Comscore Tracker

Kopi Puntang dari Jabar Sabet Juara Indonesia Cupping Kontes 2019

Masih banyak jenis kopi dari Jabar yang wajib kalian coba

Bandung, IDN Times - Kopi Puntang kategori Arabika natural yang berasal dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dinobatkan sebagai juara 1 dalam kejuaraan tingkat nasional ‘Indonesia Cupping Contest XI 2019’. Kopi Puntang berhasil mengalahkan pesaingnya yang juga digadang-gadang akan juara yaitu kopi Kerinci Jambi, kopi Gayo Aceh, kopi Mandailing, dan kopi Kintamani.

Cupping kontes yang diselenggarakan pekan kemarin Kamis (17/10) sampai Sabtu (19/10) dengan diikuti 572 peserta se-Indonesia. Dari hasil penilaian juri, Kopi Puntang kategori arabica natural mendapatkan skor 90,75 yang dinobatkan oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI).

Kopi Puntang kategori arabika natural dinyatakan unggul dalam tingkat keasaman (acidity), kekentalan (body), aroma (fragrent), tingkat kemanisan (sweetnes), rasa (flavor), bersih (clean) dan after taste. Citarasa ini hasil penjurian oleh profesional dari Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, India, Thailand, Vietnam. Untuk juri dari Indonesia yaitu Direktur Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslit Koka), Kementerian Perdagangan dan praktisi bisnis kopi.

1. Proses pemilihan biji kopi hingga pengolahan dilakukan sedetail mungkin

Kopi Puntang dari Jabar Sabet Juara Indonesia Cupping Kontes 2019IDN Times/Oetoro Aji

Pemilik Kopi Puntang Irwan S Komaludin menjelaskan, persaingan kejuaraan ini diikuti dengan persiapan satu tahun mulai dari perlakuan terhadap pohon kopi, pemilihan biji chery, pencucian, penjemuran, hingga penyortiran biji yang seragam.

“Itu semua dilakukan dengan cermat, misalnya waktu pemilihan biji itu kita selektif untuk mendapatkan buah chery dengan warna merah sempurna seragam. Bahkan di tahap washing pun harus pakai air langsung dari mata air agar rasa tidak terkontaminasi,” ujar Irwan Senin (21/10).

Sementara pada saat penilaian kopi, Irwan membuat lima gelas kopi tubruk menjadi satu paket contoh yang langsung diuji oleh juri dari dalam dan luar negeri.

2. Akan tingkatkan kualitas produk

Kopi Puntang dari Jabar Sabet Juara Indonesia Cupping Kontes 2019unsplash.com/Dklaffke

Menurut Irwan, saat ini kopi puntang yang menjadi perhatian pemerintah daerah untuk dijadikan produk unggulan. Untuk itu pihaknya akan terus meningkatkan kualitas dari kopi puntang.

“Sebetulnya, bisa dibilang Puntang itu ada sentimen negatif bahwa kemarin itu kebetulan aja karena kopi puntang milik pengusaha lain pernah menang di Amerika. Banyak persepsi seperti itu, jadi ke depannya harus lebih di depan untuk berinisiatif memajukan produk daerah,” katanya,” tambahnya.

Kopi Puntang jenis Arabica Natural ini dikembangkan sejak 2015 dengan pengolahan terintegrasi mulai dari petani, penyortiran biji kopi, roasting dan packing. Pengembangan brand lokal kopi puntang yang tengah dijalankan saat ini yaitu Puntang Coffee, Diman Coffee,, Kopi Ori, dan Mako Coffeeshop.

3. Jawa Barat primadona dalam urusan kopi

Kopi Puntang dari Jabar Sabet Juara Indonesia Cupping Kontes 2019IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Kondisi geografis Jawa Barat yang dipenuhi dengan pegunungan dan perbukitan membuat tanaman kopi bisa lebih mudah ditanam. Di sisi lain, kopi yang dihasilkan pun memiliki kualitas rasa yang khas dan enak. Berikut beberapa jenis kopi dari Jawa Barat yang bisa kalian coba

1. Kopi Ciwidey

2. Kopi Palasari

3. Kopi Samarang

4. Kopi Gunung Puntang

5. Kopi Cikuray

6. Kopi Gunung Halu

7. Kopi Malabar

8. Kopi Papandayan

Baca Juga: Chiki Fawzi dan Tren Hijab yang Dipengaruhi Industri Kedai Kopi

Baca Juga: Cuma Modal Rp10 Ribu, Ini Resep Bikin Es Kopi Susu Kekinian

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You