang, Dipayana Hilman menuturkan, pembangunan Laswee dengan semangat optimalisasi atau revitalisasi tidak melupakan aspek sejarah dan pemberdayaan masyarakat, dengan menyertakan semua pemangku kebijakan dalam industri kreatif di Jawa Barat.

“Kami tentu tidak melupakan sejarah dengan melestarikan keberadaan gedung aset pemerintah provinsi, sambil memaksimalkan perkantoran pemerintahan yang lebih kompak, warung nasi dan fasilitas fotokopi yang sudah ada sebelumnya,” ujarnya.

Peresmian Laswee Creative Space juga dibarengi acara Talkshow sebagai salah satu agenda utamanya. Laswee Talk 23.11.21 : “Optimalisasi Aset Negara & Komunitas Kreatif,”

Baca Juga: Nongkrong di Bandung, Jangan Lupa Kunjungi 5 Creative Space Ini 

Baca Juga: Pasar Kreatif Bandung Raup Omset Hingga Rp4,2 Milliar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya