Comscore Tracker

Kawasan Industri Purwakarta akan Tampung Ratusan Pabrik Baru

Investasi mereka penting untuk meningkatkan perekonomian

Purwakarta, IDN Times - Kabupaten Purwakarta saat ini menjadi salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang perkembangannya tergolong cepat. Selain aksesnya yang mudah karena dekat dengan Ibu Kota Provinsi, Purwakarta pun menjadi salah satu pilihan masyarakat di Jabar untuk bekerja hingga berwisata.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) di Purwakarta saat ini tergolong kecil hanya Rp 2,3 triliun. Dana ini sangat jauh dari ekspektasi pemerintah daerah (pemda) karena kebutuhan berbagai fasilitas oleh masyarakat terus bertambah seiring semakin banyak orang yang berada di kabupaten ini.

Pendapatan dari berbagai akses pun dianggap belum bisa memenuhi ekspektasi dana yang masuk ke Pemda. Untuk mendongkrak pendapatan daerah, Pemda Kabupatan Purwakarta pun siap memperluas kawasan industri dan menambah sejumlah zona baru untuk perkembangan investasi baik dari perusahaan dalam negeri maupun luar negeri.

"Kita memang sedang mendorong investasi di industri. Rencananya akan ada dua zona baru dan satu kawasan. Semuanya bisa menampung sampai 200 perusahaan," ujar Anne ketika berbincang dengan IDN Times di kantornya, Senin (24/2).

1. Penyerapan tenaga kerja jelas akan ikut naik

Kawasan Industri Purwakarta akan Tampung Ratusan Pabrik BaruIDN Times/Galih Persiana

Anne menuturkan, satu kawasan industri yang akan dikembangkan terletak di Kecamatan Babakancikao. Di daerah ini masih ada lahan yang bisa digunakan untuk pelaku industri mencapai 1.200 hektare (ha) atau bisa dimanfaatkan oleh sekitar 150 perusahaan.

Kemudian satu zona yang sedang dipersiapkan lainnya ada di daerah Sukatani. Di daerah ini Anne menilai bisa menampung hingga puluhan perusahaan besar.

"Adanya kawasan dan zona ini maka penyerapan tenaga kerja bisa bertambah. Perekonomian juga kan nantinya otomatis naik," kata dia.

2. Upayakan memaksimalkan tenaga kerja lokal

Kawasan Industri Purwakarta akan Tampung Ratusan Pabrik BaruIDN Times/Galih Persiana

Di sisi lain, Anne saat ini tengah memantau aturan mengenai pekerja yang masuk dalam rancangan undang undang (RUU) Omnibus Law. Salah satu upaya yang ingin dilakukan Pemda Kabupaten Purwakarta adalah membuat aturan di mana jumlah pekerja dalam satu perusahaan harus dominan mempekerjakan warga Purwarkarta.

"Ya misal 70 persen pekerja dari sini (Purwakarta). Baru 30 persennya dari luar," ujar Anne.

Cara ini diharapkan bisa membuat perekonomian warga lokal bisa lebih baik. Mereka pun nantinya tak takut ketika ingin bekerja dan bersaing dengan warga dari daerah lain karena aturan ini bisa membuat warga Purwakarta diprioritaskan.

3. Anggaran akan difokuskan untuk sektor kesehatan dan infrastruktur

Kawasan Industri Purwakarta akan Tampung Ratusan Pabrik BaruIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Dua hal yang saat ini difokuskan pemda Purwakarta adalah memperbaiki akses kesehatan dan infrastruktur. Investasi yang masuk ke Purwakarta pun diharapkan bisa membantu pendanaan sektor ini karena memang anggarannya terbatas.

Anne mengatakan, masyarakat Purwarkarta saat ini semakin peduli akan kesehatan mereka. Sayangnya, permintaan atas akses kesehatan yang tinggi, tidak dibarengi dengan anggaran yang cukup. Maka, di tengah minimnya anggaran, Pemda berupaya lebih fokus pada pencegahan yang bisa berdampak pada penurunan angka masyarakat sakit.

"Preventif jadinya. Karena kan kita tidak mungkin bilang kalau Pemda tidak ada uang. Makanya lebih bagus pada pencegahan sehingga jumlah yang sakit bisa ditekan," katanya.

Di samping itu, akses infrastruktur juga terus digenjot khususnya yang mengarah pada kawasan wisata. Saat ini terdapat sekitar 42 titik yang jadi wisata paling digrandrungi di Purwakarta dan semuanya ada di pedesaan. Satu hal yang dikeluhkan pengelola wisata selama ini adalah akses jalan bagi wisatawan.

"Makanya kita harus kerja juga untuk (perbaikan dan pembangunan) jalan," ujar Anne.

4. Lebih merasionalkan kenaikan APBD tiap tahunnya

Kawasan Industri Purwakarta akan Tampung Ratusan Pabrik BaruIDN Times / Auriga Agustina

Meski banyak wisatawan dan investor yang tertarik dengan Purwakarta dalam kurun beberapa tahun ke belakang, Anne belum mau menargetkan kenaikan APBD. Sulitnya memaksimalkan pendapatan membuat kenaikan APBD Purwakarta tiap tahunnya hanya berkisar 10-15 persen.

Kenaikan anggaran ini kemudian dipaparkan kepada seluruh OPD agar mampu memaksimalkan dana yang ada untuk memaksimalkan setiap program kerja. Harapannya, kebutuhan warga dari semua aspek tetap terpenuhi dan warga semakin nyaman ketikan tinggal di Purwakarta.

Baca Juga: Sering To The Point, Bupati Purwakarta Anne Sempat Disebut Membosankan

Baca Juga: Kembangkan Wisata, Purwakarta Jadikan Taman Maya Datar Lebih Menarik 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya